31. Perceraian Pak Leo

6K 618 10
                                    






“Oke” sepanjang lorong hotel menuju kamar, gw telfonan sama temen yang intinya besok pagi ga ada jam kuliah, berarti besok kuliah jam 11 siang.

Pulang dari rumah mas Aga, gw dan pak Leo langsung balik hotel karena kan gw kuliah pagi, eh tau nya ga jadi.

Pak Leo langsung ke kamar mandi ganti baju dan mandi mungkin, dia selalu mandi tiap dari luar.

Gw rebahan miring meluk bantal setelah cuci muka dan kaki, main hape sambil nonton TV, biar ada suara aja sih sebenarnya.

Pak Leo lewatin gw udah habis mandi tanpa ngeringkan rambut, buka pintu kamar dan duduk dibalkon. Buka Tab nya seperti biasanya. Kerja.

Gw liat punggung pak Leo, kepala nya nunduk karena liat Tab, tato 3 huruf di tengkuk nya keliatan jelas, karena baju depannya di tarik ke belakang buat ngehalau angin balkon, jadi kerah belakangnya turun.

Tatonya ada dibahu, tengkuk, dan lengan kanan kiri, di badan dalem nya bersih tanpa tatto.

Hufffttttt

Gw miring ke kanan, belakangin pemandangan punggung pak Leo. Tivi masih nyala dan hape gw taruh di lantai. Pak Leo selalu negur kalo naruh hape dikasur. Posisi gw juga tangan nya ke arah lantai jadi ga sengaja aja gw taruh di lantai lanjut ngalamun.

Gw bahas ga ya soal kissing kemaren malem. Tujuan gw bukan buat godain pak Leo.

Sopan ga si kalau bahas? Apalagi alasan gw kurang ajar banget.

Cuman buat nyari tau tentang diri sendiri.

“Sreeeekkkkkk...” suara pintu kamar di geser.

Pak Leo masuk kamar, nutup korden trus berasa kasur gerak berarti sekarang udah di kasur kan??

“Dek,?” Pak Leo longok ke gw sampe gw bisa liat kepalanya di atas sisi badan gw

“Hmm?”

“Kira merem” pak Leo balik duduk nyender

Gw ga ngubah posisi, lagi enak soalnya

“Mau ngobrol ga?” Tawar pak Leo sambil ngecilin volume tivi

“Ngobrol apa?” Gw ga ngubah posisi karena mikir kalo obrolan nya seru ya baru balik badan

“.....” pak Leo ga jawab tapi ada suara air dituang ke gelas, wine kah? Mungkin

Bau nya wine.

Karena di meja sebelah pak Leo emang ada wine.

“Kamu minum wine ga?” Kan bener

“Ga pak” gw balik badan masih tiduran tapi sekarang telentang

“Laper?” Basa basi nya banyak banget sambil nengok ke gw

“.....” gw geleng doang

“Saya pernah menikah dek” tatapan nya ke gw,

“Umur 26” pak Leo lanjutin cerita tapi pelan pelan

Ada rasa sakit kah?

“2 taun setelahnya hubungan kami ga bagus karena terkecoh beberapa pihak tentang belum punya baby, ex wife ada masalah di rahimnya”

Pak Leo ngubah posisi, duduk bersila di depan perut gw, dia juga naruh gelas wine di meja sebelum ngubah posisi nya.

Gw masih rebahan tapi miring ke arah pak Leo, pak Leo natap gw setiap ngomong.

“Mental ex wife sampai terganggu, tensi nya naik terus, sering drop juga. Sampai dititik lelah pasti, saya paham itu, punya baby ga semua orang bisa dapet dengan mudah kan?....”

Gw tetep diem liat pak Leo cerita

“Dia milih buat nyerah, ngajuin cerai. Debat panjang selama berbulan bulan, saya takut mentalnya rusak dan fisiknya semakin ga kuat. Kita ga nemu solusi terbaik, akhirnya cerai. Bodohnya kami, bukan, saya. Bodohnya saya kenapa tetap ngasih jalan buat cerai. Setelah perceraian sah, 3 minggu berikutnya, dia dinyatakan keguguran. Kehamilannya tidak kami ketahui sama sekali”

Gw tetep diem. Pak Leo ga ngubah posisi.

“selama 2taun setelah exwife dinyatakan keguguran itu, saya ga kerja. Mental saya rusak. Setiap ketemu orang saya takut. Tiba-tiba ga bs bawa kendaraan, ketakutan aja gitu. Was was, khawatir, semua makanan ga bisa masuk kecuali air putih dan roti tawar. Selalu mual muntah. Bahkan saya ga komunikasi sama siapapun, ketakutan terus”

Pak Leo jeda lagi ....

Ambil nafas dan buang nafas setiap jeda

“Saya merasa telah membunuh anak saya sendiri” kalimat nya keluar bersamaan dengan meluk gw yang masih tiduran miring.

Pak Leo sesenggukan. Air mata nya terasa netes di leher belakang gw.

Luka nya kebuka.

Posisi gw ga bisa meluk pak Leo, tangan gw ke tindih semua. Gw diem. Ga punya kalimat penenang apapun.

Gw tarik tangan kiri gw trus ngubah posisi buat telentang, narik kepala nya pak Leo ke samping telinga gw. Gw usap2 rambut belakangnya.

Tangan kanan gw meluk punggungnya.

Masih nangis.

Sosok yang gw lihat kuat, selalu ketawa dan receh. Punya luka juga.

Setiap manusia pasti punya luka nya masing masing. Siapapun itu.

.

.

.

Gw kebangun karena pak Leo batuk batuk hampir mau muntah, sekarang masih gelap entah jam berapa.

Pak Leo duduk di tepi kasur sambil nepuk nepuk dadanya. Gw nyamperin ikut duduk di sebelah pak Leo.

Gw jalan ambil air mineral trus gw suruh pak Leo minum.

“Thanks” ucap pak Leo sambil ngasih botol ke gw

Gw ambil telapak tangan kirinya, gw tekan tekan. Ga ada ekspresi sakit di wajah pak Leo, ga ada pergerakan spontan rasa sakit efek tekanan di telapak tangannya.

Berarti dia oke.

“Rebahan lagi pak” pak Leo hanya shock habis cerita masa lalu nya. Gw masih duduk di tepi kasur.

“Sini dek” pak Leo nepuk kasur sebelah nya, nyuruh gw naik ke kasur seperti posisi sebelumnya.

Gw ikutin tapi duduk nyender.

Gw liat intens setiap pergerakan pak Leo. Gw taruh tangan kiri pak Leo di atas paha gw, gw pijitin telapak tangan dan jari jari nya. Bentaran doang. Trus gw peluk pake kedua tangan gw, gw taruh di dada gw.

“Boleh peluk kamu aja ga?” Tanya pak Leo liat atas ke muka gw

“Boleh”

Pak Leo narik badan gw biar rebahan, muka kita ketemu deket banget

“Boleh ciuman lagi ga?” Lirih suaranya

“Ga”

Pak Leo nanggapin jawaban gw pake senyum.

Kisah Tak Sempurna (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang