Berkat rayuan maut nyokap, Kana maksa gue buat nginep di sini semalem. Usaha gue buat ngindarin bokap pun gagal, mau ga mau sekarang gue harus kasih tau keputusan gue mengenai nerusin usahanya bang Darrel.
Sebenernya udah ada keputusan, cuma gue sengaja ngundur ngundur waktu karena kadang suka tiba-tiba ngerasa ga siap buat ketemu bokap."Jadi gimana Len?"
"Oke pah. Dallen coba dulu. Kana bilang, Dallen ga akan tau cocok apa engga kalau ga coba. Tapi, semisal Dallen ga bisa papah ga akan maksa Dallen buat terusin kan?"
"Tuh istri kamu aja lebih bijak Len. Ga salahnya coba. Papa ga maksa kalau emang kamu ga bisa nantinya. Tapi papa yakin kamu pasti bisa sih Len. Di antara almarhum Darrel sama Dania, kamu itu paling cepet tanggep. Cuma ya itu, kamu males jadi pusat perhatian orang, milih mendem kemampuan kamu."
"Berarti Dallen aslinya pinter kah, pah?
Kana si selalu nimbrung. Itu anak ga pernah ketauan kalau dateng. Kadang gue suka dibikin jantungan dengan tiba-tiba adanya Kana. Doi duduk samping gue, mastiin ke bokap lagi kalau gue ini pinter apa ngga. Semua kalimat yang keluar dari mulut Kana bikin kesel.
Liat aja dari pertanyaan Kana ke bokap yang ngeraguin gue."Sebenernya kak Dallen ga pinter. Dia cuma bisa mengikuti dengan baik." Dania matahin rasa percaya diri gue waktu bokap lagi muji.
"Mengikuti dengan baik sama dengan pinter." Gue membela diri.
"Kalau pinter pasti bisa bedain jahe sama laos!"
"Itu beda konteks Dan, coba tanya ke orang yang ga pernah ke dapur, pasti susah juga buat bedain mereka berdua."
"Pokonya ya mba, ka Dallen emang pinter kalau masalah akademis tapi kalau non, udah deh nol besar."
"Hush ga boleh gitu Dan. Meski emang faktanya gitu, tapi ga boleh gitu ah."
"Mah!"
Satu lagi, nyokap ikut nimbrung. Ini tiga cewek kenapa dah hobi banget nimbrung. Nyokap lagi pake ngasih tau Dania salah tapi tetep ikut mojokin gue.
"Setuju sih. Waktu itu aku nyuruh Dallen ambilin pakcoy tapi dia gatau. Lucunya, padahal yang lagi dia pegang itu pakcoy."
Ternistakan sudah gue sama keluarga sendiri. Daripada pusing dengerin mereka yang ngomongin gue didepan muka gue sendiri, kayanya gue mending undur diri.
Liat photo wisuda bang Darrel yang dipasang di pigura kecil diatas meja hias, bikin gue pengen mampir ke bekas kamarnya.
Kamar ini udah sedikit di rubah sama bokap. Cat nya masih sama, cuma udah ga ada kasur, lemari, sama meja kerja, sekarang cuma ada satu lemari hias yang isinya photo photo bang Darrel, penghargaan, sama pajangan diorama koleksi bang Darrel.Ada satu foto yang bikin gue tertarik buat liat lebih deket. Photo ukuran 4R yang dipasang pigura putih itu ternyata photo gue bareng bang Darrel, Dania, sama Kana.
Gue inget momen itu, kita sekeluarga lagi liburan ke Singapura dan bang Darrel ngajak Kana. Ekspresi kita berempat keliatan bahagia. Bang Darrel, Kana, sama Dania senyum pepsodent sedangkan gue cuma senyum tipis doang tapi sumpah waktu itu gue bahagia juga kok!
Yang bikin aneh dari photo itu posisi kita berempat. Gue sama Kana sebelahan ditengah, bang Darrel disisi kiri gue, sedangkan Dania disisi kanan Kana seakan pada saat itu gue pasangan Kana.Secara logika gue pikir ini kebetulan karena emang situasi waktu itu kita yang lagi liat carnaval tiba-tiba di panggil bokap buat photo kilat jadi ga mikirin posisi siapa harus deket siapa. Tapi kalau dibawa secara spiritual atau apapun istilahnya. Gue mikir ini sih kaya udah ciri. Orang bilang hidup ga jauh dari gambaran.
Ngerasa udah terlalu lama disini gue pun keluar dari kamar bang Darrel. Bisa bisa seisi rumah nyangka gue pundung beneran lagi.
Tapi waktu ke ruang tengah, Kana udah ga ada. Cuma ada bokap.
KAMU SEDANG MEMBACA
LIKA LIKU DALLEN
RomanceMenikahi Kanara, nyemplung ke bisnis catering, sampe cinta bertepuk sebelah tangan. Ini tentang Dallen dengan segala yang dia hadapi. Caranya melihat masalah sampai menyelesaikannya. ❗ DISCLAIMER ❗ HANYA CERITA RINGAN, MINIM KONFLIK, DAN TIDAK BAIK...