37. PENASARAN, BUKAN PERASAAN

74 8 5
                                    

Bangun bangun, gue liat Rhean lagi anteng duduk sambil nonton kartun di tv. Gayanya udah kaya anak gede aja serius bener kaya bener bener ngerti, Kalau Kana lagi sibuk meres jeruk.
Liat situasi kaya gini bikin gue senyum senyum sendiri. Jadi mikir kalau punya lima anak terus mereka jejer nonton tv gitu kayanya lucu.

"Pap.. pap.."

Rhean ngebawel sambil nunjuk nunjuk gue, tapi badannya muter buat liat ke arah Kana. Ini anak kaya lagi ngelapor ke Kana.

Kana respon Rhean,
"Iya papa. Baru bangun, belum mandi."

"Uuu.. papap uuu.."

Kana ketawa ngakak karna gue dikatain bau sama Rhean. Ga di mana mana gue selalu jadi orang yang ternistakan padahal gue lagi diem.

Kana nyamperin gue, ngasih segelas air putih.

"Pagi Dallen. Aku udah meresin jeruk. Aku taro di lemari es."

"Makasih."

Cup

Kana cium pipi. Tapi yang respon malah Rhean, itu anak langsung nangis.

"Rhean cemburu kayanya haha."

Gue pake kesempatan ini buat jailin Rhean. Gue peluk tuh Kana, cium cium Kana juga bikin Rhean makin histeris aja.

"Udah Dallen. Kasian Rhean. Kamu mandi sana."

Kana lepasin diri langsung nyamperin Rhean. Gue ga bisa nahan ketawa liat kelakuan Rhean. Ternyata anak sekecil itu aja bisa cemburu mana ke bapaknya sendiri lagi.

****

Beres mandi gue langsung ke dapur. Kana udah siapin sarapan, Rhean udah start duluan. Mulut nya udah belepotan sambil sibuk ngunyah.

"Ponsel kamu, aku chargerin. Terus tadi ada telepon."

"Siapa?"

"Marsha."

"Hm, Kana. Udah ini boleh aku ke luar buat nemuin Marsha? Ada yang harus aku beresin. Aku ga mau nunggu lagi buat selesain masalah."

"Iya, Dallen."

"Kalau udah beres aku pasti kasih tau."

"Yakin bener aku pengen tau."

"Mulut kamu emang ga bilang, tapi hati mungil pasti penasaran, kan?"

"Haha tumben peka."

Gue langsung selesain sarapan, udah itu langsung pergi buat nemuin Marsha.

Gue ga mau hal yang sama terulang lagi gara gara selalu nunggu waktu yang tepat buat nyelesaiin masalah.
Sekarang gue sadar tepat atau ngga nya bukan karna waktu tapi kita sendiri yang punya kendali buat bisa milih antara 'sekarang' atau 'nanti' dua duanya emang ga ada yang salah, tapi pandangan gue sekarang mengenai masalah, mau ga mau harus cepet buat dihadepin dan cari solusinya sebelum makin rumit kaya apa yang udah terjadi antara gue sama Kana.

Marsha udah setuju buat ketemu dan kita sepakat buat ketemu di kafe biasa.
Gue dateng sepuluh menit lebih awal dari jam kita janjian dan di jam sebelas tepat Marsha dateng.

Gue kira Marsha bakal canggung apa gimana, ternyata dia biasa aja dan hal pertama yang dia tanya justru tentang Kana.

"Kana baik baik aja Len?"

"Baik Ca. Kemarin cuma kecapean tapi sekarang udah lebih baik."

"Syukur deh. Terus gimana? Dia masih ga mau lo tau apart nya?"

"Gue udah tau, kemarin dari RS gue anterin dia."

"Ohh, terus Rhean gimana? Makin ganteng deh kayanya, ya kan?"

"Ganteng, udah ga botak. Udah bisa marah juga sama gue."

"Hah, marah?"

"Iya. Dia nangis kalau gue deket deket sama Kana."

"Haha yaampun gemes."

Kayanya udah cukup nih basa basi. Sekarang waktunya gue bahas soal perasaan dia kemarin.

"Marsha."

Marsha cuma ngangkatin alisnya sebagai respon.

"Lo masih pengen tau jawaban gue tentang pertanyaan kemarin.
Tentang, apa gue pernah suka sama lo?"

"Kalau lo ga nyaman, gausah Len. Sorry pasti ganggu banget ya?"

"Ngga Ca. Justru gue minta ketemu pengen nyelesaiin ini. Gue rasa lo ga bisa lupain perasaan lo ke gue karna pertanyaan itu. Siklus penasaran."

"O..kee. jadi?"

"Iya. Gue pernah suka sama lo. Tapi setelah gue sama Kana, gue udah ga pernah mikirin cewek lain selain dia."

"Mulai kapan lo suka sama gue, Len?"

"Di event itu. Pertama kita ketemu sama saling kenal. Ca, gue minta maaf gue pengen bantu lo persis lo yang selalu ada dan bantu gue, tapi buat hal ini gue bingung Ca, karna gue sendiri sumber masalahnya."

"Harusnya gue yang minta maaf. Mungkin lo bener, Len. Perasaan gue ke lo selama ini cuma penasaran. Sekarang gue udah tau, kalau saat itu kita pernah suka sama suka."

"Dan, gue sama Kana ga jadi pisah.
Jangan buang waktu lagi, Ca."

Marsha diem cukup lama bikin gue deg-degan. Sampai akhirnya, Marsha senyum dan mulai buka suara,

"Gue sedih tapi lebih banyak senengnya denger lo baikan lagi sama Kana. Gue bener bener minta maaf ga bisa ngendaliin perasaan. Jujur, sekarang gue ngerasa lumayan lega begitu tau lo pernah suka sama gue.
Ini pasti bantu gue buat lupain lo karna rasa penasaran gue udah terjawab."

"Kalau lo mau jauhin gue, gapapa. Tapi setelah perasaan lo pulih, gue harap lo masih anggap gue temen. Gue masih pengen berhubungan baik sama lo, Ca. Sebagai temen."

"Thank u, Len. Tapi gue pikir ga harus jauhin lo juga. Gue ga selemah itu kali!"

Marsha ketawa. Tapi gue ngerasain sedihnya dari sorot mata dia.
Tapi gue ga bisa berbuat lebih lagi selain terus doain dia. Gue pengen Tuhan balikin keadaan Marsha secepatnya. Bahkan kalau bisa balik dari sini ada hal yang bisa menebus rasa sedihnya. Ntah tiba-tiba ketemu jodohnya, nemu duit, ngedadak ada yang jual buah manggis disaat bukan musimnya atau apapun itu yang bisa bikin Marsha bahagia saat itu juga.

Akhirnya satu persatu masalah mulai nemu titik terangnya. Tanpa drama yang berlebihan masalah ini kelar.
Gue bener bener nikmatin alur obrolan ini, ga ada emosi, air mata atau apapun itu kaya di sinetron sinetron. Dan yang penting gue sama Marsha sekarang udah sama sama ngerasa lega. Marsha udah tau perasaan gue cuma buat Kana, dan gue tau Marsha ga akan berubah sedikit pun terkecuali perasaannya.

Gue ga tau persis bakal kaya apa proses Marsha buat lupain perasaan nya, tapi gue ada keyakinan apapun yang dia lakuin ga akan butuh lama karna seperti yang gue bilang ke Marsha tadi, rasa penasaran yang bikin dia stuck sama perasaannya sendiri.

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang