Panjang umur, Adi.
Kilasan cahaya menyilaukan mata empat orang sopir yang nongkrong dekat penjual bensin eceran. Seketika angkot INCU ABAH sudah sampai di hadapan mereka. Sekali lagi, Ichsan menggunakan kekuatan portal supaya bisa tiba tepat sebelum petang.
"Sesuai janji bang, bayaran dobel," kata Rasid (Ali Rasidin).
"Setelah dikurangi tagihan sopir joki NETRAL," Bang Oman masih ingat hal itu. Sebelum uang berpindah tangan.
"Jalan Raya Panongan macet parah sebelum kantor," kata Adi (Akad Ichsan).
"Nah, sekarang semua sudah lengkap," kata Bang Oman. "Rasid, saatnya kau bicara,"
"Pertama, saya harus melunasi utang informasi pada Masboy," Rasid memulai kalimatnya. "Bahwasannya tujuan Bang Oman mencari Adi bukan saja untuk mengembalikan mobil dan supaya membayar tunggakan retribusi, melainkan supaya bisa memperpanjang masa berlaku STNK angkot INCU ABAH,"
Masboy sama sekali tidak tahu tujuan itu.
"Selanjutnya, Adi," perintah Bang Oman.
Adi mengatakan kalau sepanjang waktu dia jadi sopir carteran, sehingga tidak pernah nampak di terminal. Empat orang sopir berbisik, diskusi mengenai masalah penting itu.
"Berarti sudah jelas kalau Adi bukan mata-mata pihak seberang," Bang Oman menarik kesimpulan.
"Tapi masih ada dua orang mencurigakan di dunia transportasi Distrik Panongan, mereka diduga mata-mata pihak seberang," kata Rasid. "Pertama si rambut klimis yang kata orang namanya Husin, kedua Niko Kalasnikov,"
Adi terkejut. "Serius Anton anggota Serikat Jaringan sudah sampai di sini?"
"Siapa Anton? Siapa Serikat Jaringan?" Masboy penasaran.
"Komplotan kriminal terkuat dari ibu kota. Anton anggotanya," jawab Adi.
"Dia juga biang semua masalah di terminal tadi siang," timpal Rasid.
"Lebih dari itu, sama seperti saya dia juga mempunyai kekuatan portal, sehingga bisa melarikan diri dengan mudah," tandas Adi.
"Kau bisa menyusun siasat, Adi?" tanya Bang Oman.
"Tentu saja. Ini tidak sulit, Anton alias Husin hanya wujudnya yang detektif. Saya detektif sebenarnya. Dan saya duga, Anton bukan mata-mata pihak seberang," ujar Adi. "Hanya aku yang bisa mengalahkannya,"
KAMU SEDANG MEMBACA
Detektif Ichsan 4 : The Dimension Portal.
Misterio / SuspensoSerikat Jaringan sudah tahu kelemahan Sidin. Sidin terpisah dari Elina dan Detektif Ichsan. Anton memasuki dunia transportasi Distrik Panongan. Bagaimana Sidin memanggil mereka dari dimensi lain?