22. BEGADANG

73 7 0
                                    

Sekitar pukul 21.00 tiba-tiba rumah di rusuhin sama orang yang mencet bel berkali-kali. Diintip dari cctv lewat ponsel, gue liat tiga orang pemuda pelakunya.

"Siapa?"

"Gatau. Aku keluar dulu."

"Dallen."

"Apa?"

"Kamu ga ikut geng gengan kan?"

"Ngaco. Ngga lah. Mungkin mereka dari tarka."

"Ohh soalnya aku liat liat kamu akrab banget sama pa Badrul dan kawan-kawan nya."

"Kana, mereka tukang ojek bukan geng motor. Udah, aku keluar dulu."

Selera humor Kana kadang bikin gue kesel ditambah ekspresinya yang lempeng waktu ngeluarin jokes minta dijitak.

Gue keluar rumah buat nyamperin tiga orang yang udah ga sabaran itu. Begitu buka pager, satu cowok langsung nyosor pegang pundak gue.

"Bang! Itu cctv yang nyorot ke jalan, nyala?"

"Nyala. Kenapa ini?"

"Motor saya ilang bang, mau ikut cek cctv. Moga keliat pelakunya."

Gue langsung bawa tiga orang itu buat liat monitor cctv di ruang kerja biar lebih leluasa dibanding harus liat di ponsel.
Ternyata sekitar 10 menit yang lalu kita liat si pelaku pake hoodie item dengan gampang bawa motor. Buat tampang pelaku ga bisa diliat jelas, karena posisi cctv gue cuma nyorot ke punggung nya doang.

"Udah dah, lapur ini." Ucap salah satu temen korban.

"Bener. Yaudah bang, makasih banyak. Maaf repotin malem malem gini." Korban angkat suara.

"Sama-sama. Ga coba lapor polisi dulu?"

"Percuma kaya nya bang. Pasti susah."

Akhirnya mereka bertiga pamit. Gue anterin sampe depan gerbang. Setelah balik, kunci pintu, seperti biasa Kana selalu kagetin gue dengan tiba-tiba ada di depan gue. Kana langsung nyerang dengan pernyataan nya.

"Komplek kita udah ga aman, Dallen. Aku jadi takut. Ada satpam komplek juga percuma."

"Ya, mungkin selain lagi sial ini juga karna mereka teledor. Itu orang lupa cabut kuncinya. Jadi, selama kita hati-hati seenggaknya meminimalisir kejahatan."

"Semoga rumah kita aman aman aja."

"Iya. Bentar, hp aku ketinggal di ruang kerja. Aku ambil dulu."

Gue balik ke ruang kerja buat ambil ponsel. Tiba-tiba ngerasa penasaran sama kelakuan Kana kalau gue ga di rumah. Gue duduk mantengin monitor cctv, klak klik klak klik mundurin cctv. Sampe gue liat Kana di jam 01.27 malem, Kana ada di ruang tengah sambil gendong Rhean. Gue coba liat yang lainnya lagi, dan di hampir jam yang sama gue liat Kana gendong Rhean tengah malem.

Selama ini gue kira Rhean ga pernah bangun atau nangis tengah malem, karena emang gue ga pernah keusik. Pantes aja ga keusik, teryata Kana selalu bawa Rhean ke ruang tengah tiap nangis. Gue jadi merasa bersalah. Tiap malem Kana kebangun, sedangkan gue malah enak tidur dan ngira semua malem kelewat tenang.
Gue juga maki diri sendiri yang ga peka sama Kana. Sekarang gue baru sadar kenapa tiap kita lagi sarapan pasti aja Kana nguap terus.

"Dallen." Kana nongol.

"Iya? Kenapa, Kana?"

"Kamu lagi ngerjain sesuatu kah?"

"Ngga. Kenapa?"

"Aku mau manggang schotel, kamu mau ga?"

"Mau. Biar aku aja yang manggang."

"Gausah. Kamu mending ke kamar temenin Rhean."

"Yaudah."

****

Malemnya gue kebangun sama alarm yang gue pasang sengaja di jam 01.35
Persis dugaan gue, Kana ga ada di tempat tidur dan Rhean juga ga ada di box. Gue maksain diri buat bangun dari kasur, nahan mata perih karena masih ngantuk tapi itu ga ada apa-apanya dibanding Kana yang belakangan ini sering bangun gendong Rhean.

Kana lagi di ruang tengah, lagi mau simpen Rean ke stroller. Itu anak nangisnya kaya pake tenaga dalem.

"Kana."

"Loh Dallen. Kebangun gara gara tangisan Rhean ya? Sorry."

"Sini biar aku yang gendong."

"Yaudah gendong bentar, aku mau bikin susu dulu. Rhean lagi ga mau asi kayanya."

Kana nyerahin Rhean ke gue, terus ngacir ke kamar ga lama keluar lagi sambil bawa dot, ngacir lagi ke dapur. Ga kebayang tiap malem Kana repot sendiri, terus Rhean nangis, dan gue malah tidur. Gue jadi ngerasa bersalah dan tiba-tiba pengen punya kekuatan buat ngulang waktu biar tiap malem pas Rhean kebangun sambil rewel gue ga biarin Kana ngadepin sendiri.
Ya, meski gue yakin ga bisa bantu banyak buat bikin Rhean berhenti rewel, seenggaknya gendong Rhean kaya gini bisa sedikit meringankan Kana.

Udah beres bikin susu, Kana nyuruh gue buat balik ke kamar lanjut tidur. Tapi gue nolak, gue bakal balik tidur kalau Rhean udah tidur juga. Mana tega balik tidur biarin Kana begadang sendiri.

Gue tetep gendong Rhean, keukeuh ga mau nyerahin ke Kana. Jadilah kita hadep hadepan karena Kana megangin dot dengan Rhean yang masih di gendongan gue.
Suasana hening cuma ada suara Rhean yang nyedot dot dengan rusuh, gue sama Kana ga ada ngeluarin suara lagi setelah rebutan gendong Rean.

"Besok besok bangunin aku. Jangan repot sendiri."

"Jam tidur kamu nanti kepotong, paginya kan kamu harus kerja. Kalau aku tiap hari di rumah."

"Tiap hari di rumah juga, ga boleh jadi kurang tidur. Udah sekarang kamu tidur, biar Rhean sama aku. Bentar lagi juga kayanya tidur."

"Ngga, Dallen. Aku baru bisa tidur kalau Rhean udah tidur."

Rean ngelepasin dot nya. Tapi masih belum merem, ini anak malah celingak celinguk. Kana malah ajak ngobrol Rhean bikin gue yang liat senyum senyum gemes sendiri.

Tiba-tiba...

"Cobain." Pinta Kana.

"Apanya?"

"Ngobrol sama Rean. Jangan cuma bisa ciluk ba ciluk ba doang."

"Rhean masih belum bisa jawab juga."

"Gapapa nanya sendiri, jawab sendiri. Biar ga kaku."

"Iya nanti dicoba."

"Sekarang!"

Kana ngasih tatapan intimidasi. Gue jadi serasa balik ke jaman kuliah ngadepin kating. Serasa lagi di ospek.

Tarik napas.

"Hey Rean, jam berapa ini? Jam dua pap. Pinter, tau artinya apa? Tidur ya pap. Bener, yu sekarang tidur."

Plak

"Masa jawaban suara Rean bapa bapa. Kesel deh! Mana flat, yang ada Rhean takut sama kamu."

"Kana, aku ga bisa kaya kamu."

"Karna kamu ga terbiasa, Dallen."

"Ya maaf. Nanti latihan lagi."

Kana ga respon ucapan gue lagi. Doi lebih milih ngajak ngobrol Rhean, nyebut nyebut gue bapak robot ke Rhean gara gara ga lulus ujian ngajak bayi ngobrol.

Kana gatau, buat kaya tadi gue kudu muter otak cari topik. Boro boro mikirin intonasi dan lainnya. Udah ngomong lancar gitu aja, syukur.
Gue ga terlalu bisa main sama anak kecil, apa lagi ini masih bayi. Waktu Dania kecil juga dia lebih deket sama bang Darrel gara gara bang Darrel bisa diajak main seru beda sama gue yang lebih milih liatin buku atlas dibanding harus pura pura cobain masak masakan nya Dania.

"Main sama ka Dallen tuh ga seru, pengen udahan terus!" Ucap Dania waktu kelas 5 SD.

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang