34. Sujud Tilawah

2.1K 320 102
                                    

Serial HAMASSAAD - 34. Sujud Tilawah

Penulis : Uniessy

Dipublikasikan : 2017, 18 Maret

-::-

Bismillaah...

"Perbanyaklah sujud kepada Allah. Sesungguhnya jika engkau bersujud sekali saja kepada Allah, dengan itu Allah akan mengangkat satu derajatmu dan juga menghapuskan satu kesalahanmu."

(HR. Muslim)

Kelar Dhuha di Jumat ini, Hamas selonjoran di atas tempat tidur di kontrakan Saad. Kelas libur karena tanggal merah, dan Hamas memutuskan untuk bertandang ke kontrakan Saad sebab malam nanti mereka hendak menghadiri kajian bersama.

Telinga caplang Hamas sayup-sayup mendengar alunan tilawah Saad yang merdu. Hamas bergerak, merebahkan diri dan memeluk guling yang tadi berada di bawah kakinya. Embusan angin sepoi-sepoi dari kipas angin yang menempel di dinding membantu Hamas untuk mulai terlelap. 

Tapi katupan matanya terusik  begitu Saad usai membaca; "Walillaahi yasjudu man fissamaawaati wal ardhi thow 'awwakarHawwa zhilaaluhummmbilghuduwwi wal aashool..." 

Kelopak mata Hamas membuka sempurna, lalu dilihatnya Saad menutup mushaf, meletakkannya di meja, kemudian turun dari tempat tidur. Mengambil posisi berdiri tegak, lalu bersimpuh .

Bersujud.

"Lah, lah, ngapa dah ini bocah?" Hamas mengangkat kepalanya, detik berikutnya dia duduk keheranan.

Kembali duduk di tempat semula, Saad mengambil mushaf lagi untuk melanjutkan tilawahnya.

"Lu baru dapet kabar bagus yak?" tanya Hamas serta merta. Menggeser duduknya, menyenggol pundak kiri Saad dengan lengan kanannya. "Weh, kabar apaan? Bagi-bagi dong kalau dapet kabar bagos!!!"

Saad melengos, mengusap kening hingga atas kepalanya, lalu menutup mushafnya sebentar.

"Apaan sih, Mas?" tanya Saad jengah. Hamas persis anak kecil yang kepo banget sama urusan orang.

"Itu," dagu Hamas terangkat sekilas, "barusan lu sujud syukur buat apaan?"

Saad diam sejenak, dan baru menyadari bahwa sujud yang ia lakukan barusan, ditebak Hamas sebagai sujud syukur.

"Tadi bukan sujud syukur," kata Saad, "tapi sujud tilawah."

"HAH?"

Hamas puyeng. Jenis sujud baru lagi tuh?!

"Apaan lagi dah tuh?" tanya Hamas lebih lanjut.

Saad menoleh, mendapati wajah cengok Hamas yang kocak bukan main. 

"Lo pernah ngga, pas shalat jamaah, dari sedekap, tiba-tiba langsung sujud?" tanya Saad.

Bola mata Hamas berputar ke atas, lalu kembali menatap Saad. Kepalanya terangguk spontan. "Ho'oh, pernah dah kayaknya beberapa kali gitu. Gue pikir ruku, eh yang lain pada sujud. Ya gue ikut sujud. Abis sujud, diri lagi. Gue kirain itu aliran apaan, hahaha... Tapi kan lau juga pernah imaman terus kayak gitu!"

Hamas ingat betul, di kampus pada waktu shalat Magrib dulu, Saad mengimami dan mereka sujud dadakan. Hamas sih ikut aja. Saad begitu pasti ada tuntunannya. Tapi dia mau nanya, lupa mulu.

"Itu namanya sujud tilawah," jelas Saad. "Sujud yang dilakukan ketika bacaan Quran bertemu ayat sajadah."

APAAN LAGI DAH TUH?

[✓] HAMASSAAD Bromance Until JannahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang