KEBODOHAN

166 4 1
                                    

"BERBOHONG ITU MUDAH, MEMPERTAHAN KAN KEBOHONGAN ITU YANG SULIT"

ost.TULUS-DIRI

*

*

*

"kamu sudah pernah USG sebelumnya?" tanya dokter itu, "belum dok" jawab el singkat. "baik, berarti kamu belum mengetahui jenis kelamin calon bayi kamu ya?".. tanya lebih lanjut dokter itu, "iya" kembali el menjawab dengan singkat. "kamu bisa lihat di layar itu, ini ada kakinya, ini tangan nya, ini kepalanya, untuk jenis kelamin nya kita bisa lihat bahwa ini anak lelaki ya bu" terlihat gambaran sosok anak kecil yang mungil di layar monitor, hidungnya yang mancung, kakinya yang terlihat hampir sempurna, tangannya yang menekuk seperti terlipat, kepalanya yang hanya terlihat dari samping membuatnya dengan jelas melihat sketsa gambar dari calon bayinya nanti.

el tidak mampu menahan airmatanya, lagi-lagi ia meneteskan airmata setelah memandangi sketsa yang ada di hadapannya itu. ia kembali mendengar detak jantung yang berasal dari janin yang ada di dalam perutnya.

"berat bayinya cukup kecil dari ukuran yang seharusnya ya bu, untuk saat ini usia kandungan ibu sudah memasuki 25 minggu dengan berat janin 500 gram, seharusnya di usia ini bayi sudah memiliki berat 660-700 gram, namun bukan hanya itu masalahnya, apakah ibu terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan rokok?" el cukup terkejut dengan penjelasan ukuran janinnya tidak normal di tambah dengan pertanyaan bahwa dirinya mengonsumsi alkohol dan rokok, ia sempat takut untuk menjawab namun "ia sejak saya tahu bahwa saya hamil saya terlalu banyak meminum alkohol dan menghisap rokok" jawab el dengan tegang,

"ia saya bisa melihat adanya masalah pada janin di dalam kandungan ibu, saat ibu hamil meminumnya, alkohol masuk ke aliran darah dan dapat menembus PLASENTA, sehingga janin dalam kandungan juga dapat meminumnya." "jadi bayi saya juga bisa meminum alkohol yang saya minum selama ini dok?" tanya el memotong penjelasan dokter tersebut.

"alkohol sebenarnya akan di pecah di dalam organ hati. Namun, karena hati janin masih dalam tahap perkembangan, kemampuan organnya dalam memecah alkohol belum sempurna, saat ini usia kandungan ibu hampir saja selesai dari trimester kedua, saya hanya bisa mengingatkan bahwa dalam jumlah kecil pun, konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran hingga 70%. itu benar-benar berbahaya bagi janin.

sama juga dengan alkohol, rokok pun mengandung NIKOTIN yang dapat menyebabkan terganggunya aliran darah ibu untuk janin, sehingga pasokan oksigen dan nutrisi dari ibu ke janin pun terganggu. hal ini yang menjadi penyebab terbesar berat bayi lahir rendah hingga lahir prematur" jelas dokter itu dengan panjang agar el dapat mengerti bahaya dari apa yang selama ini ia konsumsi.

dokter juga menjelaskan bahwa janin yang ada di dalam kandungan el mengalami pertumbuhan yang melambat, serta ada masalah di rahim serta plasentanya.

"saya pernah di berikan obat penguat kandungan saat usia kandungan saya masih sekitar 20 minggu dok, saya berpikir itu bukan masalah besar" jelas el. bagi ibu yag sedang hamil mendengar adanya masalah dalam kandungan bukan lah hal yang mudah walaupun kandungan el bukan lah keinginan nya.

el merasa bersalah pada janin yang ada di perutnya, ia menangis dengan perasaan gagal dalam menjaga bayi itu, ia merasa selama ini tindakan nya terlalu egois dengan hanya memikirkan dirinya sendiri dan tenggelam dalam rasa sakitnya hingga lupa ada bayi yang tengah menerima dampak dari apa yang ia alami.

"pemberian obat penguat kandungan untuk mencegah keguguran, dan biasanya di berikan di awal kehamilan untuk mengantisipasi kematian janin" jelas dokter itu yang semakin membuat el terkejut dengan pernyataan bahwa selama ini ia kurang memahami dari segala yang dokter lain informasikan, ia menjadi tak acuh akibat masalahnya dengan agam, yang tanpa sadar ternyata banyak hal buruk yang terjadi dalam kandungannya yang baru saat ini ia ketahui.

"kita lihat perkembangan janin 2 sampai 3 minggu kedepan jika tidak kunjung ada perkembangan saya menyarankan untuk pengambilan tindakan lahir prematur pada janin karena jika tidak janin akan meninggal karena tidak bertumbuh dalam perut" ini adalah fakta buruk yang sangat mengejutkan bagi el, di mana bayi yang baru berusia kurang dari 7 bulan harus lahir dengan prematur karena pertumbuhan yang lambat dan banyaknya masalah dalam rahim.

el menerima banyak sekali obat kali ini. ia menuju parkiran namun "EL" teriak seseorang dari belakang nya yang ternyata tante melda yang terlihat tengah menunggu penjelasan el.

mereka duduk di sebuah kursi di halaman belakang puskesmas .

"jadi bagaimana bisa keadaan kamu hamil dengan tante pun tidak tahu el?" tanya tante melda yang membuat el tertekan dengan harus mengingat ulang kejadian di masalalu nya itu.

flash back on

*

*

*

"aku tidak ingin di periksa sama tante, apa bisa kita mengganti dokter lain?" tanya el yang masih terkejut bahwa dokter yang akan memeriksanya itu adalah keluarganya sendiri.

tak pernah terbayang olehnya bahwa kebohongan yang sudah ia tutup rapat perlahan mulai terbongkar, ia takut bahwa tante melda akan langsung memberi tahu ibunya tentang keadaannya saat ini, itu akan menimbulkan masalah yang lebih besar nantinya.

"sebenarnya tidak bisa el, tapi jika kamu tidak nyaman tante yang periksa akan tante panggilkan teman dokter tante yang lain, namun tante akan disini karena kamu adalah pasien tante, jadi tante harus tahu kondisi kamu, terlebih kamu juga ponakan tante kan" pinta tante melda yang merasa khawatir dengan keadaan ponakannya , mungkin karena ia lebih dahulu melihat catatan yang di tinggalkan oleh perawat sebelumnya yang menjelaskan bahwa kecurigaan adanya masalah pada kandungan el yang terlihat saat cek darah kemarin.

saat dokter lain memeriksa el, betapa terkejutnya el dan tante melda saat mendengar penjelasan dokter.

saat keluar ruangan dokter lain itu mengajak tante melda untuk berdiskusi tentang keadaan el, sedangkan el keluar untuk menebus obat.

saat pembicaraan itu hampir selesai dari kejauhan tante melda melihat el yang akan menuju parkiran, ia bergegas menyusul el dan mengajak el berbicara di taman

*

*

*

flash back off

"sepertinya tante tidak perlu tahu tentang masalah aku, dan aku minta untuk tante jangan memberi tahu mama tentang keadaan aku sekarang" pinta el yang terlihat pura-pura tegar saat di tanya tentang keadaannya.

"jadi mama kamu juga belum tahu tentang kehamilan kamu, bagaimana mungkin? kalian serumah namun mama kamu tidak menyadari bahwa anak perempuannya tengah mengandung?' tante melda kembali di kejutkan dengan pernyataan el.

"iya mama belum tahu tentang keadaan aku tan, sebenarnya mama sudah curiga namun aku bisa mengakali agar kecurigaan mama tidak menjadi benar" jelas el dengan sembari menahan airmatanya.

"kamu tidak bisa terus seperti ini el, keadaan janin kamu itu cukup mengkhawatirkan jika mama kamu tidak tahu tentang keadaan kamu siapa yang akan jadi wali kamu saat tindakan di ambil?" tanya tante melda yang memikirkan dampak dari apa yang tengah el sembunyikan, el berbohong bukan hanya kepada dirinya namun juga kepada keluarganya, walaupun kita sama-sama tahu keluarga el bukanlah keluarga yang cukup memahami keadaan el namun, kebohongan yang disimpan oleh el hanya akan membuat dirinya semakin terjebak sendirian.

bagaimana chapter kali ini guysss

bahaya juga ya saat hamil kita mengonsumsi alkohol dan rokok, ini peringatan bagi wanita di luar sana sih, baik yang belum menikah ataupun yang sudah akan memiliki calon buah hati. di mana dampak buruk dari apa yang kita konsumsi bukan hanya akan berdampak ke kita tapi juga ke anak yang ada di dalam kandungan.

jangan lupa like, komen dan share ya guysss agar calon ibu di luar sana bisa membaca seberapa buruknya alkohol dan rokok bagi janin.

  I AM PREGNANT (ON GOING)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang