17. LAHIRAN

80 10 2
                                    

Gue yang baru beres ketemu klien dapet telpon dari Dania yang ngasih tau kalau Kana mau lahiran dan udah ada di rumah sakit.
Ga peduli hujan lagi deras derasnya, gue langsung ninggalin restoran yang jaraknya cukup jauh lagi, ujung ke ujung.

Tenang Dallen, lo tenang. Kana disana ga sendiri ada keluarga dan udah di rumah sakit juga.

Gue cuma nenangin diri sendiri tapi ga ngaruh besar. Gue tetep cemas, dan dihantui janji sendiri yang bakal ada di samping Kana pas proses lahiran.

Setengah perjalanan lancar tapi begitu beberapa meter lagi nyampe, tiba-tiba kejebak macet gara gara di perempatan sana katanya banjir.
Gue ga berhenti liatin jam yang kerasa cepet banget muternya.
Sampe di depan gue liat ada rumah makan Padang dengan halaman parkir yang luas, gue belokin mobil ke situ buat numpang parkir. Kalau cuma diem nunggu mobil maju gatau deh nyampe jam berapa, keburu bayinya brojol.

Gue langsung nyamperin karyawan rumah makan itu buat ijin ikut parkir.

"Mas saya titip mobil ya? Istri saya ada di rumah sakit mau lahiran macetnya bukan buat ditunggu."

Mas nya cuma diem, gue yang ngerasa di situasi kaya gini setengah detik aja jadi sangat berharga ga bisa cuma nyaksiin mas padang diem gitu doang.

Gue keluarin beberapa lembar uang terus dengan maksa tarik tangan si mas nya buat nerima uang.

"Titip ya mas. Ini SIM saya juga simpen aja."

Akhirnya si mas setuju. Langsung aja gue lari ke luar ga peduli hujan lagi derasnya. Gue cuma berdoa biar ga kesambar petir.
Gue juga ga peduli sama tatapan aneh orang yang mungkin nyangka gue gila kali lari lari kaya gini. Satu yang gue peduliin saat ini adalah Kana.
Cuma Kana.

Setelah beberapa kali hampir jatuh kepeleset, sampailah gue di rumah sakit. Baru mau masuk, satpam make nyegat gue segala.

"Maaf pak, ada yang bisa dibantu?"

"Istri saya mau lahiran pak. Saya mau masuk. Ruang persalinan dimana?"

"Ohh baik silahkan, dari sini lurus terus ke kanan."

"Makasih pak."

Gue lanjut lari lagi, jadi pusat perhatian orang orang lagi. Sampe akhirnya gue liat nyokap, bokap, Dania, sama mertua ada disana.

"Kana gimana? Dallen boleh masuk?"

Suster keluar, "suami Bu Kana udah dateng?"

"Saya sus saya!"

"Silahkan masuk pak."

Gue langsung masuk nyamperin Kana yang keliatannya kaya lemes banget, banjir keringet juga.
Kana langsung narik tangan gue.

"Ko basah basahan, tangan kamu juga dingin."

"Gapapa." Ngedadak mulut ga bisa ngomong, kalimat kalimat penyemangat yang udah gue siapin ga bisa gue utarain.

Selanjutnya gue lihat semua proses dan perjuangan Kana. Liat Kana berjuang bikin gue pengen mewek. Bukan cuma liat Kana yang kesakitan tapi gue jadi ngebayangin sosok nyokap disana waktu lahirin bang Darrel, gue, terus Dania.

Lagi berjuang aja Kana masih perhatiin gue, dia ngapus air mata yang gue sendiri ga tau kapan jatuh.
Ternyata semua ga seperti yang gue bayangin. Selama ini gue selalu mempersiapkan diri buat di pukul, jambak, atau cubit sama Kana ternyata adegan itu ga ada sama sekali. Malah yang ada jadi Kana yang nguatin diri gue.

Udah ga keitung Kana manggil nama gue berapa banyak tapi gue ga bisa ngapa ngapain selain pegang tangan sama elus elus kepalanya.

Sampai suara tangisan bayi menuhin ruangan.

Buset nangisnya nyaring bener dah.
Gue perhatiin wajah Kana yang lagi senyum sama mata nya yang berkaca-kaca. Sumpah ini anak mau dalam kondisi apapun cantiknya ga ilang.

"Selamat ya Bu, pak. Baby nya ganteng sekali." Bersamaan itu dokter nyerahin baby boy ke Kana.
Makhluk kecil itu gerak gerak diatas badan Kana sambil nangis nangis. Gue gatau kata apa yang tepat buat deskripsiin pemandangan ini, yang jelas hati gue tersentuh dan terharu.

Keluar dari ruang operasi, gue langsung diserbu kaya selebritis yang kena skandal. Semua orang nanyain keadaan Kana sama bayi nya yang sementara belum bisa di jenguk sebelum ke ruang inap.

"Ka, ganti dulu gih bajunya. Masuk angin ntar," Dania nyerahin satu paper bag.
"Gue gatau ukuran kolor ka Dallen, tapi semoga pas."

"Thank u, Dan. Gue ganti dulu."

Gue langsung ke toilet buat ganti baju yang tadinya basah  udah mulai kering.
Awalnya aman aman aja isi dari paper bag yang dikasih Dania. Kaos item, celana chino warna coklat sama sandal swalow, tapi begitu diakhir gue menemukan kolor motif Spongebob dan yang bikin gue jengkel itu ukuran buat anak woy!
Seenggak taunya ukuran kolor harusnya Dania cukup pintar buat bedain kolor anak sama dewasa!

****

Kana udah dipindahin ke ruangan VVIV. Beberapa kerabat sama temen udah ada yang datang besuk padahal baru beberapa jam dari Kana lahiran.
Gue merasa hari ini panjang banget. Badan juga udah mulai ga enak semoga gue ga sakit disituasi kaya gini.

Nyokap bokap udah balik, begitupun mertua, jam besuk juga udah di tutup. Sekarang cuma tinggal gue, Kana, sama si bayi.
Gue ga pernah bosen buat perhatian wajah ini anak yang udah kaya Kana versi cowok. Sumpah ini yang mirip bang Darrel cuma matanya doang, yang lainnya ngikut ke Kana.
Jadi inget apa kata orang-orang yang bilang kalau anak kita mirip plekketiplek dari salah satu orangtuanya, bisa dipastiin yang paling cinta itu yang bisa jadi bikin mirip banget.

"Rheandra Eka. Rheandra punya arti cerdas sama beruntung, anak ini beruntung dari dia dalem perut sampai sekarang dia lahir, ada kamu, Dallen. Kalau Eka sendiri, kamu pasti tau artinya."

"Bagus."

"Setuju?"

"Boleh aku tambahin? Reandra Eka Gandara."

"Gandara? Nama kamu?"

"Kamu keberatan? Yaudah Rheandra Eka udah bagus."

"Ngga! Emang gapapa?"

"Gapapa. Rhean anak aku ini."

"Rheandra Eka Gandara. Bagus! Semoga Rhean jadi cowok sebaik kamu, tapi jangan sampe nurun energi setipis tisu nya yang gampang capek kalau ketemu orang banyak.
Ehh Dallen bisa tolong pindahin Rhean ke box ga? Udah tidur dia."

"Panggil suster aja ya? Aku belum berani gendong."

"Ish nunggu kamu berani sampe kapan? Bisa ko, kamu bisa. Ini cepet!"

"Ga sekarang deh Kana. Panggil aja ya."

"Malu-maluin!"

Gue langsung pencet bel. Kana bener, gue emang malu maluin tapi gue lebih takut kalau nanti gue gendong bayi nya salah urat kan kasian.

Kana yang sedari tadi nguap akhirnya tidur juga begitupun Rhean. Dia ga rewel sama sekali, kerjaannya tidur. Usik sebentar terus nangis, tinggal tepok tepok atau kasih susu sebentar dia langsung diem lanjut tidur.

Gue perhatiin wajah Kana yang lagi tidur. Keinget perjuangannya tadi bikin gue makin sayang sama ini orang tapi ada rasa takut juga yang ngehantui. Gue takut setelah anak ini lahir semuanya ga lagi sama.
Bukan gue cemburu perhatian Kana lebih ke Rhean tapi gue lebih takut Kana yang ninggalin gue.
Emang ga ada semacam perjanjian tertulis atau lisan tentang apakah setelah Kana lahiran kita bakal pisah atau gimana, tapi pernah satu malem di beberapa Minggu lalu, gue sama Kana terlibat obrolan ini.

Kana bilang, setelah baby lahir mungkin dia bisa ngurus semuanya sendiri, gue bisa lanjutin pilihan hidup sendiri juga tanpa libatin dia.
Waktu itu gue cuma bisa diem, ga mau nanggepin obralan sedih itu. Tapi semenjak Kana bilang gitu, obrolan itu ganggu gue setiap malem.
Kalau gue egois bisa aja gue pertahanin Kana kalau hal itu terjadi.
Gapapa, perasaan gue cuma sepihak tapi kalau itu cuma bisa bikin gue bahagia tapi ngga dengan Kana, gue jadi ragu.

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang