Mina berkali-kali gerakin bola matanya buat ngelirik Chaeyeon yang ada di samping dia. Dia sadar, Chaeyeon punya semangat hari ini. Temennya itu dateng ke sanggar cuma buat menuhin absennya sebagai pekerja. Bukan dateng sebagai seorang penari buat nari. Daritadi matanya nangkep gerakan tari Chaeyeon yang kaku, lemah, dan intinya gak enak di pandang. Bahkan dia liat Chaeyeon sempet dimarahin sama senior mereka karena Chaeyeon gak bisa nyesuain koreo. Padahal pementasan mereka tinggal beberapa hari.
"Chae? Ada masalah?"
Akhirnya Mina mutusin buat coba ngomong ke Chaeyeon waktu mereka dapet jam istirahat. Tapi Chaeyeon gak jawab apapun. Cewek itu cuma duduk di pojok studio tari sambil ngabisin minumnya. Yang akhirnya Mina juga ikut duduk disana.
"Gue tau loe dateng nemuin Jaehyun. Tapi gue denger dia baik-baik aja. Terus kenapa loe kayak gini?"
Chaeyeon cuma ngedikin bahunya. Dia terlalu benci buat ngebahas ini.
"Loe nyesel malem itu dateng nemuin Jaehyun cuma demi Jiho?"
"Enggak. Gak ada yang perlu disesali"
"Terus? Apa yang loe simpen sendiri?"
Oh, satu hal yang kadang Chaeyeon gak suka dari Mina. Cewek keturunan Jepang itu bisa tau kalo dia nyembunyiin sesuatu cuma dari sikap Chaeyeon. Dan Chaeyeon gak pernah berhasil buat nyembunyiin hal-hal itu dari Mina.
"Gue nemuin heroin dari jaket Jaehyun"
Pada akhirnya Chaeyeon mutusin buat cerita. Tapi reaksi Mina bener-bener jauh dari ekpetasinya. Cewek itu cuma ngangguk biasa tanpa ngerasa kaget atau gak percaya. Bener-bener jauh dari ekspetasi Chaeyeon yang ngira Mina bakalan kaget.
"Loe yakin itu heroin?"
"Awalnya gue gak mau percaya. Tapi waktu gue nganter Jaehyun balik ke apartmen kak Soojung, gue ngasih barang itu ke kak Soojung dan dia bilang itu heroin yang sama yang pernah kak Soojung temuin waktu Jaehyun ketauan pake narkoba dulu"
Beda dari yang tadi, sekarang Mina justru kaget setelah denger Chaeyeon cerita. Dia bahkan nunda minum-nya cuma buat ngeliatin ekpresi kagetnya ke Chaeyeon. Sementara Chaeyeon cuma ngerutin kening gak paham.
"Jaehyun dulu pernah make narkoba?"
Ah, Chaeyeon lupa kalo Mina gak tau perihal Jaehyun yang dulu pernah make narkoba waktu SMA. Karena mereka bahkan kenal Mina karena mereka sama-sama satu kampus.
"Iya, dulu waktu SMA. Waktu dia tau papa-nya ngundurin diri dari posisi hakim dan jadi bagian dari anggota dewan. Papa Jaehyun dapet promosi dari orang dalem. Dan Jaehyun gak suka itu. Beruntung waktu itu ada kak Soojung yang bisa ngatasin semuanya. Dan yah, ada kak Sooyoung yang ngebantu waktu mereka dateng ke panti rehab"
"Itu yang namanya kebiasaan lama emang susah ilang. Terus, yang lain tau?"
Denger pertanyaan Mina, Chaeyeon cuma masang tampang melasnya sambil nyenderin punggungnya ke dinding. Kebiasaannya Chaeyeon yang kadang Mina gak suka. Temennya itu selalu nyimpen semuanya sendiri. Dan takut buat cerita ke orang lain. Kayak yang sekarang Chaeyeon lakuin, Mina yakin cewek itu cuma cerita perihal Jaehyun ke Mina aja.
"Loe gak ada niat cerita ke yang lain?"
"Gue takut"
"Takut apa? Gue yakin mereka bisa paham sama situasi Jaehyun sekarang. Karena mereka bahkan pernah liat Jaehyun yang dulu. Gak ada yang perlu ditakutin kan?"
"Bukan gara-gara itu"
"Terus?"
Chaeyeon masih setia sama tampang melasnya. Dia jadi mikir lagi, apa cerita ke Mina bisa ngebantu dia ngeringanin masalahnya? Atau justru jadi beban buat dia? Tapi terakhir kali dia cerita masalahnya ke Mina, semuanya jadi lebih baik. Semuanya jadi lebih ringan, dan Mina ngebantu dia banyak.
"It's okay. Seenggaknya kalo loe kasih tau gue, itu bisa sedikit ngurangin beban"
Mina pelan-pelan ngaitin tangannya sama tangan Chaeyeon. Ngasih keyakinan buat temennya itu, kalo semuanya bakal baik-baik aja.
"Jaehyun gak suka kalo ada orang yang ikut campur masalah dia"
"Oke itu logis. Dan setau gue loe bukan orang yang suka ikut campur masalah orang kalo orang itu gak minta"
Cewek keturunan Jepang itu micingin matanya. Naruh fokusnya sama Chaeyeon yang tiba-tiba gerakin bola matanya gusar. Oke, Chaeyeon baru aja sadar sama apa yang dia lakuin beberapa hari ini. Apa yang Mina omongin emang bener. Chaeyeon bukan tipikal orang yang mau ikut campur masalah orang lain tanpa diminta. Dan yang dia lakuin beberapa hari ini adalah ikut campur masalah Jaehyun tanpa Jaehyun minta.
"Yah, itu balesan-"
"Balesan dari loe karena Jaehyun udah ngebiarin loe nginep di tempat kak Soojung"
Chaeyeon nganggukin kepalanya tegas. Yang cuma dibales helaan nafas sama Mina. Itu alesan yang terakhir kali Chaeyeon kasih waktu mereka lagi ngobrolin masalah Jaehyun juga. Chaeyeon dengan segala gengsinya yang tinggi ditambah lagi kesadaran diri Chaeyeon yang emang rendah. Hal yang udah kelewat biasa dimata Mina.
"Oke, anggep aja loe peduli sama dia karena dia udah ngebiarin loe nginep di tempat kak Soojung. Jadi, sekarang apa yang mau loe lakuin buat dia? Setelah liat dia kayak gitu, apa rencana loe?"
Mina berdiri dari duduknya. Mulai pemanasan lagi setelah dia sadar jam istirahat udah mau selesai. Tapi Chaeyeon masih diem ditempatnya duduk. Cewek itu nundukin kepalanya. Berusaha buat nyari jawaban atas pertanyaan Mina.
"Gak tau Min"
Cewek itu nyerah. Dia bahkan gak tau apa yang harus dia lakuin. Karena dia bukan Mina dengan segala rencana baiknya. Dan bukan Mina yang selalu peduli sama orang lain. Ini bener-bener hal baru buat Chaeyeon. Bahkan Mina tau kalo Chaeyeon bakal ngomong gitu. Karena nyatanya Chaeyeon cuma bisa peduli sama orang-orang yang ngasih cewek itu banyak kepedulian lebih dulu. Dan Jaehyun bukan orang yang ngasih banyak kepedulian ke Chaeyeon kalo aja Junhoe gak jadiin cowok itu orang kepercayaannya.
"Gini Chae. Dengerin gue"
Akhirnya Mina balik duduk lagi. Dia nempatin dirinya tepat di depan Chaeyeon. Natap temennya itu pake tatapan ke-ibuannya yang khas. Yang selalu ngebuat Chaeyeon ngerasa nyaman dan tenang seolah Chaeyeon berhadapan sama Mamanya.
"Kalo loe emang gak ngerti harus ngapain, cukup ikutin apa yang hati loe mau. Buang semua gengsi loe, dan buka pikiran loe. Kayak loe yang setiap hari berusaha buat ngasih bekal buat Junhoe, atau ngeluangin waktu buat nemenin Junhoe sarapan. Coba loe mulai lakuin hal yang serupa ke Jaehyun. Sempetin waktu loe buat nemuin dia, temenin dia kayak dia yang nemenin loe setelah Junhoe gak ada. Ajak dia ngobrol meskipun dia gak suka. Atau ajak dia pergi ke tempat yang bikin dia lupa sama semua masalahnya"
Chaeyeon bener-bener dengerin semua yang Mina ucapin. Bahkan cewek itu ngulang semua ucapan Mina di dalem hatinya. Dia gak tau, semua ucapan Mina bener-bener bisa bikin rasa empatinya tumbuh lagi. Dan yang jelas, dia bener-bener pengen berhasil buat bikin perasaan Jaehyun lebih baik. Meskipun itu cuma sedikit. Dia pikir, seenggaknya dia udah nyoba.
.
.
.
.
.
Maaf kan baru bisa update sekarang TT becos kemaren gue ada problem sedikit, yang bikin mood ancur, alhasil gue berakhir makan-tidur mulu kerjaannya :')) Tapi hari ini gue double up karena gue mau story ini cepet tuntas hehe
vote commentnya ya sayang kuuh :*
~um's
KAMU SEDANG MEMBACA
[2] Heroin ; [chaeyeon]
Fanfiction"itu kayak candu, gue gak tau sejak kapan, tapi gue biarin semuanya kayak gini" Second book of [1] Drugs ; [jaehyun]