chapter 02

963 87 59
                                    

Saat ini triple N sedang berada di masjid Al ikhlas dengan posisi Nadin dan Nadira yang ada di posisi shaf paling depan untuk mendengarkan ceramah, sedangkan Nathalia ia berdiri di paling depan sambil memegang microfon.

"بسم الله الرحمن الرحيم"

"السلام عليكم ورحمة الله وبركاته"

"حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ"

"اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ"

"Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatu," balas orang-orang dengan serempak

"Kaum muslim dan musliman, sholawat dan salam yang selalu kita limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Saw dan dengan rahmati Allah SWT kita dapat mengikuti kajian hari ini ." ucap Nathalia membuka acara kajian tersebut

"Di setiap harinya, ada banyak sekali nikmat yang telah dianugerahkan Nya kepada kita. Mulai dari kita bangun tidur, sampai tidur kembali. Bahkan saking banyaknya nikmat tersebut, kita tak kan mampu menghitungnya satu persatu."ucap nya  memulai tawsia.

"Mulai dari nikmat hidup sehat, mempunyai rumah, nikmat iman, nikmat akal, dan lain sebagainya. Masyaallah.." menjeda ucapan nya.

"Banyak nya nikmat yang telah diberikan Allah seharus nya membuat kita menjadi hamba yang bersyukur, karena dengan syukurlah akan Allah tambahkan nikmat Nya."

"Saking banyak nya nikmat tersebut, Allah tidak akan bisa menghitungnya. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan di dalam Quran surah al-Nahl ayat 18 yang berbunyi."

Nathalia pun membaca kan sepotong ayat di atas dengan sangat merdu nan indah.

"وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ"

"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang." kemudian Nathalia menyambungkan dengan artinya

"Dalam ayat tersebut dijelaskan, bahwasa nya Allah akan menambahkan nikmat Nya ketika kita hidup dengan rasa syukur kepada Allah. Secara umum, syukur terbagi menjadi 4. Yakni syukur lewat ucapan, syukur dengan lisan, syukur lewat hati, dan yang terakhir adalah syukur lewat anggota badan."

"Syukur lewat ucapan yang dimaksud dengan syukur lewat ucapan, ialah senantiasa memuji Allah dan menyebutkan nikmat-nikmat Nya kepada manusia lain."

"Kedua, syukur dengan lisan, adapun cara yang bisa dilakukan ialah dengan terus berdzikir dan berusaha memperbanyak dzikrullah, atau berdzikir kepada Allah. Dalam hal ini, Aisyah menyebutkan, bahwasanya Rasulullah selalu berdzikir setiap kali ada kesempatan semasa hidupnya."

"Ketiga, syukur dengan hati, yang dimaksud dengan syukur hati ialah dijelaskan di dalam Qs. Al-Nahl ayat 53."

"وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ"

"Yang artinya, dan segala nikmat yang ada padamu berasal dari Allah. Maka ketika kamu ditimpa kesengsaraan, maka hanya kepada-Nya lah kamu meminta pertolongan."

"Keempat, syukur dengan anggota badan, yaitu dengan selalu melaksanakan perintah Nya, dan menjauhi larangan Nya. Bersyukur adalah amalan yang mudah diucapkan, tapi sulit dipraktekkan. Berapa banyak di antara kita yang lisannya sibuk berkata ‘Aku bersyukur’ padahal dalam hatinya penuh kebencian? Ntah itu dikarenakan iri dengan nikmat yang diberikan Allah kepada orang lain, atau yang lainnya? Na’udzubillah. Sesulit apapun kita bersyukur, kita harus tetap berupaya melakukannya ya."

Couple To Jannah  {Terbit}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang