3. PAKCOY

86 8 0
                                    

"Dallen, aku lupa. Kamu bisa ambil pakcoy ga? Aku mau ambil kebutuhan kamar mandi."

"Pakcoy? Aku gatau. Gapapa kamu pilih kebutuhan kamu dulu, biar kita bareng ambil tuh pakcoy."

"Biar cepet, Dallen. Kamu beres ambil pakcoy, aku juga beres. Jadi kita langsung bayar."

"Yaa masalahnya aku gatau pakcoy apaan? Cemilan? Minuman? Atau apa?"

"Itu loh sayuran! Jenis sawi. Warnanya ijo, bentuknya kaya sendok bebek. Kalau kamu ga tau tanya aja ke mas mba nya. Nah kalau ada beli empat atau lima iket."

Pakcoy. Gue ga kebayang sama sekali. Jangankan bentukannya, denger nama pakcoy aja baru sekarang.
Gue langsung balik ke tempat sayuran. Kana bilang warnanya ijo. Yaa ini semua juga warna ijo, Kana.

Gue angkatin satu satu itu sayuran, bacain namanya satu satu juga sambil nunggu mas atau mba nya yang ngedadak ngilang.
Samping gue ada ibu ibu baru dateng terus milih sayur. Daripada lama, gue pun bertanya ke si ibu. Respon si ibu malah keliatan bingung.

Kana ga lagi ngerjain gue kan?

"Bok choy kali? Nah kalau bok choy ini." Jelas si ibu sambil ngasihin seiket sayuran yang katanya buk choy. Dari warna iya si ijo, tapi bentuk ga mirip sama sendok bebek.

"Iya kali ya bu? Tapi rasanya istri saya bilangnya pakcoy. Ga ada emang sayur yang namanya pakcoy?"

"Duh gatau kalau itu. Ya saya taunya ini. Coba tanya aja ke yang kerja."

"Iya Bu, terima kasih ya."

Si ibu udah selesai milih dan ambil sayur. Gue masih celingak-celinguk cari mas atau mba nya, tapi gaada. Tiba-tiba ada yang nepuk punggung gue, ternyata Kana.

Ya kali Raline Shah.

"Lama banget!"

"Aku gatau pakcoy. Ini mau nanya."

"Itu yang kamu pegang pakcoy!"

"Lah tadi kata ibu ibu, ini tuh bukcoy."

"Ya itu sama aja."

"Kata kamu mirip sendok bebek, ini gaada mirip miripnya. Yaudah lah terserah mau pakcoy, bukcoy, kakcoy, atau coy coy lainnya. Mau berapa iket?"

"Ih ko bt haha. Lima iket aja."

Gue ga bt Kana. Cuma dibuat pusing oleh nama persayuran ini. Semoga gaada nama lainnya lagi. Gue ambil alih lagi troli dari Kana. Kita langsung menuju kasir. Gue udah suruh Kana buat nunggu sambil duduk, tapi doi gamau.
Mba kasir udah nyebutin total belanjaan kita. Gue keluarin kartu ATM buat pembayarannya, tapi Kana ikut ikutan juga ngeluarin kartunya. Waktu tiba-tiba berhenti gitu kaya di film film. Gue, Kana, sama mba kasir saling natap gantian. Cepet cepet aja gue ambil tangan mba kasirnya buat ngasihin kartu, tapi Kana ga mau kalah. Doi ikut nyerahin kartunya juga.

"Kana, ini urusan aku."

"Ngga, Dallen. Ini banyaknya kebutuhan aku."

Kalau gue bales perkataan Kana, bisa dipastiin gue sama Kana bakal debat lama disini. Akhirnya gue raih tangan si mba kasirnya, ambil kartu Kana terus gue sakuin.
"Lanjut mba." Pinta gue ke mba kasir biar nyepetin proses transaksinya.

Sampe rumah, Kana langsung beresin semua belanjaan. Gue udah bawel buat ngingetin dia jangan cape cape, tapi tetep aja. Beres nyimpenin sama rapihin belanjaan, Kana lanjut masak. Untuk pertama kalinya gue ngerasa ada kehidupan di rumah ini, khususnya lantai dua, spesifiknya di dapur. Gue nyium aroma masakan, denger alat masak yang jatuh, pokonya dapur yang di dominasi item abu ini serasa jadi bewarna.

Gue udah nawarin ke Kana apa yang bisa dibantu, doi malah nyuruh gue ngupasin bawang merah seabrek. Gue tau, Kana, gue ga bisa masak tapi ya masa nyuruh ngupasin bawang merah segini banyaknya?? Tau gitu gue ga akan basa basi lagi buat nawarin bantuan.

Baru beberapa biji, gue udah mewek karena bawang, mana sambil masak Kana dengerin lagu dan pas banget lagu yang keputer lagunya Sam Smith, writing's on the wall.
Liat gue bercucuran air mata, Kana malah ketawa. Kana narik tisu, terus lap air mata gue.

"Jangan nangis. Bawangnya masih banyak." Kana ngeledek.

"Ini sebanyak gini buat apa? Mau dipake sekarang?"

"Buat stock aja. Kalau mau make tinggal ambil gausah ngupas dulu."

"Yaudah segini dulu aja."

"Lima biji? Itu bukan nyetok, Dallen."

"Aku ga kuat perih, Kana."

"Ini aku bantu lap air mata kamu."

"Bantu nya ngupas, bukan lap air mata!"

"Hahaha yaudah simpen dulu, nanti di lanjut. Sekarang kita makan!"

Belajar dari kejadian cincau, gue ga mau ngarepin apa apa dari Kana.
Gue ambil piring dan siap ngambil nasi, tapi Kana malah ngambil piring gue, dan ngasihin satu piring yang baru dia isi nasi. Udah itu, dia juga nyodorin piring piring yang udah ada lauknya. Menu pertama Kana masak buat kita makan bareng, nasi Hainan. Kesukaan bang Darrel.

"Kesukaan Darrel. Eh kamu suka juga kan?"

"Suka. Apa aja suka."

Kita pun makan. Kana banyak nanya tentang pola makan gue. Gimana gue bisa biarin isi dapur kosong gitu. Gue jelasin kalau gue gabisa masak dan gue ga pernah selalu stay disini. Gue masih bulak balik ke rumah orangtua. Kalaupun diem disini, palingan tiap mau makan pesen, beli warteg, Padang, atau kadang mama ngirim masakannya buat gue sama karyawan.

"Pantes. Aku ga pernah dibawain Darrel masakan kamu. Pasti aja Darrel bilang, ini makan masakan mama, cobain deh masakan papa, atau ngga, ini yang masak Dania."

Emang semua keluarga gue jago masak. Mama jangan ditanya lagi. Kalau papa sama Darrel mereka emang tertarik di bidang kuliner. Papa jadi konsultan kafe, dulu pernah juga jadi head chef di beberapa restoran, kalau bang Darrel punya usaha di catering, nah sedangkan Dania karena masih SMA dan semenjak pandemi mengharuskannya sekolah online, Dania suka bantu masak masak buat ngisi ke gabutan nya dan jadilah dia juga hobi masak dan masakannya ga pernah gagal.

Gue?

Gatau. Gue ga dikasih suka dan bisa sama yang berbau dapur khususnya masak. Gue cukup jadi penikmat aja. Jadi juri kalau mereka masak. Gue paling cuma kasih masukan kurang gurih, asin, manis ya pokoknya seputar itu aja.
Gue lebih suka ke photography sama videografi. Usaha gue juga di bidang itu. Gue buka jasa photo sama video buat produk atau prewedding dan semacamnya. Makannya gue butuh tempat buat ngelola ini usaha.
Ga mungkin kalau ada projek ngerjainnya di kamar gue terus.
Awal jalanin ini jasa cuma libatin tiga orang, empat sama gue yang ikut langsung ke lapangan sama proses editing lainnya. Sekarang, gue udah punya lima di team gue.

Gue ngerasa lagi diperhatiin Kana. Bener aja, bukannya makan, Kana malah liatin gue mana sambil senyum-senyum.

Stop Kana, Stop!

"Kenapa?"

"Mata kamu mirip Darrel."

"Ya, masa mirip kucing."

Kana masukin sayur lagi ke mangkok kuah gue, "nih banyak banyak makan pakcoy." Lanjut Kana.

"Ohh ini pakcoy! Kalau ini aku sering makan. Baru tau namanya pakcoy."

"Kamu sering makan ini, tapi gatau namanya. Gimana ceritanya?"

"Panjang nyampe 3 season. Udah makan dulu.'

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang