21. GA MEMPAN!

75 7 0
                                    

Setelah lima belas hari mertua stay di rumah buat bantu ngurus Rhean, mereka pun pulang. Kana udah mulai luwes, gue masih was-was. Jujur gue pengen nya mertua masih stay di sini, tapi sisi lain ga mau repotin mereka kelamaan. Bukannya gue ga percaya ke Kana, tapi gue ga percaya ke diri sendiri. Beberapa kali Kana nitipin Rhean cuma buat ke toilet, Rhean yang tadinya lagi anteng tidur suka tiba-tiba kebangun, terus nangis. Gue ga bisa nenangin nya, dan disitulah mertua turun tangan. Gendong Rhean, di timang timang sambil ngajak ngobrol dan sekejap tuh anak bayi berhenti nangis.

"Dallen sini." Mamer manggil suruh gue deketin beliau yang lagi gendong Rhean sebelum pulang.
"Coba gendong." Lanjut mamer bikin gue degdegan.

"Takut mah hehe. Tulang Rhean masih lunak lunaknya, nanti kalau udah pada keras, Dallen berani gendong."

"Tapi ga selunak itu, Len. Ayo kamu harus coba. Singkirin rasa takut kamu."

Dengan luwes nya mamer gendong Rhean pake tangan satu, satu tangannya lagi ngasih tau dan ngatur tangan gue mesti gimana. Setelah tangan gue berada di posisi siap (menurut mamer, gue belum yakin) mamer langsung nyerahin Rhean ke tangan gue.

"Jangan di lepas ya mah." Gue minta sangat ke mertua.

"Rileks, Len. Nah.."

Rean gue gendong!

Bentar...

Ko..

"Ko ringan?"

"Iyalah Rean masih seminggu lebih juga, beratnya baru 3.5 kg!" Sewot Kana.

Ya maaf. Sering angkat beban hidup lebih dari 3,5kg jadi 3,5kg berat Rhean ga ada apa-apanya.

Tapi gue seneng banget woy! Udah bisa gendong Rhean. Meski gue ragu ini udah bisa dikategorikan bisa atau belum karna masih dibantu sama mertua, yang penting gue udah  ngerasain gendong bayi pertama kalinya, dan itu anak gue sendiri.

Sepulang mertua, sekarang tinggal kita bertiga. Adanya Rhean kerasa banget ada warna baru di rumah ini. Bikin beda. Gue jadi mikir kalau ada Gandara lainnya di rumah ini, kayanya bakal lebih seru dan makin bewarna lagi.

Tunggu..

Ini gue kejauhan ga ya mikir ada Gandara lainnya. Gue masih ga punya gambaran buat kedepannya.

"Dallen."

"Hm?"

"Aku sakit perut. Titip ya, jangan di unyel unyel!"

"Iya."

Sekarang gue udah percaya diri dititipin Rhean karena udah bisa gendong. Kana langsung ngacir ke kamar mandi.
Gue ikut rebahin diri di samping Rhean yang lagi tidur. Ini anak persis Darrel dah, suka tidur.

Sekarang gue ngerti kenapa orang-orang pada anteng liatin bayi. Ternyata ngerasa sedamai itu liatin wajah bayi. Belum lagi suka tiba-tiba senyum sambil tidur. Rhean suka banget gitu, ntah ini anak mimpiin apa.
Nah kan bener baru di omongin, Rhean senyum sambil merem.

Bentar..

Lah..

Weh...

Kenapa dari senyum tiba-tiba nangis!

Rhean bangun, terus nangis. Dengan penuh doa, gue coba gendong Rhean.. dan ternyata bisa! Semudah itu.
Gue gendong, ikutin gerakan badan Kana atau mertua tiap gendong Rhean yang gerakin badannya ke kiri kanan gitu. Tapi gue ga ngerti ini anak masih aja nangis. Gue pikir gerakan gue kekecengan, akhirnya gue coba pelanin dan masih tetep aja nangis.
Karna ini bayi nangisnya malah makin kenceng bikin gue panik, ga ada cara lain selain nyuruh Kana buat ngelarin semedi nya.

"DUHH BENTAR, DALLEN! COBA DI PUK PUK!"

"PUK PUK APAAN?"

"ITU LOH SAYANG, DI TEPUK TEPUK PANTAT NYA!

"JANGAN MANGGIL MANGGIL SAYANG! MENDING KAMU CEPET CEPET!"

"ISHHH IYA SABAR KALAU UDAH BERES JUGA NGAPAIN DILAMA-LAMA!"

Rhean masih terus nangis. Di puk puk pantatnya ga mempan juga.

"KANARA, CEPET!"

"IYA AH BAWEL INI UDAH BENTAR LAGI!"

KLEK

Akhirnya doi keluar. Gue langsung serah terima sama Kana. Ternyata gue salah. Dikira udah bisa gendong Rhean semua aman. Gue bisa ngadepin Rhean nangis, ternyata gendong bukan jalan keluarnya. Bahkan puk puk pantat nya pun ga mempan!

Rhean langsung berhenti nangis begitu udah di tangan Kana. Kalimat yang keluar dari mulut Kana seakan jadi mantra. Tuh bayi bener bener langsung diem seketika.

"Kamu pasti cuma sekedar gendong." Komen Kana.

"Sambil di puk puk."

"Ga diajak ngobrol?"

"Ngobrol? Gimana?"

"Ya ajak ngobrol. Harus bawel! Jangan kaku biar anaknya juga ngerasa nyaman."

"Iya deh lain kali aku ajak ngobrol."

Sebenernya gue ga kebayang ngajak bayi ngobrol gimana. Tapi emang gue sering liat Kana sama mertua mereka pada sering ngajak ngomong Rhean, terus kalau ada pertanyaan mereka jawab sendiri juga pake suara ala ala anak kecil. Gue ga yakin, gue bisa.

Ini baru beberapa jam ditinggal mertua tapi gue udah merasa kewalahan. Liat Rhean yang ga berhenti nangis malah bikin gue panik. Berharap, tiap nanti Kana titipin, Rhean selalu diberi ketenangan dan keantengan. Jangan dikasih nangis.

Rhean udah tenang, seperti biasa ini anak merem lagi. Kana langsung tidurin Rhean di kasur. Gue ikut ngintilin mereka buat naik ke atas kasur juga. Ngedadak gue salting gara gara ngerasa diperhatiin Kana. Coba fokus liatin Rhean tidur, tapi tetep aja mata gue nangkep sosok Kana yang emang bener lagi liatin gue.

"Kana, jangan kaya gitu. Aku jadi ga bebas."

"Emang aku ngapain?"

"Liatin aku?"

"Ohh keliatan ternyata."

"Ya iya lah. Orang kamu ada di depan aku. Mata aku emang fokus ke Rhean tapi ekor mata aku tetep bisa liat kamu."

"Sstt jangan kenceng kenceng. Nanti bangun, terus nangis! Bisa bikin diemnya?"

Ya ga bisalah. Tapi gue milih diem ga respon pertanyaan Kana. Nanti bener lagi, Rhean kebangun terus nangis.

"Dallen, makasih." Kata Kana dengan volume suara yang kecil udah kaya ngebisikin sesuatu.

Mau ga mau gue respon pake suara kecil juga, "iya, sama-sama."

"Kamu ga nanya buat apa?"

"Udah mau gendong Rhean?"

"Bukannnn."

"Terus apa?"

"Aku terharu liat tatapan kamu ke Rhean. Aku sampe bisa ngerasain sayangnya kamu ke Rhean."

"Ga ada orang tua yang ga sayang sama anaknya, Kana."

"Tapi kan.."

"Sstt udah aku ga mau Rhean bangun terus nangis. Nanti aku lagi yang harus diemin. Aku mau motong buah, mau ga?"

Gue akhiri sesi ngobrol bisik bisiknya. Udah ketebak ujung obrolan ini kemana. Lagi posisi nyaman gini, gue ga mau mikirin hal hal sedih.
Langsung aja gue bangun, pergi ke dapur buat motong buah naga kesukaan Kana.

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang