"...until he was absolutely certain that every single person in the world loathed himーfor he, too, loathed them all in return."
- Grandmaster of Demonic Cultivation Vol. 4, Hal 143 -
Butuh tiga hari bagi Lan WangJi untuk sampai di Yiling. Ketika dia menginjakkan kaki di tengah pasar, tempat dia bertemu dengan Wei WuXian terakhir kalinya, kabar angin tentang bagaimana Wei WuXian dengan teganya membunuh kakak iparnya sendiri, Jin ZiXuan, telah sampai di telinga orang-orang Yiling. Lebih daripada itu, kabar mengenai bagaimana Kakak-beradik Wen menyerahkan diri mereka di Koi Tower juga mulai terdengar.
Lan WangJi yang kala itu sudah tidak terlihat sepanik ketika dia pertama kali mendengar kabar tentang Wei WuXian, datang menghampiri segerombolan orang yang tengah berbincang seputar permasalahan Yiling Laozu, Wen Bersaudara, dan sekte-sekte kultivasi yang mengamuk. Dia membuka mulut dan berkata, "Tuan-tuan sekalian, adakah dari kalian yang tahu keberadaan Yiling Laozu saat ini?"
Reaksi pertama dari orang-orang itu adalah tercengang. Belakangan ini, dunia kultivasi memang sedang dipenuhi dengan berita-berita absurd karena perbuataannya Yiling Laozu dan sisa dari sekte Wen. Namun, berita tetaplah berita. Orang-orang biasa itu menganggap dunia kultivasi adalah sesuatu yang jauh dari jangkauan mereka, mirip seperti cerita di buku fiksi yang pada akhirnya, hanya akan menjadi sebuah cerita dan tidak ada sangkut-pautnya dengan kehidupan mereka sehari-hari. Siapa sangka kultivator seperti Lan WangJi, dengan baju seputih saljunya, badan tinggi semampai, akan berdiri di hadapan mereka saat ini dan menanyakan tentang keberadaan dari Yiling Laozu. Sungguh absurd sekali.
Setelah tercengang beberapa saat, salah satu dari orang-orang itu kemudian menjawab, "Tuan muda, sebaiknya anda tidak mencari keberadaannya Yiling Laozu. Bahkan yang setara dengan kepala sekte Jiang WanYin saja tidak bisa mengalahkan Yiling Laozu."
Sesungguhnya, mereka tidak mengenali Lan WangJi. Dari penampilan dan pembawaannya, mereka tahu Lan WangJi adalah seorang kultivator dengan status yang tinggi, tetapi karena jarangnya Lan WangJi menampakkan wajah di acara-acara besar, tidak ada satupun dari antara mereka yang sadar kalau orang yang ada di hadapan mereka saat ini adalah 'Lan WangJi', salah satu dari lima kultivator muda berbakat yang kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Mereka kira Lan WangJi adalah murid dari salah satu sekte besar di dunia kultivasi, tetapi bakatnya belum bisa mengalahkan bakat dari kepala sekte Jiang WanYin itu sendiri.
Melihat temannya berkomentar, yang lainnya ikut menasihati, "Itu benar. Sudah banyak yang menjadi korban dari Yiling Laozu. Bahkan yang sekelas kepala sekte Jiang saja tidak bisa mengalahkannya. Sebaiknya anda pikirkan lagi kalau mau ke sana."
Seolah tidak bisa mendengarkan nasihat-nasihat itu, Lan WangJi justru menengadahkan kepalanya ke arah bukit Burial Mounds berada dan bertanya, "Apa dia ada di sana?"
Orang-orang itu saling bertukar pandang, bingung dengan reaksi Lan WangJi yang tak lazim. Salah satunya bahkan berpikir betapa kasihannya Lan WangJi, masih muda sudah tuli saja.
Akhirnya, salah satu dari orang-orang itu mewakili yang lainnya dan mengatakan, "kalau memang keputusan tuan muda sudah bulat, kami hanya bisa mengharapkan yang terbaik saja untuk tuan muda. Dari rumor yang beredar, dikatakan Yiling Laozu tidak berani keluar dari Burial Mounds setelah insiden pembunuhan tuan muda Jin. Bahkan bertindak sejauh mengirimkan kakak-beradik Wen ke Koi Tower untuk menyerahkan diri... benar-benar tindakan seorang pengecut. Tapi meski begitu, tuan muda, berhati-hatilah?"
Entah sejak kapan itu pastinya, orang-orang itu juga tidak sadar. Setelah memperingatkan Lan WangJi untuk berhati-hati dan memberikan salam kepadanya, ketika dia mengangkat wajahnya, Lan WangJi sudah tidak ada. Orang itu bahkan belum sempat menanyakan identitas Lan WangJi. Tetapi dari kejadian ini, bisa disimpulkan kalau Lan WangJi bukanlah kultivator sembarangan. Kemampuannya bisa saja sebanding dengan kemampuan kepala sekte Jiang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Segalanya Baginya
FanfictionFanfiksi ini ditulis sedemikian rupa untuk menggambarkan Wei WuXian dari sudut pandang seorang Lan WangJi berdasarkan novelnya; menceritakan tentang hari-hari ketika mereka bersama. Saya hanya terlalu mencintai Wei WuXian dan hubungan di antara kedu...