Segala puji bagi Tuhan semesta alam!
Aku bersyukur bisa menamatkan karya ini. Dengan diselesaikannya karya ini, aku benar-benar menutup masa menulisku. Jadi, kamu bisa mengatakan The Servant and The Nineteen Wardens of Hell ini adalah karya pertama sekaligus karya penutup untuk perjalananku di dunia menulis.
Naskah karya ini sudah ada di dalam memori sejak lama. Namun, aku tidak enak ketika harus pensiun sebelum menamatkan karya ini. Karena ini, aku sangat senang bisa menyelesaikan utangku yang hampir saja tidak kutunaikan.
Aku mengucapkan terima kasih kepada para pembaca dan teman-teman yang sudah mau menemani selama ini. Aku juga minta maaf atas kesalahan yang mungkin sering ditemui di novel ini. Namun, tak lepasnya dari manusia yang bisa melakukan kesalahan. Aku berharap bisa memperbaiki secepat yang kubisa.
Sebelumnya, aku ingin berbagi fakta menarik. Novel ini berlatar Indonesia. Namun, kamu pasti bingung di mana Surga berada? Kota-kota di novel ini tidak langsung kunamai dengan nama aslinya. Tapi, kalau kamu sadar, kamu bisa menebak letak beberapa tempat di novel ini.
Pertama, di mana Surga?
Surga di novel ini merupakan tanah suci. Sebagai orang Indonesia, kita tahu di mana kota suci kita. Hayo, kota-kota apa yang paling suci?
Nyerah? Our holy city is ... Kabupaten Kudus! (Kudus = suci; do you get it?)
Kota Kudus berperan sebagai Distrik Pusat dan Distrik Barat. Sisanya, daerah Kabupaten Pati juga termasuk ke dalam Surga, khususnya Distrik Timur dan Distrik Selatan.
Jadi, latar novel ini berada di Kota Kudus yang sudah berubah di masa depan. Sementara itu, Distrik Utara adalah Pulau Karimunjawa di 50 km utara Pulau Jawa.
Lalu, Kota Batu, tempat misi pertama Wafir sebagai tentara surga, terletak di barat daya Kota Kudus. Meski namanya 'Batu', sama dengan nama kota di Jawa Timur, Kota Batu bukan di Jawa Timur. Kota tersebut merujuk ke Kabupaten Demak yang terkenal atas peninggalannya pada masa Kerajaan Islam Demak dulu berdiri.
Kedua, aku mulai menunjukkan asal penghuni Surga. Distrik Pusat dikuasai oleh orang Kudus itu sendiri. Lalu, Distrik Barat diisi oleh orang Jabodetabek. Distrik Selatan diisi oleh Jawa Tengah bagian selatan dan Jogjakarta yang terkenal dengan budaya yang kental dan adab yang sopan. Distrik Timur berasal dari orang luar pulau dan beberapa asimilasi dari Jawa Timur dan Madura yang terkenal bermental keras.
Ketiga, kampung halaman Wafir yang bernama Kota Kawah. Ada yang bisa menebak? Di mana kota di Indonesia yang terletak di barat Kudus dan berbentuk kawah?
Jawabannya adalah Bandung.
Wafir dilahirkan di Bandung, begitu pula asal muasal Iblis. Kota ini dikelilingi oleh jajaran pegunungan di sekelilingnya. Karena itu, kota ini dinamai dengan Kota Kawah.
Bagaimana? Akhirnya bisa tidur tenang sekarang setelah satu tempat asli novel ini berlangsung? Terima kasih ya sudah mau membacanya, apalagi sampai di bagian ini. Oh iya, jika berkenan, silakan mampir ke karyaku yang lain:
1. MESS
Karya petualangan fantasi yang berlatar di alternate universe. Mengisahkan seorang remaja berdarah campuran MESS, menyelamatkan bumi dari keempat Kaisar---empat MESS terkuat---yang hendak memulai kiamat ketiga.
2. Apel Mana Lagi
Novel religi ringan yang bisa dinikmati semua umur. Menceritakan Rukya Ruhaji---anak pendakwah kondang yang manja dan sok pintar---yang harus memperbaiki akhlak penduduk desa yang isinya preman untuk mendapatkan kembali kehidupan mewah.
3. Postulate
Novel fiksi ilmiah distopia-spiritual yang menceritakan utusan Tuhan selain nabi yang diberi nama 'Postulat' untuk menakhlukkan tirani Sang Mata Satu yang tak terbinasakan dari muka bumi.
Jika belum mampir, aku menunggumu di sana.
***
Aku tidak bisa berlama-lama untuk mengucapkan salam perpisahan. Aku harus pergi agar teman-teman bisa melanjutkan hidup yang lebih baik. Aku harap, Wafir bisa menjadi teman yang baik selama mengarungi petualangan yang menegangkan di buku ini.
Tanpa mengurangi rasa hormat, aku pamit kepada semuanya. Sekali lagi, terima kasih sebesar-besarnya.
- rizkywahyufir
KAMU SEDANG MEMBACA
The Servant and The Nineteen Wardens of Hell
Fantasy[Reading List WattpadfantasiID Januari 2024] Diculik sebagai tumbal, Wafir---bocah naif yang selamat dari tenggelamnya separuh daratan bumi---harus membebaskan diri dari perbudakan untuk selamat dari kejaran 19 Penjaga Neraka. *** Di masa depan, kau...