"Dallen, aku baru beli apart."
"Udah beres pembelian nya apa baru mau?"
"Udah. Semua udah beres."
"Kamu mau coba bisnis di properti?"
"Ngga. Aku mau pindah. Berdua sama Rhean di sana."
Gue ngelag. Coba cerna lagi ucapan Kana. Ngedadak nasi goreng yang lagi menuhin mulut, ilang rasanya.
Pantes sedaritadi gue ngerasa Kana agak aneh, ga kaya pagi biasanya. Kana mulai jelasin alasan penuhnya ambil keputusan ini. Panjang lebar dia jelasin, tapi inti yang gue dapet Kana pengen perlahan ngejauh dan ngakhirin pernikahan ini.Sekeras mungkin gue berpikir, inget inget apa yang udah gue laluin di hari sebelumnya. Apa gue ngelakuin kesalahan sama Kana sampe dia mutusin pengen pindah. Tapi gue ngerasa beberapa hari atau bahkan bulan kebelakang antara gue sama Kana selalu baik baik aja.
"Kana aku gatau harus respon apa. Cuma aku minta kamu pikirin lagi baik baik, dan aku minta maaf kalau ada salah. Kasih tau kalau aku salah."
Gue pergi. Ninggalin nasi goreng enak buatan Kana yang masih setengah piring lagi. Pengen marah tapi sama diri sendiri.
"Kamu ga ada salah, Dallen. Justru kamu sempurna jadi seorang suami sama ayah. Aku yang harus minta maaf."
Untuk pertama kali, gue ngadepin pagi yang menyebalkan selama bareng Kana. Maunya Kana bikin mood gue hancur. Semenyebalkan kelakuan Kana masih bisa gue hadepin, tapi untuk yang satu ini gatau harus gimana. Ga kebayang kalau gue harus jauh sama Kana dan Rhean, gue ga siap.
Kana emang bilang, semisal kita pisah gue ga akan pernah kehilangan Rhean. Gue masih bisa ketemu, main, atau bahkan semakin Rhean besar, dia bisa bolak balik tinggal bareng gue. Tapi ini bukan tentang Rhean semata, gue bukan cuma takut kehilangan Rhean gue takut kehilangan Kana. Kana sama Rhean udah sepaket, udah jadi bagian dihidup gue yang paling berharga.Gue masih nyetir tanpa tujuan. Hari ini ga ada wedding yang harus didatengin. Satu satunya tempat yang langsung kepikiran, kantor. Gue muter arah lagi, kayanya ketemu anak anak bisa balikin mood.
Sampe kantor, gue selalu dapet pertanyaan tentang kabar Kana dari para karyawan lama. Kana emang udah jarang banget ke kantor dari mau lahiran apalagi sekarang ada Rhean yang harus diurus. Biasanya buat tetep jaga silaturahmi, Kana suka undang para karyawan di hari weekend buat sekedar makan makan.
Sampe ke lantai tiga, gue liat Barly lagi siapin beberapa barang, Wendy sibuk sama PC nya, Rama lagi fokus liatin katalog, dan beberapa orang di sana yang sibuk sama aktifitas nya masing-masing, sampe ga ada yang ngeh gue dateng.
"Ternyata yang peka sama gue cuma anak anak lantai bawah."
Saat itu juga anak anak langsung berhenti dari aktifitas nya dan kompak nyapa gue. Satu satu nya orang yang paling heboh cuma Barly. Tuh anak langsung meluk meluk segala kaya udah puluhan tahun ga ketemu, padahal baru kemarin lusa gue sama dia ketemu.
"Kantor ngedadak cerah kalau bang Dallen datang!"
"Lo mah ngerayu biar dapet sponsor makan siang kan, Bar?"
"Hehe ngga lah bang. Lagian gue sama Rama bentar lagi mau keluar juga. Ada prewed."
"Lo sama Rama mau prewed?"
"Eee buset bang, jangan ngomong gitu kalau kejadian gimana?"
"Haha lagian lo bilang ada prewed. Motret dimana emang?"
"Hotel Hilton."
"Gue ikut deh, udah lama."
Sampe hotel Hilton, Barly sama Rama langsung prepare dan begitu datang klien mereka langsung eksekusi kerjaan. Gue dikasih pinjem kamera pribadi Barly, katanya biar ga bosen. Dasar. Dipikir gue anak kecil yang lagi nemenin bokap nya kerja kali. Tapi gapapa lah, bener juga kata Barly liatin mereka photo photo bikin gue gatel juga pengen motretin.
Gue motret beberapa spot di hotel, photo candid klien yang lagi dengerin arahan Rama, sampe gue juga motret Rama sama Barly yang lagi kerja. Gue inget banget keluhan mereka yang pengen punya photo candid yang keren waktu lagi nge-job dan jadilah gue ambil banyak photo mereka berdua tuh biar seneng.
Bener aja waktu lagi break nunggu klien ganti baju, Rama sama Barly seneng banget liat photo candid nya."Nah ini Ram, kaya gini maksud gue. Bang udah deh tiap ada projek ikut aja, terus motoin kita. Setuju kan Ram?"
"Parah lo Bar, nistain atasan. Tapi setuju gue."
"Asal lo tau bayaran gue berapa. Gue rela deh motoin kalian."
"Dasar otak bisnis." Keluh Rama bikin gue ngakak.
Singkat cerita waktu pemotretan hampir beres gue pamit duluan buat cari tempat makan yang enak. Liat kerja keras mereka hari ini, kepingin ngasih atau melakukan sesuatu buat mereka dan gue pikir dengan traktir makan, mereka bakal seneng.
Barly sama Rama punya peran penting buat usaha jasa ini, mereka udah ada pas usaha ini masih kecil, masih dapet projekan dari relasi terdekat aja, masih ngedit di kamar gue, padahal mereka bisa aja kerja di perusahaan lain, mengingat skill Barly sama Rama dari awal udah ga bisa diragukan lagi. Tapi mereka berdua milih buat ikut terus berproses dan berkembang bareng.Sampe basemen gue ketemu sama Marsha. Aneh banget, gue selalu ketemu Marsha di baseman mulu, ga mall, rumah sakit, sampe hotel.
Kali ini gue yang pertama liat Marsha, terlanjur liat ga mungkin ga gue sapa."Marsha!"
"Eh, hai Len. Bentar..." Marsha tiba-tiba ketawa. Gue gatau apa ada yang lucu atau gimana,
"Lo sadar sih ga, Len. Perasaan kita ketemu di baseman mulu haha.""Baru tadi gue sadar, Ca."
"Haha lucu ya. Lo baru datang?"
"Ngga. Gue mau balik. Habis nemenin Barly Rama kerjain prewed."
"Akhir akhir ini, Hilton emang banyak banget dipake prewed."
"Emang banyak spot keren disini. Yaudah deh gue balik ya Ca. Lo lagi ada urusan apa lagi staycation di sini?"
"Pengennya kalau ke sini staycation, tapi sayang malah seminar haha."
"Anggap aja seminar lo staycation."
"Dengerin orang ngomong mana bisa disebut staycation, Len."
"Haha yaudah, gue cabut, Ca."
"Iya Len. Hati-hati."
****
Gue pulang sekitar jam 22.00 habis traktir Barly sama Rama, gue ngikut Barly ke apart nya. Hari ini gue lagi ga mau balik cepet ke rumah, terlalu takut dengerin apa yang bakal Kana sampein lagi. Gue tau ini salah, bukannya dihadepin, gue malah ngindarin masalah. Tapi buat hari ini, atau mungkin beberapa hari gue butuh ruang sendiri dulu.
Masuk kamar, Kana udah nyaman sama tidurnya begitu juga Rhean yang tidur di box nya. Kata kata Barly terngiang lagi. Sedikit gue cerita tentang masalah pagi ini dan Barly nyuruh gue buat pertahanin Kana.
"Kalau lo emang bener bener sayang, pertahanin. Cewek itu bilangnya aja mau pergi tapi aslinya mereka pengen ngeperthananin dan pengen liat seberapa effort nya si cowok buat nahan dia."
Gue ngerti maksud dari omongan Barly tapi baru aja ada pemikiran baru yang muncul. Ini bukan tentang cewek yang pengen liat seberapa effort cowoknya buat pertahanin hubungan mereka. Gue rasa Kana pengen pisah karena dia ga pernah punya perasaan ke gue. Gue pernah bilang kan, ini pernikahan bukan cuma tentang gue. Gue bisa bertahan bareng perasaan yang ga akan pernah Kana bales, tapi mungkin susah buat Kana untuk bisa tinggal satu atap bahkan hidup bareng dengan orang yang sama sekali ngga dia cintai.
Rasanya gue pengen nanya ke Kana, apa dia punya perasaan ke gue meski sedikit? Apa selama tinggal bareng Kana ga pernah ngalamin sport jantung kaya gue? Apa gue ga cukup baik sampe ga bisa ambil perhatian Kana? Apa gue kalah sama orang yang udah mati? Bang Darrel yang udah ga ada tapi masih melekat di hati Kana, sedangkan gue yang hidup, yang masih bisa terus ngelakuin hal konkrit buat dapetin hati Kana, ga pernah sama sekali berhasil.
Kana, gue harus apa?
KAMU SEDANG MEMBACA
LIKA LIKU DALLEN
RomanceMenikahi Kanara, nyemplung ke bisnis catering, sampe cinta bertepuk sebelah tangan. Ini tentang Dallen dengan segala yang dia hadapi. Caranya melihat masalah sampai menyelesaikannya. ❗ DISCLAIMER ❗ HANYA CERITA RINGAN, MINIM KONFLIK, DAN TIDAK BAIK...