41

1.2K 217 11
                                    

"ke mixue beli boba... assalamualaikum"

krik krik..

Serius ini momen ter-krik krik. Sunghoon tuh bisa gak sih sehari diem aja, jangan ngelucu, jangan sok asik. Beneran dia itu bukannya mencairkan suasana tau, tapi malah bikin makin mencekam.

"Dari mana aja?" Tanya Heeseung dingin.

Parah sih. Sunghoon udah beneran bikin Heeseung tambah bad mood. Sampe di pojokan deket vas dua puluh lima juta, Jungwon berdoa supaya hadirnya Sunghoon gak membuat Heeseung lempar piring terus berubah jadi buto ijo lagi.

"S-santai bro. Boker tadi hehe. Monggo lanjut sarapannya, saya cuma m-mau ambil minum" jawab Sunghoon gagap.

Dia juga gak berekspektasi sampe Heeseung nyahut dengan nada yang jutek sekali seperti ibu hamil ngidam balapan di Mandalika. Galak pol.

"Kenapa? Kenapa lo boker jam delapan lebih lima? Biasanya jam delapan lebih tujuh kan? Kenapa?" Baru aja Sunghoon mau ngacir pergi, eh tangannya di tahan sama Heeseung terus ngelempar banyak banget pertanyaan.

Kirain Sunghoon ada Ujian Nasional nih saking rumitnya pertanyaan dari mantan pemenang turnamen congklak se-Kabupaten ini.

"Lah iya, pantes tai nya kurang haha.. Ha.. Ha.. bang plis gue capek" terus lanjut Sunghoon nangis di lantai.

Kalo ada kamera tersembunyi Sunghoon mau dadah dadah sambil ngesot pulang. Sayangnya amukan Heeseung itu suka kelewat batas. Yang lagi di musuhin siapa yang kena seluruh penduduk bumi.

Untung nih ya adik-adiknya yang berakhlak mulia itu pengertian sama dia. Sabar dan selalu mengayomi. Kalo kaga mah udah kemarin Heeseung di buang ke atlantis.

"Iya bang Heeseung nih, udah dong merajuk nya. Kan Jake udah minta maaf di atas materai, dia juga sekarang lagi mengurung diri guna merenungi kesalahan nya" bujuk Jay, kebetulan lewat habis ngasih makan ular piton nya.

Sunoo dan Ni-ki yang juga lagi nonton pertunjukan sirkus itu pun mengangguk setuju.

"Bener. Bang Jake kan udah tau kesalahannya dan udah berdamai juga. Dia janji gak bakal begitu lagi kan? Jadi kenapa bang Heeseung masih marah?" Kata Sunoo. Si paling sedih gak ada temen main Tamiya lagi di samping rumah, karena Heeseung ngambek mereka jadi gak banyak berinteraksi hari ini.

"Ck! Gue juga maunya gitu" sahut Heeseung.

"Ya terus?" Tanya Sunghoon kebetulan masih duduk sedih di lantai.

"Gue masih ngerasa gagal mendidik kalian" kata Heeseung tapi sekarang pandangannya ke sepiring nasi lagi tanpa ngelihat yang lainnya.

Semua jadi diam. Belum ada yang berani jawab perkataan Heeseung barusan sampai tiba-tiba Salma masuk dapur dan menghampiri Heeseung.

"Siapa yang bilang lo gagal?"

Yang tadinya pada saling pandang sekarang malah kompak ngelihat ke arah Salma.

Dia menepuk pundak Heeseung dan memandang wajah cowok belepotan habis makan buryam tadi.

"Salma?" Lirih Heeseung tapi masih kedengaran. Ya mereka kan kaga congek.

"Lo gak gagal. Malah menurut gue cara lo mendidik mereka itu bener-bener hebat" lanjut Salma tanpa peduli beberapa pasang mata udah mandang dia dengan sinar ultrafeng alias habis ini Salma harus segera menghilang.

Ya, mungkin sedikit motivasi pagi dari Salma aja. Karena jujur, sejak kejadian Jake dua hari lalu rumah mulai kayak dapur master chef, panas dan mencekam. Salma seneng sih mereka kaga rame kek pasar malem, tapi kalo tiap hari keadaan rumah begitu terus bisa mati Salma.

"Nenek buyut gue pernah bilang 'jangan jadikan satu kesalahan seseorang untuk menilai seluruh hidupnya' Jake itu anak yang baik, selama ini dia berjuang mati-matian untuk dapetin beasiswa ke Australia, tapi pas pengumuman nama dia gak ada dalam daftar"

Salma memotong kalimatnya. Napas dulu bray, capek nyerocos gak ada jeda dah kek rap nya Agust D aja.

"Yang gue tau sih dia ngerasa semua usahanya sia-sia makanya dia hilang akal dan ngelakuin hal bodoh kayak begitu. Saran gue jangan dulu ngambil keputusan tanpa lo tanya dulu alasan sebenarnya" sambung Salma panjang lebar.

Heeseung terdiam sama kayak yang lainnya.

Yang Salma bilang itu bener banget. Heeseung cuma fokus sama Jake yang nyebat ria dan minum-minum tanpa tanya dulu alasan si bocah ngelakuin hal-hal terlarang itu. Di sini jadi nya semua salah gak ada yang bener.

"Tapi perbuatan dia itu salah besar. Kalo memang dia pengen kuliah ke luar negri dia bisa bilang ke gue, kan gue bisa biayain semuanya" sahut Heeseung setelah hening beberapa detik.

"Tuh kan! Mulut nya gak bisa di kontrol. Heeseung, usaha sendiri mengandalkan otak dengan pake duit itu rasanya beda. Gue jelas tau maksud dari Jake itu apa, dia pengen berusaha sendiri untuk masuk universitas ternama di Australia tanpa mempergunakan kekayaan yang dia punya"

"Tau dari mana lo?" Sewot Jay tiba-tiba ikut nimbrung.

"Oh jelas tau dong. Bahkan kalian aja gak tau kan kalo Jake sering terlibat di banyak banget kegiatan sosial? Itulah kenapa gue bilang kalo lo itu gak pernah gagal mendidik adik-adik lo, Heeseung"

Setelah mendengar semua perkataan yang keluar dari mulut Salma, Heeseung dan lainnya bener-bener cuma bisa menutup mulut rapat-rapat.

Heeseung juga mulai menyadari beberapa hal. Tentang Jake yang pulang malem, Jake yang begadang, Jake yang suka tidur di luar, dan Jake yang paling suka main sendirian di kamar. Bukan karena dia nakal, dia cuma berusaha buat jadi yang terbaik. Untuk dirinya dan untuk orang lain.

"Salma"

Salma menoleh pada Heeseung lagi.

"Ya?"

"Gue harus apa sekarang?"

Mata Salma mulai terbelalak. Dia menatap Heeseung lamat-lamat.

Gak. Ini bukan saatnya nangis. Salma gak boleh menjadi gembel di depan mereka. Meskipun sekarang rasanya pengen banget teriak dan peluk semua manusia di bumi ini saking terharunya.

"Lo samperin Jake, lo dengerin semua penjelasan dia. Dan lo harus janji untuk jadi pendengar yang setia buat dia kedepannya" kata Salma sambil terus ngelihat ke arah Heeseung.

Heeseung mengangguk kemudian setelah membereskan makan nya yang tersisa, dia beranjak pergi, meninggalkan Salma dan juga yang lainnya.

Udah kelar akhirnya. Saatnya menjadi batu.

"Eh.. mau kemana lo?" Jay narik lagi lengan Salma pas Salma mau lari keluar.

Sambil garuk-garuk tengkuk, Salma senyum canggung.

"Maaf ganggu kalian lagi kumpul hehe.. g-gue tadi gak sengaja lewat hehe.."

"Hehe hehe. Jadi kemarin lo sebenernya bareng kan sama dia? Kenapa lo bohong?" sekarang giliran Sunghoon yang menghadang.

Mampus Salma. Ini baru puncak permasalahan nya, yang tadi mah cuma selingan.

Karena kehidupan Salma akan terus sama yaitu menjadi musuh anak-anak jahanam ini.




























✨ Pengasuh ✨

Pengasuh ; Enhypen ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang