11. MOOD SWING

77 7 0
                                    

Beres ngecat, gue langsung beresin dalem rumah juga biar sekalian cape. Tiba-tiba Kana nyodorin satu gelas jeruk murni nyuruh buat duduk dan ngabisin dulu tuh minuman.
Udah gue habisin minuman, gue kembaliin gelas kosongnya ke Kana.

"Dallen, kamu lagi mikirin apa?" Sekarang nambah satu orang yang bisa nebak gue.
"Kamu tuh sibuk beres beres sambil masang muka tertekan gitu." Lanjut Kana.

"Muka aku emang gini kali. Ini tuh bukan muka tertekan, tapi serius."

"Ngga! Aku udah tau kamu ya, Dallen. Dari sebulan aja kita tinggal bareng, aku udah bisa nebak ekspresi kamu. Ayo cerita kenapa, kamu pasti lagi mikirin sesuatu!"

Aneh. Gue emang lagi mikirin omongan bokap, tapi gue merasa biasa aja, gue juga bertingkah seperti biasanya, tapi Kana bisa nebak dengan bener kalau gue emang lagi mikirin sesuatu.

Semudah itu gue dibaca Kana?

"Emang muka aku gimana? Sampe kamu bisa nebak gitu."

"Kalau kamu lagi mikirin sesuatu, mata kamu jadi sipit."

"Pasti dikasih tau Dania. Dania sering ledekin gitu."

"Ngga, Dallen. Itu hasil observasi aku selama kita tinggal bareng. Udah, sekarang jawab aku, jangan banyak tanya. Kamu lagi mikirin apa?"

"Papah nyuruh aku handle bisnis catering nya bang Darrel dan ga ada celah buat aku nolak kayanya. Aku takut usahanya malah berantakan kalau aku ambil alih. Belum lagi kan, ada photo brand yang lagi coba aku kembangin juga. Susah buat aku fokus ke banyak hal. Menurut kamu gimana?"

"Kalau kamu minta pendapat aku, ga salahnya kamu coba dulu buat lanjutin bisnisnya Darrel. Papah juga ga mungkin kan langsung lepas gitu aja."

"Papah emang bilang gitu. Tapi aku ga suka bisnis di bidang itu, Kana. Apa bisa aku jalanin semuanya kalau aku ga suka sama sekali sama apa yang nanti bakal aku kerjain?"

"Kamu waktu nikahin aku, emang suka? Terus sekarang udah dijalanin gimana? Kita ga akan tau kalau ga coba, Dallen. Kamu boleh mutusin lanjut atau ngga setelah kamu coba. Aku yakin, kalau kamu udah coba dan ternyata kedepannya kamu emang ga bisa, papah pasti ga maksa kamu."

Deuh Kana kenapa pake analogi masalah ini sama pernikahan. Tapi emang ga salah juga, kalau belum pernah dijalanin mana bisa tau apa itu yang terbaik atau bukan.

"Udah, sekarang beres vacum sofa nya, kamu mandi! Jangan beres-beres lagi, kebiasaan deh dipegang semua kalau udah beres-beres tuh. Udah mandi, nanti kamu cobain salad buah yang baru aku bikin."

Perilaku Kana udah kaya mak ke anaknya aja. Mana sambil ngacak ngacak rambut gue lagi. Kana emang kadang-kadang, kadang manja, kadang dewasa, kadang ngeselin, kadang gemesin.
Udah ngacak ngacak rambut, doi angkat pantat dari sofa sambil ngingetin gue lagi biar cepet mandi.

Fix Kana udah mirip ibu-ibu.

****

Malemnya gue kebangun, tapi Kana ga ada di samping gue. Kalau ga ke toilet, pasti doi lagi ngemil malem. Kebiasaan bumil satu ini suka laper tengah malem soalnya.
Gue coba merem lagi, tapi ga sepenuhnya tidur. Gue selalu merasa belum tenang kalau Kana belum balik ke kasur. Makanya tiap berapa menit sekali gue buka mata dan mastiin Kana udah balik apa belum, dan ntah udah berapa kali gue cek, Kana masih aja belum balik.

Akhirnya gue bangun, keluar kamar buat mastiin Kana lagi di mana dan ngapain.
Ohiya, kamar kita udah pindah kebawah, soalnya gue selalu ngeri kalau liat Kana naik turun tangga.

Keluar kamar gue langsung menuju dapur. Bener aja Kana lagi duduk di kursi meja makan. Gue cuma bisa liat punggung Kana, tapi dari pergerakan kedua tangannya gue liat Kana kaya lagi ngapus air matanya. Buat mastiin gue deketin Kana.

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang