24. Bandung et Souvenirs.

4.3K 557 112
                                    

Bandung et Souvenirs. (Bandung and Memories)

&&&


Iyas.

"Jadi sekitar empat bulan lagi Iyas ada project film di Bandung." Jelas gue setelah selesai makan malam sekeluarga.

"Oh... Gak apa-apa?" tanya Papi ambigu.

Gue ngangguk kecil. Lucunya, Papi dan Mas Andra itu satu tipe, mereka paling jarang ngomentarin hidup gue dan paling ya kayak gini. Papi tau gue bertahun-tahun ini gimana, tapi dia gak mau terlihat berlebihan sama gue.

Paling Papi tiba-tiba ngajak gue diem di depan kolam renang sambil bawa beer, kita gak ngobrol apa-apa. Cuma duduk berjam-jam. Sampai akhirnya Papi selalu ngelus pelan rambut gue sebelum dia masuk ke dalem rumah.

Sedangkan Mami ya mirip sama Anin. Emang dari dulu hobinya ngerecokin segala yang gue lakukan. Bahkan mungkin sampai sekarang pun kayak gitu.

"Tinggal dimana nanti, Yas?" tanya Mami lembut.

Gue sekarang senyum ke arah Mami. Gue juga sadar, walaupun Mami dan Anin tukang ngerecokin, tapi mereka juga paling gak tegaan.

"Hmm belum tau. Mungkin minta tolong Ella kayak dulu."

Semua di meja makan ngangguk.

Gue tau mereka ngerti betapa sentimental Bandung buat gue. Sekitar dua tahun, gue nolak semua tawaran film yang butuh lokasi di Bandung. Gue bahkan gak pernah lagi datang kesana selama dua tahun setelah Ayas pergi.

Dan gue tau, anggota keluarga gue gak mau bahas-bahas Ayas di depan gue.

Bahkan Anin yang sempet ngediemin gue berbulan-bulan sekarang juga ikut gak enak sama gue.

Tapi gue sadar suasananya jadi awkward karena kita semua udah selesai makan, gak ada lagi kegiatan yang bisa ngalihin kesibukan. Jadi gue rasa, gue mungkin harus ngelurusin sesuatu.

"Iyas gak sengaja ketemu sama Ayas di Bali." Celetuk gue.

Mami, Papi, dan Anin langsung natap gue.

Gue yang ditatap otomatis canggung. Ayas masih jadi bahasan tabu di keluarga gue. Dulu karena dia cewek yang gue rahasiain, yang bikin Anin sakit hati, yang bikin Mami malu sama keluarga Mala. Sekarang, gak pernah ada yang bahas Ayas karena mereka takut gue bereaksi berlebihan.

Kalau gue harus mundur ke lima tahun yang lalu, perginya Ayas bener-bener jadi pukulan terbesar gue.

Gue ngerasa setelah gue kenal sama Ayas, gue gak yakin bisa jatuh cinta sama orang lain. Bahkan sama Mala yang dulu pacar gue.

Dulu gue menghindar dari Mala, karena gue tau gue sejatuh itu sama Ayas. Karena gue takut Mala minta gue untuk milih dia.

Gue kenal Mala. Gue tau gimana dia bakal bereaksi. Dan semua hal yang emang terjadi sama gue dan Mala di sekitar waktu itu, berkali-kali gue tau bakal terjadi.

Gue tau Mala gak akan ngelepasin gue.

Makanya gue melakukan semuanya di belakang.

Setiap hari, gue selalu tau gue brengsek.

Tapi bodohnya, dulu gue ngerasa gue lebih baik brengsek daripada kehilangan Ayas.

Walaupun pada akhirnya, gue tetep dapat hukuman.

Gak akan ada yang ngerti gimana perasaan gue waktu bangun di Rumah Sakit dan menyadari kalau gue udah gak meluk Ayas lagi.

Gak akan ada yang ngerti gimana rasanya setiap hari dapet harapan kosong setiap gue dateng ke Notre Cour karena Ayas gak pernah muncul.

In Our BackyardTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang