Don't forget to vote, comment and follow.
Thank you🐝
ılıılıı
Usai mengelap meja pelanggan terakhir, dan merapihkan kursinya. Kayanala membuka tali apron nya dan melipat apron kerjanya di tangan. Setelah itu, ia berpamitan pada pemilik warung makan untuk pulang, menghampiri Kama yang tengah menyungut batang tembakau di atas motornya.
“Gue kira, lo boongan mau nungguin gue kerja.” Ucap Kayanala, Kama langsung membelakangi gadis itu, begitu asap rokoknya mengepul di udara.
“Jauh-jauh lo, gue lagi ngerokok.” Titahnya. Kayanala duduk di kursi kayu lusuh dekat motor Kama, menunggu laki-laki itu selesai dengan kegiatannya.
“Gue serius, selain mau cerita, karena gue emang gak tau lagi mau cerita ke siapa, kebetulan ada lo. Gue mau berbagi beban idup dah. Sama, bicarain soal kerjaan lo. Mana tau ada loker, gue butuh banget soalnya.” Lanjutnya tanpa menatap lawan bicara.
“Loker, ya?” Kayanala diam cukup lama. “Untuk saat ini, gue juga masih nyari sih, Kam. Nyari kerja part-time yang bisa nyesuain waktu sekolah kita itu gak gampang. Buktinya gue masih kerja disini, bantuin tetangga gue yang sibuk di jam tertentu. Dia butuh kerjaan disini buat sampingan. Jadi, karena gue emang butuh juga, walaupun hasilnya gak seberapa, gue niat bantuin dia kerja, sekaligus gue bantuin ekonomi keluarga.”
“Dapet berapa lo, sebulan, Nal?”
“Sehari nya, kalo gue kerja full ya empat puluh ribu. Berhubung gue cuma setengah kerja, gue dapet sehari nya lima belas ribu. Sebulan paling sering dapet tiga ratus sembilan puluh ribu, karena dipotong pas hari libur. Itu dua ratus lima puluh nya aja udah gue pake buat SPP sisanya buat pegangan gue selama sebulan.” Cetus Kayanala panjang lebar, diakhiri dengan helaan nafas frustasi yang panjang.
Ia meringis, “kok malah curhat, sih.”
“Sisanya, kurang lebih seratus empat puluh lah. Cukup lo, uang segitu buat sebulan? Dulu, waktu gue SD aja sehari lima belas ribu. Paling enggak, sebulan empat ratus lima puluhan, loh.”
“Ya, gue, uang jajan masih dikasih sama Ibu, kadang sama Abang. Jadi ya, uang pegangan gue itu, gue pake semisal pas akhir bulan, pemasukan menipis kan, ya. Atau kadang bengkel Abang gue lagi sepi, gue pake uang itu buat kebutuhan.” Keluh Kayanala.
“Pusing jadi lo, Nal.”
“Makanya itu. Eh, kok jadi gue yang cerita, kan, lo yang mau cerita, Kam?”
Kama nyengir, usai membuang putung rokoknya, ia turun dari motornya, mengambil posisi duduk di sebelah Kayanala. “Jujur aja ya, gue beneran gak tau mau cerita kemana lagi. Biasanya sih ke Oji, cuma gue liat, dia juga lagi pusing. Banyak masalah, kayaknya. Taun depan Bita masuk SMA, sedangkan penghasilan dia dari jualan bracket box motor juga kayaknya gak bakal cukup buat menunjang kebutuhan mereka. Gue gak mau nambahin beban dia lagi,”
“Iya, Akhir-akhir ini, dia suka ikut Abang gue ke bengkel. Nyari tambahan katanya,”
“Gue penasaran, orang-tua mereka kemana? Gue tau, Bunda udah gak ada. Tapi, Ayah-nya? Keluarga dari Bunda-nya atau Ayah-nya? Masa, gak ada satupun dari mereka yang, setidaknya ngasih ongkos buat jajan? Sumpah, kalo emang iya begitu, kebangetan sih.”
“Gue kenal Oji dari kecil, Kam. Tapi, gue juga gak tau keluarganya itu gimana. Gue cuma tau dia punya Bunda, meninggal dua taun yang lalu, karena kanker. Gue juga gak pernah liat Ayah atau keluarganya yang, paling enggak dateng setaun sekali pas lebaran. Tapi, enggak ada. Begitu Bunda meninggal, Oji waktu itu baru SMP. Dia jualan pulsa, minjem modal sama Rateja, kalo gue gak salah inget. Dulu, pas baru-baru nya Bunda nya meninggal, dia diajak tinggal sama Ibu gue. Pas, dia udah merasa mandiri, dia pulang ke rumah Bunda.”
KAMU SEDANG MEMBACA
7'Rotasi Mimpi ; Alstroe Arts Comunity
Roman pour AdolescentsSeperti pendar temaram lembayung senja di ufuk cakrawala. Setelah menggantungkan keindahannya di jumantara, dia pergi meninggalkan memori indah bagi siapa saja yang melihatnya. - 𝗔𝗟S𝐓R⍟E, 2023. ©kosakatakita 2023 Highest Rank 🏆🏅 #2 in Ryujin [2...