28. NESTAPA

64 7 0
                                    

Baru tiga hari rumah tanpa Kana tapi serasa kaya udah berminggu-minggu. Gue balik ke setelan pabrik, lewatin sarapan, beli makan di luar, begadang, bahkan di tiga hari ini males banget buat balik ke rumah kalau kerjaan udah kelar.
Tapi selama tiga hari ini juga, gue masih berkomunikasi baik sama Kana. Doi masih sering bales chat gue, kadang ngasih photo atau video Rhean yang gemesin, tapi begitu gue tanya di mana keberadaannya, doi langsung ngilang ga bales chat lagi atau begitu gue telepon ga pernah mau ngangkat sekalipun.

Ghosting.

Gue belum nemuin cara buat nemuin Kana. Sempet kepikiran buat nyamperin satu satu apartemen yang ada di kota ini, tapi itu opsi terakhir kalau gue mentok ga nemu cara yang efektif buat nemuin Kana.

Sekarang hari Minggu, biasanya Kana udah bangunin gue buat sarapan tapi sekarang buat angkat pantat dari kasur aja males, gue ngerasa Kana pergi sambil bawa gairah gue.
Di Minggu cerah ini gue milih buat selimutan bareng rasa bersalah ke Kana.
Bukan cuma gara gara malem pertama, tapi waktu gue bentak dia, debat sama dia, dan yang paling gue sesalin waktu gue ambil sikap diemin masalah ini yang gue pikir bakal nemu waktu pas buat beresin semuanya, eh malah makin rumit jadinya.

Jadi inget kata bokap yang bilang, masalah itu kalau ga dihadepin bakal jadi tumpukan batu, pas kita mau maju malah jadi penghambat dan jadi makin berat. Analoginya, lo punya kantong terus tiap ada masalah lo coba ngindar dan masukin masalah yang diibaratkan batu itu dimasukin ke kantong, setengah perjalanan mungkin masih bisa ngelangkah tapi makin lama kantong itu makin berat sama batu lainnya dan di situ mau ga mau lo harus bisa nyelesaiin semua nya.

Sekarang nyesel gue bertambah, selain karna masalah Kana, gue jadi nyesel ga inget petuah bokap. Belum lagi inget sama Rhean. Itu anak lagi ngapain sekarang? Bisa kangen juga ga ya sama gue?

Lagi berendam dalam rasa bersalah, tiba-tiba nyokap nelepon bilang udah ada depan rumah, katanya udah pencet bel berkali kali dan udah nunggu sekitar 10 menitan.

Buru buru gue ke luar kamar, sat set sat set beresin ruang tamu yang bantal nya pada nyengsol, belum lagi sampah sampah di meja dapur bekas makan belum gue buang ke tempatnya. Jangan sampe nyokap curiga rumah ini ga ada sentuhan tangan cewek.

"Masuk mah."

"Dari tadi loh, Len. Mama di luar. Kamu cek batre bel nya coba, kasian kalau ada tamu."

"Iya nanti Dallen cek, kaya nya emang habis."

Nyokap langsung ke dapur ngeluarin bahan bahan masakan buat di olah sambil diabsenin satu satu.

"Nah kalau ini tinggal makan, ayam sambal dabu dabu kesukaan Kana."

"Cuma bawa kesukaan Kana? Kesukaan Dallen ga ada?"

"Kamu apa aja suka kan, Len? Jadi udah ini ayam dabu dabu aja. Mama masak banyak."

"Ehh Kana mana? Masih tidur?"

"Ee, Kana lagi jalan sehat sama temen temennya mah."

"Jadi kamu lagi sama Rhean? Eh jangan ditinggal lama lama, Len."

"Ngga, ngga. Rhean ngikut Kana."

"Eh gimana jalan sehat sambil bawa bayi?"

"Eh bukan jalan sehat, duh apa ya lupa tadi Kana bilang apa. Pokoknya kegiatan yang sehat sehat gitu antara anak sama ibu."

"Ohh, yaudah nanti mama ke sini lagi."

"Pulang mah? Ini sengaja ke sini cuma buat ngasih ini?"

"Ngga. Mama mau jenguk anak temen mama yang udah lahiran juga."

"Kalau gitu Dallen anter. Sebentar Dallen ke kamar mandi dulu."

"Gausah Len. Tadi mama pake taksi ke sini. Terus taksi nya suruh mama tunggu. Yaudah mama pergi ya, makan yang banyak sama Kana, terus itu bahan bahannya kamu simpen kulkas jangan nunggu Kana."

Nyokap pamit, gue anterin sampe naik taksi. Gue gatau ini dosa apa ngga, tapi ngerasa lega pas tau nyokap mampir cuma bentaran doang terus pergi lagi. Bukan gue ga suka nyokap mampir ke rumah tapi situasi gue sama Kana yang lagi pisah gini bikin was was. Apalagi Kana sendiri yang bilang buat sementara jangan sampe orang tua kita tau kalau gue sama Kana lagi pisah rumah.

Gue balik ke dapur buka wadah isi ayam sambal dabu dabu yang bikin laper, tapi gue lupa di rumah ga ada nasi, kudu bikin dulu. Dengan percaya diri gue coba bikin nasi bermodal pengetahuan dari Kana yang ngasih tau cara ngukur air nasi pake jari telunjuk.
Dirasa pas, gue langsung masukin wadah nasi ke tempatnya. Sekarang tinggal mandi, pas beres langsung makan, kan cakep.

Sesuai planning yang udah gue buat, selesai mandi mau langsung makan. Tapi begitu nyampe dapur buka mejikom tuh nasi masih utuh bentukannya. Bukan lupa neken tombol nya, ini lebih parah..

Gue belum nyolokin kabel ke stopkontak!

Ngedadak juga gue kehilangan percaya diri. Belum tentu ini nasi mateng sempurna. Akhirnya gue milih buat beli nasi di luar. Perut juga udah ga bisa diajak kompromi gara gara cium aroma masakan nyokap.

Waktu belum married gue udah biasa hidup sendiri kaya gini, dan gue ngerasa enjoy ga pernah ada nasi di rumah, bisanya ngandelin beli di luar. Tapi selepas married ngerasa berat banget cuma gara gara ga ada nasi di rumah.

Apa gue udah tergantung sama Kana?

Sumpah ini rumah juga udah gue tinggalin sebelum nikah sama Kana harusnya udah ga aneh tiba-tiba tinggal sendiri lagi, tapi baru mau setaunan bareng tinggal Kana ternyata sangat membekas.
Bahkan sekarang tiap sudut rumah ngingetin gue sama Kana. Itu juga yang bikin gue males diem di rumah apalagi kalau udah waktunya tidur, biasanya ada Kana di pinggir gue, sekarang balik lagi cuma ada bantal sama guling.

Ini baru tiga hari tanpa Kana tapi gue udah ngerasa semenyedihkan ini.
Ga kebayang kalau nanti akhirnya harus pisah sama Kana. Apa gue bisa mulai dari awal lagi? Dari mana? Gimana?
Padahal gue selalu mempersiapkan diri kalau akhirnya Kana milih pergi, tapi tetep aja kalau udah ngelibatin perasaan ga segampang itu.

Nasi udah ada, pas mau ambil ayam dabu dabu gue inget lagi ke Kana plus nyokap bilang ini ayam buat kita nikmatin berdua bukan sendiri. Gue buka ponsel terus ngirim photo masakan nyokap sambil nawarin mau gue anterin. Semoga aja dengan niat baik dan sedikit modus ini gue bisa nemuin Kana. Tapi jawaban Kana matahin harapan.

Kanara
ga usah. Km makan aja yang banyak
jgn sering beli makan di luar!

eh km ga bilang aku pindah kan???

Me
ga. aku bilang kamu lagi jalan sehat
tenang aja

Kanara
oke
selamat mam dallen!

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang