Malam pertama gue sama Kana dilewati dengan mengheningkan cipta. Gue merasa energi gue habis karena ketemu banyak orang. Nyapa sana sini, ngobrol basa basi, belum lagi beberapa rangkain acara yang udah di lewatin. Gue juga ga nyangka ternyata bakal sebanyak itu yang datang apalagi bukan cuma dari relasi gue atau Kana aja yang dateng, orang tua sama mertua gue juga ikut andil dalam mengundang relasi relasinya. Makanya selama acara kadang gue bingung liat orang-orang, gue lupa sama orang yang gue kenal tapi gue malah so kenal ke orang yang ga sama sekali gue kenal (salah orang)
Di sini Kana yang paling banyak ngundang orang. Kalau di bentukin presentasi sih, hampir 50% di dominasi relasinya, 40% nya relasi nyokap bokap plus sudah termasuk mertua, sisanya 10% itu bagian gue. Bukannya gue ga punya banyak temen, semenjak ponsel gue hilang dan ganti nomer gue ga tergabung grup grup alumni atau semacamnya. Jadilah gue cuma ngundang beberapa temen SMA yang kadang masih kontakan, temen-temen kuliah, anak-anak kantor, dan beberapa mantan yang gue inget. Gue juga ga sekreatif Kana yang nyebarin undangan online ke temen-temen lewat dm Instagram.
Kana udah ada di alam mimpi, doi tidur munggungin gue. Mendadak gue ga ngantuk padahal pas acara resepsi gue mati matian nahan ngantuk dan minum kopi tapi tetep aja. Mungkin reaksi kopi baru terjadi sekarang. Gue buka ponsel, ada chat masuk dari mama berisi wejangan dan doa nya. Gue merasa sedih, tapi bukan full karena isi pesannya, melainkan ngeliat photo profil yang mama pasang. Photo keluarga kami.
Mama, papa, duduk di sofa dengan di belakangnya Dania yang berada di antara gue dan bang Darrel.Gue anak tengah. Dania adik gue, sedangkan bang Darrel ya udah pasti abang gue. Tapi dua bulan yang lalu bang Darrel kecelakaan dan tidak terselamatkan. Gue ada disamping bang Darrel di saat terakhirnya. Dalam ruangan penuh mesin dan bau khas bang Darrel nyampein sesuatu.
Bang Darrel nitipin anaknya yang lagi di kandung sama Kana!Kaget?
Kalau ngga gapapa. Tapi gue waktu itu kaget bukan maen. Gue masih harus dengerin apa yang yang bang Darrel sampein dengan suara yang kadang ga jelas sekaligus dengan pemikiran gue yang udah kacau kesana kemari. Bang Darrel ga nyuruh gue buat nikahin ceweknya yang udah dia pacarin tiga tahun, bang Darrel cuma nyuruh gue buat mastiin Kana ga gugurin anak yang di kandungnya.
Waktu itu gue ga berani speak up ke siapapun. Posisinya keluarga gue masih berduka, gue juga ga berani buat nanya dan mastiin lagi ke Kana, doi juga pasti lagi sedih bukan maen ditambah kalau emang bener dia lagi ngandung anak abang gue, berat banget pastinya.
Akhirnya gue baru berani ngomong di hari ke-7 dari abang gue wafat. Beres tahlil gue ikutin Kana yang lagi ke dapur. Gue gabisa diem lebih lama lagi, tiap malem gue dibuat insom gara-gafa ini!
"Mba Kana.."
"Iya Len?"
"Bener mba Kana lagi hamil anak bang iel?"
Gue masih inget banget ekspresi Kana saat itu. Tapi gue juga ga kalah lupa dengan kedatangan nyokap dan dengerin ucapan gue terus nabok punggung dan ngomel. Akhirnya setelah tamu udah pulang, gue di sidang untuk mempertanggungjawabkan ucapan gue.
Sidang meja persegi pun dimulai. Gue kembali jelasin apa yang bang Darrel sampein saat itu. Papa cuma mijit mijit pelipisnya, mama yang sedari tadi saling memeluk sama Dania mulai berdiri dan duduk deket Kana. Mama meluk Kana minta maaf atas kelakuan bang Darrel, barulah Kana ngomong."Maafin Kana mah, pah. Aku sama Darrel bikin kecewa, kita udah jauh diluar batas. Maafin Kana. Jujur emang di awal Kana tau hamil, Kana pengen ilangin anak ini karena Kana bingung, takut, tapi Darrel terus yakinin, kalau semuanya baik-baik aja. Makannya waktu itu kita tiba-tiba pengen majuin tanggal pernikahan. Tapi sekarang, Kana sadar dan ga pernah kepikiran lagu buat hilangin anak ini. Maafin Kana."
"Maafin Darrel juga ya sayang. Sekarang kamu malah harus nanggung sendiri. Mama, papa kamu udah tau?"
"Belum. Kana masih takut."
"Nanti mama sama papa bantu ngomong. Kita kesana."
Gue sedih woy! Saat itu gue langsung inget Dania. Gimana kalau kejadian itu terjadi pada Dania? Gue gabisa bayangin tapi terus terbayang. Tiba-tiba gue merasa semua orang lagi natap gue, dan bener aja. Mama, papa, Dania natap gue, kecuali Kana yang masih nunduk.
"Ael bilang apa lagi, Len?"
"Itu aja pah, udah."
"Yakin?"
"Iya, apa lagi emang?"
"Ael ga nyuruh kamu buat nikahin Kana?" Mama nimbrung.
Dan, disitulah usul yang asal mulai keluar. Mama mulai membahas rencana pernikahan bang Darrel dan Kana yang sudah 80% itu selebihnya gue lupa mama ngomong apa, waktu itu gue sibuk dengan pikiran gue sendiri. Gue cuma menangkap garis besarnya kalau orangtl tua gue pengen gue nikahin Kana.
Satu yang bisa diuntungkan adalah, bang Darrel sama Kana bukan tipe orang yang selalu mengumbar hubungannya. Tiga tahun pacaran, cuma story story ala private, begitupun di feeds masing-masing. Cuma orang-orang yang deket bener yang tau kalau mereka pacaran. Menurut gue ini untung, zaman sekarang lebih kejam. Orang-orang bisa sesukanya kasih komentar kejam ke orang yang ga kenal sama sekali, dan gue ga mau itu terjadi pada Kana si anak sosmed banget.
Kalau gue sih free aja, toh selama ini jomblo juga. Kalaupun posting tiba-tiba nikah mereka ga akan fokus ke istri gue, tapi ini bakal beda kalau Kana posting sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan nya, kecuali muka gue di blur. Maka tidak pernah munculnya wajah bang Darrel di sosmed Kana bagi gue ini menguntungkannya.Udah cukup flasback nya. Gue ngantuk mau meluk Kana tapi bisanya cuma guling. Sekarang kalian tau Kana lagi hamil kan? Nah gue bingung apa gue bisa melakukan itu apa ngga. Makannya yang terjadi di malam pertama kami hanya mengheningkan cipta dan tidur sesuai gaya nya masing-masing.
KAMU SEDANG MEMBACA
LIKA LIKU DALLEN
RomantizmMenikahi Kanara, nyemplung ke bisnis catering, sampe cinta bertepuk sebelah tangan. Ini tentang Dallen dengan segala yang dia hadapi. Caranya melihat masalah sampai menyelesaikannya. ❗ DISCLAIMER ❗ HANYA CERITA RINGAN, MINIM KONFLIK, DAN TIDAK BAIK...