Diluar perkiraan, ternyata gue udah lima hari aja sakit. Ini hari ke lima gue masih lemah letih lesu di atas kasur, tapi udah aga mendingan dibanding sebelumnya. Tiap pagi Kana jadi sibuk sendiri, udah urus Rhean doi langsung ngurus gue. Bikin sarapan, siapin obat, dan lainnya. Untung mertua masih di sini, tapi tetep aja gue sama Kana ga mau terlalu lama repotin mamah, buat ngurus Rhean.
Kalau biasanya tiap bangun gue liat Kana udah mandi, semenjak lahiran, doi beresin dulu semua urusan Rhean baru mandi. Tapi tetep aja, Kana selalu cantik walau belum mandi.Pintu kamar kebuka, kira gue Kana yang masuk ternyata Dania.
"Tumben masih pagi udah ke sini."
"Iya, suruh mamah buat ngasihin nasi tim, dan lagi disiapin sama mba Kana."
"Thank u, Dan."
"Ka, ko lo jadi manja gini sih? Waktu bujang aja, kalau sakit ga pernah lama. Giliran udah married, demam aja sampe mau seminggu."
"Ya mana tau. Kalau sakit bisa gue atur. Udah gue atur pake mode sehat setiap saat."
Kana dateng, "Dallen, sarapan dulu. Ini dari mamah yang dibawain Dania. Makasih ya, Dan."
"Sama-sama mba."
Kana langsung duduk di tepi kasur, dan seperti biasa doi langsung benahi gue dan siap buat nyuapin.
Baru mau nerima suapan pertama dari Kana, langsung ke pending gara-gara Dania."Ka Dallen manja banget deh."
Kana narik lagi sendok yang udah deket ke mulut gue,
"Emang Dan. Aku baru tau Dallen semanja gini kalau lagi sakit. Sampe ganti baju aja harus aku bantu."Dania natap gue aneh, "iyakah mba? Perasaan dulu ka Dallen itu paling mandiri. Kalau sakit aja ga boleh ada yang masuk ke kamarnya selain ngasihin makanan. Kalau udah sekarat baru manggil."
Selanjutnya mereka malah gibah depan gue. Mana gue yang jadi objek nya. Kana juga lupain suapannya, doi baru sadar waktu gue mau ambil alih piring.
"Dallen, maaf. Aku lupa. Nih.. aaaa"
"Mba," Dania panggil Kana, bikin gue cuma mangap lagi aja.
"Rhean nangis deh kayanya. Biar aku aja yang suapin ka Dallen. Bayi gede satu ini ga boleh terlalu di manja. Kasian Rhean.""Ohiya Rean nangis. Laper belum minum susu kayanya, tadi belum sempet kasih. Yaudah aku titip bayi gede ya, Dan"
Dania ambil alih piring. Niat baik ini anak ada dua maksud. Selain care ke Rhean, doi mau ngerjain gue. Liat aja mukanya sekarang, senyum tapi ngeledek.
Kana udah balik lagi ngurusin Rhean dan ninggalin gue yang disuapin Dania secara brutal. Dania bener-bener dah, satu sendok full dimasukin ke mulut gue, mana tempo nya cepet. Belum kelar di mulut, dia udah nyuruh gue buka mulut lagi.
"Baru kali ini gue liat orang sakit makan nya gembul."
"Gembul pipi mu. Suapin nya pelan pelan, Dan."
"Dih bukannya makasih. Dasar si paling lemes. Bilang aja mau di manja manja istri."
"Gue emang lemes. Lagian kalau mau manjaan modelnya bukan kaya gini, ya."
"Gimana dong?"
"Sesuai imajinasi lo aja. Ambil minum, Dan. Seret nih."
Beres sarapan, Dania tiba-tiba mellow. Katanya, suapin gue bikin dia inget Darrel yang kalau lagi sakit pasti Dania yang suapin makan nya. Dan ini emang pertama kalinya seinget gue, Dania suapin gue. Seperti Dania bilang, kalau gue sakit ga pernah lama, dan paling ga mau di ganggu. Kecuali nyokap yang nganterin makanan. Selebihnya gue ga mau ada orang yang masuk.
Kenapa?
Karena kalau bang Darrel atau Dania masuk kamar pas gue sakit, mereka selalu rusuh. Nyentuh barang gue lah, banyak tanya, belum lagi ledekannya. Bikin makin pusing. Sedangkan kalau bokap, awalnya kaya yang iya nanyain udah baikan apa belum, tapi setelah itu bokap pasti ngajak ngobrol, ada aja yang dibahas.
Kalau lagi sehat sih pasti gue ladenin, lah ini gue lagi sakit, diajak ngobrol mana bisa connect, mana kadang bokap tiba-tiba bahas berita yang lagi terjadi."Sekarang di rumah kerasa sepi banget, kak. Dulu bang Ael sama ka Dallen emang udah sibuk, jarang di rumah. Tapi pasti aja, ada hari atau waktu di mana kita bisa kumpul. Kangen deh."
"Maaf ya, Dan. Gue jadi jarang ke rumah. Hm, gue ga janji, tapi bakal diusahain, buat bisa nyempetin lagi main ke rumah."
"Ga perlu minta maaf ka. Dania juga ga nuntut ka Dallen terus ada buat Dania. Dania ngerti ko, urusan ka Dallen semenjak nikah pasti lebih banyak lagi. Satu yang harus ka Dallen janji sama Dania!"
"Janji? Apa dulu?"
"Ka Dallen boleh pergi sejauh apapun, kemanapun. Asal inget harus balik lagi. Inget ada Dania. Ga boleh pergi kaya bang Ael."
"Iya. Tapi kan ada yang namanya takdir yang ga bisa kita baca. Tapi kalau lepas dari kata takdir, gue janji, Dan. Ga akan pernah tinggalin lo. Yaa, moga aja takdir ga secepat itu buat misahin kita."
Plak
Dania mukul gue, "sakit, Dan!"
"Jangan jadi bijak deh! Kan jadinya sedih."
"Haha sini!"
Gue peluk Dania. Siapa yang mulai sedih, siapa yang disalahin. Dasar bungsu. Meski gue selalu merasa dianak tirikan kalau lagi berantem sama dia karena nyokap, bokap, atau bahkan bang Darrel yang selalu belain dia, meski dia yang salah. Tetep aja gue sayang sama ni anak bontot. Dania itu jadi pelengkap akhir yang manis di keluarga. Satu satunya anak cewek yang bikin rumah semakin berwarna karena teriakannya, manjanya, aduannya, belum lagi banyak maunya.
****
Akhirnya gue sembuh. Kembali jadi Dallen yang sehat jasmani dan rohani, dan orang pertama yang pengen gue temuin Rhean. Tampilan udah balik ke setelan pabrik setelah seminggu cosplay jadi zombie, gue langsung meluncur ke taman belakang nemuin Rhean yang lagi jemur.
Dari jarak 100 meter gue liat Kana dari sisi samping yang lagi gendong Rhean. Matahari pagi nyorot mereka berdua, udah kaya efek di film ala malaikat yang datang. Tapi berani sumpah, ini pemandangan terindah yang pernah gue liat. Ntah efek gue yang lama ngerem di kamar, atau emang objek gue ini emang indahnya mutlak. Gue jadi terharu.
Kana mergokin gue yang malah berdiri liatin mereka, "Dallen, sini!" Pinta Kana.
Gue langsung nyamperin mereka. Di gendongan Kana, Rhean lagi merem, matanya rapet bener, pipi gembul, kepala bulet, rasanya pengen gue makan. Belum lagi tangan mungil nya yang ngepal, udah mirip kaya pajangan kucing penglaris di toko mas.
Tuk
Kana nyentil jidat gue.
"Dallen, pelan-pelan! Pipi Rhean jangan di unyel unyel gitu."
"Ya maaf, Kana. Gemes."
"Makasih."
"Rhean. Bukan kamu."
"Rhean mirip siapa?"
"Kamu."
"Jadi aku gemes juga!"
"Iya sih. Tapi gemesnya beda. Rean gemes pengen di unyel unyel, kalau kamu..."
"Apa? Aku apa?"
"Gemes pengen.. hm, apa ya?"
"Apa? Apa?"
Tuk
Gue sentil balik Kana. Persis kaya dia sentil jidat gue. Ekspresi Kana udah kaya mau tikam gue, untung doi lagi gendong Rhean, jadi ga bisa berbuat lebih selain ngedumel.
Tadinya pengen gue jawab, gemes pengen dimakan, tapi ga jadi. Nanti Kana mikir kemana lagi. Tuh anak kadang pikirannya suka kemana terus berakhir dengan godain gue dengan wajah polosnya itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
LIKA LIKU DALLEN
RomanceMenikahi Kanara, nyemplung ke bisnis catering, sampe cinta bertepuk sebelah tangan. Ini tentang Dallen dengan segala yang dia hadapi. Caranya melihat masalah sampai menyelesaikannya. ❗ DISCLAIMER ❗ HANYA CERITA RINGAN, MINIM KONFLIK, DAN TIDAK BAIK...