(6)

3.7K 424 26
                                    

"Kenapa?" Dan gue membulatkan mata kaget dengan ucapan Lana sekarang, ni anak ngancem gue?

Ngasih balik handphone Dita, gue berlari naik keatas dan ngambil handphone, tas dan kunci mobil gue, Lana kenapa bersikap aneh kaya gini? Apa gue beneran gak penting? Bagaimanapun sekarang itu gue istrinya.

"Kak Aya mau kemana?" Tanya Dita begitu ngeliat gue nurunin tangga buru-buru.

"Bandara!"

.
.
.

Saat ini, detik ini gue sama sekali belum ngerti jalan pikiran Lana itu gimana? Ke luar negeri? Ngapain? Kenapa pergi tanpa ngasih tahu gue apapun dulu? Bukannya Lana masih ujian? Kalaupun pergi harusnya setelah lulus nanti.

"Ay, ngapain?" Tanya Lana kaget dengan kehadiran gue.

"Ngapain? Lana masih tanya Aya ngapain? Kenapa Lana pergi tanpa ngasih tahu Aya apapun?" Emosi gue udah gak karuan.

"Apa Aya sama sekali gak penting? Dua hari gak ngabarin Aya tapi Lana masih sempat ngasih tahu Dita kalau Lana mau pergi keluar negeri? Maksud Lana apa?" Tanya gue kesal dengan mata mulai berkaca-kaca.

"Yang bilang Aya gak penting itu siapa? Ay, Lana cuma mau nemenin Papa, ada urusan kantor dan Lana sama Bang Suga harus ikut, dua hari Ay, cuma untuk dua hari, takut banget ditinggal." Lana malah tersenyum memperhatikan gue.

"Terus ngapain Lana ngomong kaya tadi? Bikin jantungan tahu gak." Tadi katanya kalau gak nemuin dia sekarang gue gak akan bisa ngeliat dia lagi, itu maksudnya apa kalau bukan ngancem?

"Ngapain nyusul Ay? Lana cuma becanda, Aya gak mungkin bela-belain nyusulin Lana kesini cuma karena Lana bilang Aya gak akan bisa ngeliat Lana lagikan?" Tebak Lana yang sayangnya bener.

"Gak lucu ya!" Nepuk pelan kening Lana, gue langsung berbalik arah mau pulang, gue kirain beneran gak akan bisa ketemu Lana lagi, gue pikir Lana bakalan ninggalin gue.

"Mau kemana lagi Aya?" Tanya Lana berhenti tepat dihadapan gue.

"Pulang!" Jawab gue ketus, gue udah capek lari-lari kaya anak kecil ngejar layangan eh tahunya cuma dikerjain? Kan parah.

"Lana berangkat sekarang, Aya hati-hati pulangnya, jangan pecicilan selama Lana gak ada, SIM Aya juga Lana tahan."

"SIM? Kalau Lana tahan gimana caranya Aya pulang? Mobil gimana?"

"SIM, Surat Izin Menangis." Ck! Kirain gue apaan? Anak SMA ya tetap anak SMA, umur gak akan bisa nipu.

"Kacau kacau, dasar bocah." Sinting ni anak.

"Sama satu lagi, kenapa Aya ngasih nomer Lana ke Dita? Mau ngasih Lana kuota untuk nikah lagi?" Tanya Lana mengedipkan matanya ke gue.

"Baru dua hari nikah tapi udah berani nanya kuota? Dasar ya, mau tua atau muda yang namanya laki-laki itu sama." Kesal gue berniat mukul kepala Lana sebelum lebih dulu ditahan sama yang punya kepala.

"Aya udah gak bisa ngelakuin itu lagi harusnya Aya tahukan?" Lana melepas tangan gue dan beberapa detik kemudian membawa gue masuk dalam dekapannya.

"Lana pergi, baik-baik dirumah, yang nurut sama Mas Vian selama Lana gak ada, bagaimanapun Mas Vian bisa diandalkan untuk ngejagain Aya." Lana melepas dekapannya dan nyentil kening gue sekali, dasar.

"Ay! Apapun yang Lana lakuin, Aya harus inget kalau Lana selalu milih sesuatu yang terbaik untuk Aya lebih dulu." Cicit Lana mengusap lengan gue.

"Heummm, Lana juga hati-hati."

.
.
.

Melepas Lana pergi dengan perasaan cukup aneh, gue balik ke rumah dengan wajah jauh lebih lega, Si Dita juga masih disini, nungguin apa? Entahlah, gue juga gak ngerti, intinya setiap kali Dita dateng, kamar gue bakalan diambil alih.

"Udah pulang? Ketemu gak sama Kak Lana?" Tanya Dita melirik gue sekilas

"Ketemu!" Jawab gue seadanya dan narik handuk gue sembarangan, gue mau mandi, gerah lari-lari gak jelas dari tadi, udah gitu sampe rumah malah nemu kamar dihuni orang, mumet.

"Oya Kak, tadi Kak Rival nanyain Kakak, katanya mau nagih hutang, jatuh temponya udah dari seminggu yang lalu." Gue muter otak cepat dengan ucapan Dita barusan, hutang? Memang gue ngutang apa sama Rival?

"Tar Dita pulangnya dianter Mas Vian apa dijemput?"

"Mas Keta yang dateng buat jemput." Gue mengangguk pelan dan berlalu masuk ke kamar mandi, hutang? Rival nyari gara-gara sama gue.

Hampir satu jam gue ngurung diri di kamar mandi, gue keluar dengan perasaan jauh lebih tenang, jangan tanya gue ngapain satu jam dikamar mandi? Ngabisin air.

Memperhatikan sekitaran kamar yang udah kosong cukup menambah kelegaan gue, Dita kemana? Mungkin udah turun atau bahkan mungkin udah pulang, setelah yakin gue cukup rapi, gue melangkah turun dan mendapati ruang keluarga gue beneran penuh, persepupuan gue lagi ngumpul kayanya.

"Gue nagih hutang." Ucap Rival begitu ngeliat gue nurunin tangga, hutang apaan? Yang ada Rival ngutang sama gue dua puluh ribu belum bayar.

"Hutang apaan? Sejak kapan gue punya hutang?" Balas gue ngambil posisi disebelah Mas Keta.

Dita, Rival dan Mas Keta itu satu KK berkepala keluarga Om Haris, gue sama Mas Vian satu KK dan berkepala keluarga Ayah Hanan, Suga sama Lana satu KK jadi wajar kalau kita semua deket.

"Jangan pura-pura lupa diri Lo, Lo janji ngajak gue makan kalau gue bisa ngalahin nilai Lo di UTS kemarin." Protes Rival mulai gak terima, gue malah melongo gak percaya sama Rival sekarang, giliran gratis selalu inget, bukannya biasa Lana yang modelan irit gini?

"Mas, Si Rival kurang jatah bulanan ya? Miris gini Aya ngeliatnya." Tanya gue nyikut lengan Mas Keta.

"Jatah bulanan Mas stop, tagihan kartu creditnya membludak, diabisin buat pacaran." Jelas Mas Keta sambilan geleng-gelang kepala, benerkan kata gue? Sepupu gue memang rada gak beres semua.

"Jatah bulanan gue jangan lo bawa-bawa, jadi intinya kapan?"

"Yaudah liat besok, bawel banget hidup Lo tapi catet, gue cuma ngebayarin Lo makan ya bukan ngebayarin kelompok Lo makan, awas aja Lo ngerjain gue lagi." Jelas gue melempar Rival bantal, Rival pernah minta traktiran dan ngobloknya gue ngiyain sampai akhirnya tagihan gue meledak dijajanin buat satu kelasnya ni anak.

"Aman!"

"Aman pala Lo pentongan, yang tekor gue." Kesal gue gak habis pikir.

Cukup lama kita berempat duduk dibawah, Dita, Rival sama Mas Keta pamit pulang karena memang udah malem, Mas Vian juga baru pulang bertepatan dengan gue yang berniat ngunci pintu.

"Tadi Mas ngeliat mobil Mas Keta." Tanya Mas Vian kaget melihat gue berdiri didepannya tetiba.

"Heumm, memang Mas Keta, tadi Rival sama Dita juga dateng." Jawab gue tersenyum kecil.

"Kalau gitu Aya naik ya Mas."

Setelah Mas Vian tahu semua sikap Mas Suga ke gue, entah kenapa sikap Mas Vian juga ikut berubah, banyak diem dan jarang semaunya lagi sama gue, setiap kata-kata gue juga selalu didengerin pake fokus penuh, keliatan banget dari tatapannya yang gak lepas dari gue kalau gue ngomong, gak kaya biasanya, asal udah di dengerin tanpa peduli inti dari ucapan gue itu apa.

"Mas, Adek minta maaf untuk ucapan Adek kamarin, gak seharusnya Aya marah-marah sama Mas kaya gitu." Ucap gue narik lengan kemeja Mas Vian.

"Mas yang salah, maaf kalau selama ini Mas terlalu ngekang kamu, bukannya percaya tapi Mas malah nuduh Adek yang selalu ngebuat Suga marah, Mas yang salah, Mas yang seharusnya minta maaf." Mas Vian tersenyum sekilas dan ngusap kepala gue sayang.

"Yaudah masuk sana, udah dapet kabar dari Lana?" Gue memutar mata bingung untuk pertanyaan Mas Vian, Lana belum ngabarin apapun kayanya.

"Aya cek handphone dulu." Tersenyum manis untuk Mas Vian, gue beranjak naik dan langsung ngecek handphone gue tapi belum ada kabar apapun dari Lana, bukan harusnya Lana udah sampai? Tapi kenapa belum ngabarin gue?

"Dek! Udah depet kabar dari Lana?" Tanya Mas Vian dari ambang pintu kamar gue, gue menggeleng pelan sebagai jawaban.

"Jangan khawatir, Adek percaya Lanakan?"  Mas Vian malah nutup balik pintu kamar gue, maksudnya apa nanya kaya tadi?

My Euphoria (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang