Healing adalah penyembuhan atau pengobatan diri. Hal ini berkaitan dengan penyembuhan psikologis jiwa, perasaan, batin, dan pikiran pada seseorang. Ketika ketika seseorang ingin menenangkan diri dari masalah yang ia hadapi.
Banyak yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri, tentunya ke arah yang positif. Seperti halnya Nora. Rutin terapi ke dokter psikiater dan akhir-akhir ini melakukan yoga.
Nora rutin melakukan yoga di rumah tentunya didampingi seorang instruktur yoga profesional. Melakukan latihan pernapasan, meditasi serta pose dan gerakan untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.
Biasanya Nora melakukan kegiatan tersebut bersama Dokter Amanda jika wanita itu memiliki waktu luang. Seperti halnya hari ini.
1,5 jam lamanya mereka melakukan yoga. Setelah sesinya berhenti mereka beristirahat, mengobrol ringan dengan sang instruktur lalu tersisa Nora dan Amanda setelah sang instruktur yoga pamit.
Nora mengelap keringatnya seraya menghembuskan nafas panjang. Amanda mengamati wanita itu dan tersenyum tipis. "Are you okay?"
Nora balas menatap Amanda kemudian mengangguk. "I'm totally fine."
"Ini." Amanda menunjuk kepalanya sendiri, kemudian turun ke dadanya. "Dan ini, udah gak saling ribut?"
Kali ini Nora tak langsung menjawab. "Aku masih bermimpi buruk."
"It's okay. Gak ada yang instan, bukan? Semuanya harus berproses, asalkan kamu gak nyerah." Amanda menepuk pelan punggung tangan Nora. "Dan kalau kamu bermimpi buruk, kamu inget kan apa yang harus kamu lakukan?"
Nora mengangguk. "Relaksasi. Tarik nafas dalam-dalam, tahan sejenak kemudian menghembuskannya secara perlahan."
"Abis itu kamu kembali tidur?"
Nora menggeleng. "Anxiety-ku biasanya kambuh." Nora diam sejenak. "Apa aku harus konsumsi obat lagi?"
"Sejauh ini kondisi kamu perlahan baik-baik saja, Nora. Jangan cemaskan hal yang gak perlu dicemaskan. Kalau anxiety kamu kambuh, apa yang kamu lakukan?"
"Tarik nafas lagi. Terus pusatkan pikiran. Biasanya aku mikirin yoga." Nora tersenyum tipis membuat Amanda juga melakukannya. "Kalau belum mempan, aku nerapin metode tiga-tiga-tiga, seperti yang Kak Amanda kasih ke aku." Amanda mengangguk mendengarkan setiap perkataan Nora.
Metode 3-3-3.
Saat anxiety kambuh amati lingkungan sekitar dan sebut tiga benda. Kemudian sebutkan tiga suara yang mungkin sedang terdengar saat itu. Lanjutkan dengan menyebut tiga bagian tubuh, seperti jari, lengan, dan pergelangan kaki, sambil menggerak-gerakkannya dengan santai. Teknik ini dapat membantu menghentikan atau mengalihkan pikiran negatif yang membuat gelisah.
Hal tersebut selalu Amanda ingatkan pada Nora agar Nora tak lupa jika gangguan kecemasannya kambuh.
"Kamu gak melukis lagi?" tanya Amanda pada Nora.
"Aku gak ada gairah buat ngelukis lagi," ujar Nora lemah. Padahal melukis dulunya seakan bagian dalam kesehariannya selama kurang lebih empat belas tahun lamanya.
"Terus kamu punya hobi apa kali ini?" Amanda tersenyum menatap Nora yang terlihat berpikir. "Bukannya waktu tinggal di Bali, kamu mulai menanam bunga?"
Ah Nora mengingat tanamannya yang ada di sana. Biasanya ia menghubungi ART yang tinggal di sana untuk mengurus bunga-bunganya.
Tatapan Amanda mengamati area sekitar. "Kamu gak mau kembali menanam bunga disini?"
Nora ikut mengamati, lalu mengangguk-angguk.
Nora pun memutuskan untuk membuat taman di sekitar danau di belakang rumah. Memberitahu orang tuanya akan hal tersebut.
KAMU SEDANG MEMBACA
When He Loves Me
ChickLit|Sequel I Hate Men| I Hate Men.... But when he loves me, I feel peace and happiness... -Annora Shabira Satrio ▪︎Oct, Copyright ©2022 NanasManis