"Iwan sopir pelek hitam, pos di penjual bensin eceran supaya tidak ada orang curiga. Bang Oman, Masboy, Iwan sopir pelek oranye, ke kantor polisi menunggu jebakan. Katakan saja habis ada masalah di terminal, minta borgol menunggu pelaku datang. Rasid jadi umpan, sedangkan aku pemain utamanya. Faktanya, kelemahan pemilik kekuatan portal adalah borgol," ujar Adi dalam perundingan.
7.09. Waktu Panongan berhenti. Orang-orang seperti sedang mannequin challange.
"Semua berjalan sesuai rencana," kata Ichsan. "Tinggal tunggu kesempatan yang tepat,"
Yang dimaksud Ichsan kesempatan adalah ketika waktu Panongan berjalan kembali.
Anton menyeringai penuh kemenangan. Sementara Rasid meringis, satu tangannya memegangi kepala yang terasa sakit luar biasa. Di bawah sadarnya, Rasid mendengar lantunan lagu persis tadi pagi, pemilik suaranya sama.
Seringai Anton memudar. Ini tidak mungkin, pikirnya. Bagaimana lagu ini menembus dimensi, ruang, dan waktu?
Kilau lampu kota laksana bertabur bintang.
Tiada habisnya sejauh mata memandang.
Ada tabir tak kasat yang membentang.
Hadir antara kita menghalang.
Rasid sudah siap untuk menjawab lagu itu. Dari lisannya mengalir lirik-lirik baru dengan nada yang sama.
Di hati yang ragu kucoba untuk percaya.
Kesaksian ini bukan angan-angan maya.
Saat berhenti waktu dan cahaya.
Ingin kembali tapi tak berdaya.
Sedikit lagi, batin Ichsan. Ia menutup sebelah mata dengan tiga jari. Seketika portal dimensi terbuka di bawah kaki Anton, langsung menuju kantor polisi di dunia nyata. Dengan sigap Bang Oman dan Iwan sopir pelek oranye memborgol anggota Serikat Jaringan itu sehingga tidak bisa menggunakan kekuatan portalnya.
"Ini dia orangnya, pak polisi," kata Masboy. "Butuh saksi, tukang ojek banyak,"
Dua bait lirik lagu yang luar biasa, mampu menembus dimensi, ruang, dan waktu. Untuk sementara, portal dimensi sirna. Orang-orang melanjutkan aktivitas.
"Mana Anton?" Rasid menoleh kanan-kiri. "Aku lapar nih,"
"Kembalikan pisaunya ke tukang baso, Rasid. Ikut aku ke kantor polisi," Ichsan membuka portal ruang.
"Halah," Rasid menghela nafas.
KAMU SEDANG MEMBACA
Detektif Ichsan 4 : The Dimension Portal.
Mystery / ThrillerSerikat Jaringan sudah tahu kelemahan Sidin. Sidin terpisah dari Elina dan Detektif Ichsan. Anton memasuki dunia transportasi Distrik Panongan. Bagaimana Sidin memanggil mereka dari dimensi lain?