"Assalamu'alaikum..."
"Wa'alaikumussalam kak."
"Oh iya pada sore hari ini pada bawa mushaf semua?"
"Bawa kak."
"Bagus." Ali mengacungkan jempolnya kepada mereka.
"Baik,sebelum memulai kegiatan kita pada sore hari ini,mari kita buka dengan bacaan Asmaul Husna."
Murid-murid melafalkan Asmaul Husna dengan penuh penghayatan yang sangat fasih dan khusyuk.
"Alhamdulillah, mari kita mulai sekarang."
"Mulai dari jus 30 saja dulu ya."
"Iya kak."
Mereka membaca ayat Al-Qur'an bersama-sama,kemudian satu persatu mulai menghafalnya.
"Fa,coba kakak mau denger sampe mana kamu hafalnya." ucap Ali dari kejauhan yang mengagetkan Syifa ketika sedang muroja'ah.
"Ha,Kak Ali?"
"Iya,boleh kan?"
"Emmm,,,tapi kak...." belum sempat Syifa mengakhirkan ucapannya,dipotong dengan ucapan Fikri yang tiba-tiba masuk.
"Kenapa harus Syifa?yang lain kan bisa.Lagian kan ini baru pertama kali mereka kegiatan,masa udah ditanya sampe mana?"
"Eh kamu Ri,kamu nih udah telat ngagetin lagi.Kalo masuk tuh salam dulu." Ali mengalihkan pembicaraan.
"Iya lupa,assalamu'alaikum."
"Wa'alaikumussalam." balas serempak.
"Oh iya kak,bener juga kata Kak Fikri. Ini kan baru pertam kali latihannya,masa udah ditanyain?" Syifa juga mengikuti ucapan Fikri untuk membela diri.
"Eh iya ya,kakak tuh gak tau,pikiran kakak tu ingin selalu lanjutin hafalan.Kan udah lama.Hehehe." Ali tersipu malu.
"Tapi kenapa harus saya kak,ini Annisa ada.Yang lain juga ada." Syifa memutar bola matanya ke penjuru arah.
"E-e iya." Ali menggaruk kepalanya yang tidak gatal,bingung harus menjawab apa.
Mereka bermuroja'ah dengan khusyu'.Hingga tidak sadar hari sudah sore.Mereka menutup kegiatan dengan doa penutup majelis.
****
"Astaghfirullah,mikirin apa sih fa?"ucap Syifa yang entah kenapa ada suatu masalah yang ngelantur di otaknya.
"Sayang,kenapa kok wajahnya ditekuk gitu.Ada apa?cerita sama ummi?"ucap Fakhira yang tiba-tiba sudah ada di sampingnya.
" Loh ummi kapan ke sininya?"
"Dari tadi.Kamu aja yang gak tau ummi di sini.Mikirin apa sih?"
"E-enggak kok mi.Syifa gak mikirin apa-apa." titahnya di akhiri dengan menunjukkan giginya yang rapi seperti biji timun.
"Hayoo,Syifa bohong sama ummi nih.Ingat dosa sayang." Goda Fakhira sambil mengingatkan.
"Yah ummi bisa aja ngomongnya ya,Syifa jadi kalah sama ummi nih."ucap Syifa yang berhasil membuat Fakhira tertawa kecil.
"Ayo jawab dong pertanyaan ummi."
"Iya mi,jadi tadi ketika kami semua bermuroja'ah tiba-tiba Kak Ali menyuruh Syifa melafalkan ayat yang Syifa hafal,padahal juga banyak teman-teman tapi yang disuruh Syifa aja,toh itu juga pertama kali kegiatan." Jelas Syifa panjang lebar menjawab pertanyaan Fakhira.
"Ooh gitu,berati Syifa lagi mikirin itu toh,siapa tadi namanya?"
"Siapa mi?" tanyannya polos seolah tidak mengerti.
"Haduh..kamu tuh pura-pura tidak tau apa bener tidak tau?" tanya Fakhira yang terus menggoda Syifa.
"Ummi,,"
"Ingat dosa Syifa,nanti bisa zina hati loh."
"Astaghfirullah, Ya Allah ampunilah hambaMu yang lemah ini Ya Robb." Seketika mendengar ucapan Fakhira,Syifa langsung memohon ampunan kepada Allah.
"Maafkan Syifa ya mi, terimakasih juga ummi slalu ngingetin Syifa di saat Syifa khilaf.Syifa beruntung feh punya ummi." Syifa langsung memeluk Fakhira dengan hangat.
"Afwan sayang sudah kewajiban ummi ngingetin anaknya.Lagi pula kamu tuh masih kecil,gak boleh cinta-cintaan ya.Ingat cinta terbesar yang harus dimiliki seorang muslim adalah Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya."Fakhira membelai kepala Syifa yang berbalut jilbab dengan lembut.
"Iya ummi ku sayang,Syifa akan selalu ingat kok.Syifa akan mencintai Allah dan Rasulullah lebih dari segalanya."
"Aamiin dan alhamdulillah kalo Syifa faham apa yang ummi maksud.Yaudah sekarang Syifa tidur gih."
"Siap ummi."
"Jangan lupa empat perkara."
"Apa mi?"
"Yaitu sebelum tidur mengkhatamkan Al-Qur'an,membuat para Nabi memberimu syafaat di Hari Akhir,para Muslim meridhaimu,dan kamu laksanakan Haji dan Umrah."
"Maksud nya mi?"
"Satu,maksud nya menghatamkan Al-Qur'an adalah membaca Surah Al-Ikhlas tiga kali, dengan begitu seakan-akan kau mengkhatamkan seluruh Al-Qur'an,
Dua maksud membuat para Nabi memberi syafaat yaitu dengan membaca shalawat untuk Rasulullah dan para Nabi sebelumnya, maka akan di beri syafa'at di hari kiamat,
Tiga maksud para muslim meridhoimu yaitu dengan Beristighfar untuk para Muslimin, maka mereka semua akan meridhaimu,dan yang terakhir
Empat maksud melaksanakan haji dan umrah dengan cara memperbanyak bertasbih, bertahmid,bertahlil,dan bertakbir maka seakan-akan kau telah melaksanakan ibadah Haji dan Umrah.""Oh Insya Allah mi,semoga istiqamah.Doain Syifa ya mi."
"Iya aamiin Insya Allah. Kalo gitu ummi keluar ya.assalamu'alaikum."
"Wa'alaikumussalam ummi.Selamat tidur."
Syifa melaksanakan empat perkara yang diperintahkan Fakhira menurut sunah rasulullah.Dan tidak lupa membaca doa sebelum tidur.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kala Hati Terketuk Hijrah
SpiritualDari seorang sahabat yang dahulunya pernah bersama-sama terpisah dan dipertemukan kembali.Namun, seakan dunia berubah semenjak Zahra salah faham terhadap Syifa dan melakukan berbagai cara untuk membalasnya.Sehingga membuatnya lupa akan segala hal kh...