Setelah kantor pindah, gue sama Kana renovasi rumah. Bukan renovasi yang gede gedean sih, cuma nyusun tata letak, sama cat ulang tembok luar, yang kata Kana vibes nya kantor banget. Tapi bareng Kana itu ga akan pernah bisa langsung mutusin. Buat nentuin cat aja kita kudu debat dulu, sampe akhirnya setelah kesepakatan yang alot kita setuju buat cat ulang tembok luar sama abu. Abu lebih muda dibanding sebelumnya. Belum lagi nentuin letak sofa, lampu, asbak, dan interior lainnya yang sama alot.
Berhubung lagi ga sibuk sibuk amat, gue mutusin buat ngecat sendiri. Kan lumayan kalau ambil tukang, duitnya bisa gue beliin ke hal lain. Lagi anteng ngecat, dateng tuh mobil nyokap sama bokap. Kana langsung keluar juga dari rumah, doi udah hapal suara mobil bokap. Sebentar gue tinggalin kerjaan buat nyamperin mereka, sambil bantuin bawa masuk barang yang dibawa. Nyokap selalu aja bawa banyak makanan kalau mampir.
Setelah nyimpen barang sama ngobrol bentaran, gue lanjut ngecat. Tiba-tiba bokap nyamperin gue.
"Dua lapis Len?"
"Iya pah. "
"Nanti kalau udah beres, papa pengen ngobrol."
"Disambil aja pah."
"Ah nanti aja. Udah beresin dulu. Papah masuk ya."
Gue gatau apa yang mau diobrolin bokap, keliatannya sih serius. Bokap tuh susah buat di tebak, dan itu nurun ke bang Darrel sama Dania. Tapi nyokap juga sama sih, kadang gue ga bisa nebak nyokap. Beda sama mereka yang selalu bisa nebak gue.
Ini emang karakter gue yang aga gimana atau faktor lain ya?
Serius gue ga ngerti! Gue lagi sedih, seneng, atau kasmaran mereka pasti tau. Kadang lagi kondisi serius pun mereka selalu tau apa yang pengen gue sampein.
Baru setengah beres, Kana nyamperin gue terus nyuruh buat makan dulu.
Di meja makan udah banyak makanan aja tuh, udah kaya porsi 8 orang padahal yang makan cuma empat."Banyak banget mah."
"Kalau masaknya bareng papah emang segala dibikin. Ohiya nanti Dania nyusul juga. Sama cowoknya."
Denger omongan nyokap yang bilang Dania mau bawa cowok bikin gue kaget, tiba tiba air jeruk yang tadinya enak berubah jadi perih di tenggorokan.
"Pacarnya mah?"
"Iya Len. Mamah kan bilang cowoknya."
"Ya bisa aja cowoknya itu kan temen."
Gue kaget bukan ga percaya Dania udah punya cowok tapi lebih ngerasa sedikit bersalah karena gue jadi kurang deket sama Dania semenjak nikah. Biasanya Dania kalau lagi deket sama cowok, pasti cerita dulu. Kadang gue ngasih perspektif tentang potensi atau tidaknya cowok itu buat Dania pacarin, meski semuanya gue balikin lagi ke Dania.
Sekarang, tiba-tiba denger Dania udah taken aja tanpa gue tau siapa, kaya gimana orangnya, sifat, wujud, atau hal lainnya.Bener aja, ga lama Dania dateng sama cowoknya. Dateng dateng masang wajah sumringah segala. Keliatannya juga doi nya Dania udah deket sama nyokap bokap. Interaksi mereka udah ga canggung. Gue simpulin, Dania udah sering bawa cowoknya ke rumah.
Fadzli namanya. Kesan pertama gue liat doi Dania sih kayanya tipe cowok cowok friendly. Kana aja udah langsung akrab.
Saat ini juga gue ngerasa kaya lagi di alam lain, mereka asik ngobrol sama bercanda tapi gue ga bisa masuk ke alam mereka. Ditambah, yang mereka omongin tentang gue. Bahas masa kecil gue sama Dania, tapi yang jadi sorotan bahan ketawa tetep gue. Mulai dari masuk got ambil mainan Dania yang nyemplung terus ga bisa naik lagi, di jewer kakek kakek gara gara Dania nendang bola ke rumahnya jadi gue yang kena, sampe kejadian pas kita udah gede waktu gue di tampar di mall sama cewek yang lagi di pdkt-in karena dikira Dania cewek gue.Beres makan siang, Dania sama cowoknya pamit. Katanya mereka udah ada janji sama temen lainnya. Dasar anak muda.
Gue mutusin buat nyamperin papa dulu sebelum lanjut nge cat. Papa lagi duduk sendiri di halaman belakang, ngedadak jantung gue degdegan udah kaya mau presentasi depan kelas, tapi gue juga penasaran sama apa yang pengen papa obrolin mau ga mau tetep kudu maju.
"Pah."
"Beres?"
"Belum pah. Lanjut nanti aja, tinggal dikit lagi."
Papah nyuruh gue duduk dulu. Lagi lagi gue ga bisa nebak atau baca situasi. Tapi gue rasa hal yang pengen papah obrolin serius. Sangat serius.
Akhirnya gue nanya lagi karna papa malah diem aja semenjak gue duduk.
Perasaan tiba-tiba ga enak waktu liat mata papah yang liatin mata gue."Ini masalah usaha catering Ael." Ucap papa bikin perasaan gue makin ga enak. Gue ga jawab apa-apa, cuma nunggu papa lanjutin lagi ucapannya.
Selanjutnya papa ceritain kondisi usaha catering bang Darrel yang semenjak kepergian bang Darrel, papa yang ambil alih. Usaha catering nya emang lagi rame, lagi banyak di minati, bahkan dalam sehari bisa ada di beberapa wedding dan itu yang jadi masalah buat papa katanya.
Papa bilang dia udah ga sanggup ngurusin catering nya bang Darrel. Papa udah kemakan usia, gampang cape. Malah alasan papa sekarang lebih fokus jadi konsultan kafe atau resto itu biar dia banyak waktu di rumah, nikmati masa tua katanya.
Padahal belum tua tua amat.
"Tapi papa ga mungkin tutup usahanya Ael gitu aja yang dia bangun dari nol. Belum lagi ada banyak karyawan yang buat menuhin kebutuhannya itu dari usaha ini."
Hm gue tau nih arahnya kemana.
"Intinya, papa pengen kamu bisa ambil alih usaha ini." Lanjut papa yang bikin gue kaget padahal udah siap-siap buat ga kaget.
"Harus Dallen pah?"
"Siapa lagi? Lagian kalau kamu bisa visioner sama usaha ini, usaha ini bisa kamu turunin nanti buat anaknya bang Ael yang bakal jadi anak kamu juga, Len. Bukan cuma buat kehidupan kamu, Kana, sama calon anak kalian, tapi buat semua orang yang kerja di catering juga. Kamu tega tutup sumber penghasilan mereka?"
"Pah itu terlalu jauh. Dallen ga tau apa-apa tentang bisnis catering."
"Papah ga langsung lepas gitu juga, Len. Kita berproses. Lagian kamu ini udah berkeluarga, usaha ini lebih menjanjikan dibanding usaha jasa kamu. Papa ga pernah masalah waktu kamu masih sendiri mau kamu usaha apapun papah dukung. Tapi sekarang kamu udah berkeluarga, Len. Tanggungan kamu lebih besar. Waktu kamu bukan tentang pencarian lagi, tapi harus udah menciptakan."
"Kalau papa mikirin nasib karyawan bang Ael, kenapa papa ga mikirin juga orang-orang yang kerja bareng Dallen pah. Mereka juga sama. Gimana?"
"Papa nyuruh kamu buat ambil alih, bukan nyuruh tutup usaha kamu. Kamu masih bisa bisnis di bidang itu."
"Dallen ga suka pah bisnis di bidang itu. Dallen takut hancurin bisnisnya pah."
"Dipaksa kehidupan emang ga enak, Len."
Sekarang gue gatau harus ngomong apa lagi. Papah masih terus yakinin gue tapi gue ga sepenuhnya dengerin. Papah emang bener, dipaksa kehidupan itu ga enak, tapi gue selalu bisa milih kan? Apa gue bisa gunain hak itu buat masalah ini?
Buat masalah pernikahan, oke gue turutin pada saat itu, tapi untuk yang satu ini apa bisa gue nolak?
KAMU SEDANG MEMBACA
LIKA LIKU DALLEN
RomanceMenikahi Kanara, nyemplung ke bisnis catering, sampe cinta bertepuk sebelah tangan. Ini tentang Dallen dengan segala yang dia hadapi. Caranya melihat masalah sampai menyelesaikannya. ❗ DISCLAIMER ❗ HANYA CERITA RINGAN, MINIM KONFLIK, DAN TIDAK BAIK...