N. Keegoisan?

17 7 0
                                    

Ini menarik. Suatu waktu jemariku sibuk menggulung layar ponsel yang di dalamnya menampilkan banyak kehidupan sosial media. Berbagai momen dan kegiatan terpampang di sana. Mulai dari tutorial masak-masak, hingga berita politik yang panas.

Ketika tak sengaja mataku mendarat di salah satu postingan instagram, Aku langsung membaca tulisan di dalamnya.

Kau tahu apa isinya?

Ini adalah kutipan dari penulis buku yang berjudul Grow Old Gracefully yang bernama J. Maurus.

Orang-orang yang kesepian biasanya orang yang egois karena mereka selalu berpusat kepada diri mereka sendiri.

Waw. Kalimat yang sungguh menarik. Sesuai dengan apa yang ku rasakan dan mungkin kau juga. Tapi ada sesuatu yang mengganjal dari kalimat itu.

Aku tidak menyalahkan perkataan J. Maurus. Sama sekali tidak. Tapi jika Aku tak setuju itu bukan sebuah kesalahan kan? Lalu jika Aku setuju, bukan berarti itu cerminan dari pembenaran.

Aku suka terhadap segala sesuatu yang menyangkut tentang sepi dan kesepian. Apapun itu. Terutama buku-buku yang membahas tentangnya. Termasuk yang ku baca di postingan itu.

Tuhan memberiku begitu banyak nikmat dan keberuntungan karena sudah mempertemukanku dengan kalimat itu. Meskipun Aku tidak terlalu setuju.

Kau tidak tahu seberapa bahagianya Aku membaca kalimat itu. Kata-kata nya membuatku kembali bertanya-tanya untuk ke sekian kalinya tentang sepi.

Benarkah orang-orang kesepian itu adalah orang yang egois? Dengan alasan berpusat pada dirinya sendiri?

Menurutmu bagaimana?

Apa Kau ingin mengetahui jawabanku?

Atau Kau sudah merasa cukup menerima jawaban darinya saja?

Berguru Kepada SepiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang