New Prolog

155K 10.2K 944
                                    

بسم الله الرحمن الرحيم

Yang tanya kenapa di unpublish cerita Atlasnya, karena mau di up versi baru.
Kali ini aku up untuk versi novel.

Jangan lupa ikut POnya ya. Pre Order akhir Juni 2021






Lantunan ayat suci Al-Qur'an keluar dari bibir merah muda milik seorang pemuda berwajah oriental. Ayat-ayat itu terdengar merdu, mengisi ruangan yang dihiasi dengan tikar bercorak khas timur tengah dan rak-rak penuh buku islami.

Alis tebal pemuda itu mengernyit dan mata sipitnya terpejam. Dia merasa mulutnya mendadak kaku untuk melanjutkan ayat. Tepat di ayat ketujuh puluh tiga Surah Ar-Rahman, dia berhenti. Matanya terbuka secara perlahan, menatap ke arah Ustaz Nurin yang merupakan guru mengaji keluarganya.

"Ada apa, Atlas?"

Pemuda yang dipanggil Atlas itu menghela napas pelan. "Susah, Ustaz. Saya lupa lagi," ucapnya dengar raut wajah kecewa.

Sudah hampir sebulan dia menghafal Surah Ar-Rahman, tapi masalahnya tetap sama, berhenti di ayat tujuh puluh tiga dan lupa dengan ayat selanjutnya. Padahal, tinggal sedikit lagi.

"Bagian fa bi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān, terlalu banyak," ucapnya lagi.

Ustaz Nurin tersenyum sembari menepuk bahu santrinya. "Tlas, tahu tidak makna pengulangan tiga puluh satu kali bagian fa bi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān?" tanya Ustaz Nurin yang dijawab gelengan oleh Atlas.

Ustaz Nurin menutup mushafnya, lalu menatap santrinya dengan tatapan dalam yang mengayomi. Sementara itu, Atlas termenung, memikirkan ternyata masih banyak rahasia di dalam Al-Qur'an yang memerlukan pemikiran untuk dipahami dan dijalankan. Sebagai umat Islam, Al-Qur'an tentu merupakan pedoman tertinggi dan menjadi rujukan pertama bersama hadis.

Tapi, ada hal yang menarik pada Surah Ar-Rahman-yang mungkin pernah terpikir juga oleh kita semua. Mengapa hanya dalam Surah Ar-Rahman, bagian fa bi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān diulang sampai tiga puluh satu kali?

"Kalimat ini dapat diartikan sebagai 'maka nikmat Tuhan-mu yang mana lagi yang kau dustakan' ditujukan kepada manusia dan jin. Itu kenapa, menggunakan kata rabbikumā yang artinya 'Tuhan kamu berdua'," jelas Ustaz Nurin.

Atlas menyimak dengan baik penjelasan sang guru.

"Jin dan manusia diingatkan tentang banyaknya nikmat Allah subhanahu wa ta'ala yang dilimpahkan kepada mereka. Dengan banyaknya nikmat-nikmat yang disebutkan dalam Surah Ar-Rahman, Allah subhanahu wa ta'ala juga mengiringinya dengan kalimat fa bi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān, agar kita tidak lupa bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan," lanjut Ustaz Nurin.

"Lalu, kenapa sampai tiga puluh satu, Ustaz?" tanya Atlas masih bingung.

"Tentu pengulangan itu adalah hak Allah ta'ala dan hanya Dia-lah yang benar-benar mengetahui hakikat di baliknya. Namun, sekali lagi, di antara hikmah yang bisa dipetik, selain untuk mengingatkan jin dan manusia, pengulangan itu juga menunjukkan betapa pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat tersebut."

Penjelasan Ustaz Nurin membuat senyum Atlas merekah. "Masya Allah, ternyata masih banyak kandungan dalam Al-Qur'an yang belum saya pahami. Makasih banyak, Ustaz."
Ustaz Nurin mengangguk.

"Sama-sama, Tlas. Ingat, ya, kamu juga ada masalah di Surah Al-Mulk dan Al-Waqiah, tapi pelan-pelan aja. Selesaikan dulu hafalan Surah Ar-Rahman-mu."

"Baik, Ustaz." Atlas mengangguk patuh. Semangatnya terpicu untuk menghafal lebih keras lagi.

Selalu ada rasa puas dalam hati Atlas tiap kali bertemu dengan Ustaz Nurin. Dari beliau Atlas memahami kalau ada yang lebih sulit dari sekadar menghafal Al-Quran, yaitu mempertahankan hafalan dan kandungannya.

Atlas percaya, kelak semua itu akan membuahkan hasil di kemudian hari, karena nikmat yang Allah berikan mungkin akan datang di tempat dan situasi yang tidak dapat diduga. Dan, kapan pun nikmat itu akan diambil kembali, Atlas harus siap menerimanya.


27 April 2021
Menuju Pre Order






***

Gimana prolog barunya? 🤭

Langsung jatuh cinta gak sama sosok Atlas?

Jadi, untuk versi novel, gue jamin hampir 100% bakal beda dari versi sebelumnya. Insya Allah, novel ini bakal lebih bermanfaat buat kita semua, pemuda akhir zaman.

Pokoknya harus halalin Atlas!

Tabungan belum cukup, gimana dong?

Tenang, seperti biasa, gue akan bantu para pembaca 💙

Jangan lupa juga buat racuni teman-teman yang lain untuk baca kisah Atlas.

💢Paling penting, jangan lupa baca al-qur'an juga ya.

Atlas [Sudah Terbit]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang