"Can we talk? About family, maybe? And relationship?"
Pertanyaan sekaligus tawaran Jaehyun itu ngebawa mereka buat duduk di depan tv, di bawah sofa dan nyender penuh di badan sofa. Ditemani satu cangkir kopi dan satu cangkir minuman rempah di tangan masing-masing.
Belum ada yang bicara. Chaeyeon masih nunggu cowok di sampingnya buat lebih dulu buka suara. Sementara Jaehyun masih menata pikirannya setelah apa yang dia lihat tadi waktu pergi ketemu Papanya.
Baru, waktu jarum jam nunjukin pukul tujuh tepat, Jaehyun mulai ngebuka percakapan.
"Papa keliatan baik-baik aja"
Suaranya gak lebih dari bisikan, tapi masih mampu ngerayap sempurna ke dalam indera pendengaran Chaeyeon. Dalam situasi apartemen yang hening, jelas suara sekecil apapun bisa didenger.
"Dia masih kayak biasanya. Egonya masih tinggi buat sekedar bilang makasih karena udah dijenguk dan masih keliatan angkuh kayak terakhir kali. Tapi kayaknya ke gue aja sih, gak berlaku buat orang lain hehe"
Itu bukan tawa yang nyata. Chaeyeon jelas tau tawa di akhir kalimat Jaehyun adalah bentuk kekecewaan. Tapi cewek itu belum berniat nanggepin atau sekedar ngeraih jemari Jaehyun buat sia genggam. Dia tau Jaehyun harus ngebuka dirinya sendiri, tanpa dituntut.
"Padahal waktu ngobrol sama Sooyoung, masih bisa ketawa. Lucu ya, Chae"
Sooyoung.
Oh, namanya sekarang kedengeran asing di telinga Chaeyeon. Setelah dua tahun lebih dia gak denger nama itu, kenapa sekarang Jaehyun ngebawa nama itu? Bukannya mereka udah sepakat?
"Gue gak tau dia sering kesana, dateng sebagai 'cewek' gue"
Chaeyeon sejujurnya mau protes tentang kesepakatan mereka yang Jaehyun langgar, tapi lebih dulu dibikin heran sama ucapan Jaehyun.
"Cewek?"
Kerutan di kening Chaeyeon belum sempet hilang waktu Jaehyun nengok buat natap cewek itu. Dia senyum getir dan ngangguk singkat, sekali. Cangkir yang tadi ada di tangan kanannya sekarang beralih di tangan kiri. Sementara tangan kanannya yang udah bebas, gerak buat nyentuh kening cewek yang duduk di samping kanannya, ngeraba kening mengekrut itu pake ibu jarinya lembut.
"Papa gak pernah tau gue berakhir sama Sooyoung. Loe tau sendiri, gue gak lagi punya hubungan baik sama Papa setelah, ya loe tau penyebabnya"
Jemari itu gak lagi nyentuh kerutan di kening Chaeyeon, yang jelas masih kegambar disana. Jaehyun bahkan ngalihin tatapannya ke arah lain waktu sadar kerutan di kening Chaeyeon makin berasa. Barengan sama tatapan menuntut dari netra si cewek.
Tapi Chaeyeon bahkan gak bisa ngelakuin apapun. Dia gak suka situasi ini. Ada yang menjerit dari dalam hati Chaeyeon waktu cowok di sampingnya nyebut nama Sooyoung. Sayang, pikiran paling logisnya berhasil mendominasi dengan pemikiran bahwa gak seharusnya obrolan mereka sejauh ini.
The thing is they're just two person who use each other to remove their weaknes, and gaining strenght from each other without other people in.
Jadi, Chaeyeon memutuskan buat ngebuka suaranya lagi.
"Loe gak keliatan keberatan, Jae. Loe keliatan baik, walaupun kak Sooyoung disana"
Di luar ekspetasi.
Yang awalnya berusaha nyari objek lain buat dipandang, kali ini dua netra cowok itu balik lagi natap Chaeyeon. Ngedapetin temen ceweknya natap dia pake tatapan yang gak bisa dia artikan.
Seharusnya gak gini. Bukan kalimat itu yang dia mau keluar dari bilah bibir kemerahan seorang Jung Chaeyeon.
"I'll listen to you, tapi gak ada tanggapan. You're the one who don't want to move, Jaehyun"
"Serius? Itu yang loe pikirin?"
Agaknya Chaeyeon sedikit kesentak waktu Jaehyun ninggiin suara di akhir ucapannya. Tapi cewek itu berusaha gak goyah. Dia masih natap lurus Jaehyun pake tatapannya yang masih gak bisa Jaehyun artikan.
Itu disengaja. Karena faktanya Chaeyeon sendiri gak tau kenapa dia kayak gitu.
Maksudnya, kenapa dia harus gusar? Ketika temen cowoknya itu cuma cerita beberapa kejadian siang tadi. Dan secara kebetulan ada 'Sooyoung' di dalamnya.
"Chae—"
Panggilan itu ngegantung di udara. Jaehyun nyaris ninggiin suaranya lagi. Dan mungkin bener-bener ninggiin suaranya kalo matanya gak nagkep rahang Chaeyeon yang mengeras.
Detik itu dia tau, ada yang salah sama dirinya.
Perlahan dia tenangin dirinya sendiri. Ngerubah posisi duduknya buat sepenuhnya ngadep Chaeyeon. Jemarinya naik ngeraih helai rambut si cewek, nyelipin helaiannya ke belakang telinga sebelum ibu jarinya ngulas pipi Chaeyeon. Ninggalin sentuhan ringan disana.
"I just want you to listen to me. It's not only about her, gue cuma ngerasa gue terlalu lemah tentang dia maupun Papa. Buat sekedar menyangkal Papa aja gue gak mampu, Chae"
Deru nafas itu Chaeyeon rasain lagi. Keluar dari alat pernafasan Jaehyun seolah cowok itu baru aja lari dikejar ratusan benteng.
Yang buru-buru nyadarin Chaeyeon dari rasa kesalnya. Dia baru sadar kalo ke-egoisan itu mendominasi lagi.
Ke-egoisannya yang tanpa sadar muncul sejak Jaehyun selalu memprioritaskan dia. Yang seringnya bikin mereka ada di situasi yang runyam.
Cewek itu benci dirinya disaat udah kayak gini.
"Jae, maaf"
Sekarang, gantian jemari Chaeyeon yang gerak ngeraih jemari Jaehyun. Ngebawa jemari mereka bust saling kait sementara posisi tubuhnya dia rubah buah benar-bener mengahadap Jaehyun. Sama kayak apa yang cowok itu lakuin.
Yang bikin mereka berakhir saling hadap dan saling tatap. Sebelum Jaehyun numpahin perasaannya lagi.
Pake suara rendah dan dalamnya.
"Kenapa kak Soojung selalu bilang gue bisa jadi cowok berguna ketika gue bahkan gak bisa ngadepin bokap sendiri? Gue lemah sama Sooyoung yang jelas ninggalin rasa kecewa. Gue nyusahin nyokap dengan ngelakuin hal gak guna—"
Ada jeda disana, sebuah tanda bahwa Jaehyun memang gak dalam emosi yang stabil.
"Gapapa, ungkapin aja semuanya"
Bahkan, dengan emosinya yang gak stabil, Jaehyun juga kehilangan kesadaran otaknya. Cowok itu gak tau sejak kapan cewek di depannya—yang tadinya duduk sila di hadapannya—udah ngerangkak naik ke pangkuannya. Telapak tangan cewek itu ngusap pelan bahunya yang dia juga gak tau sejak kapan jadi terlalu kaku.
"Gue gak berguna Chaeyeon. Gak ada yang bisa dibanggain dari kepribadian ini. Bener kalo loe bilang gue terlalu main-main. Itu fakta, yang selalu gue sangkal karena gue tau kalo gue gak ninggalin hal baik di semua tempat"
Hati Chaeyeon rasanya sakit. Nyeri luar biasa dengan matanya yang ngeliat jelas bulir bening mulai turun bebas dari pelupuk Jaehyun.
For the years when they spend it together in one circle, this is the first time Chaeyeon seeing Jaehyun broken and crying.
Jaehyun di depannya gak lagi keliatan sebagai seseorang yang konyol dan suka main-main. Cowok itu hancur, di balik kungkungan yang orang lain maupun dirinya sendiri buat.
.
.
.
.
.panjang banget ya, jangan gumoh ya gaes 😣
~um's
KAMU SEDANG MEMBACA
[2] Heroin ; [chaeyeon]
Fanfiction"itu kayak candu, gue gak tau sejak kapan, tapi gue biarin semuanya kayak gini" Second book of [1] Drugs ; [jaehyun]