Hening.....
Sama sama diam.
Pikiran gw flashback amarah Ayah waktu di Rimbu Bujang, didepan penduduk desa dan teman teman mahasiswa, Ayah dateng ke daerah tempat ku kunjungan desa. Nampar berkali kali dengan intonasi kata kata yang tinggi. Intinya marah. Hubungan yang seharusnya tidak dijalani.
Alm Mama juga lebih banyak diam ke gw, berbulan bulan termasuk waktu ke rumah alm Mama setelah meeting di Bandung, pertemuan awal dengan pak Leo.
Bahkan sampai saat ini meski Jo melunak kasih uang, tapi tetap aja hubungan dan komunikasi nya ga bagus.
Sebenarnya gw belum menemukan jawaban atas diri sendiri. Tapi lebih baik cut sekarang. Situasi nya tidak mendukung kan?
Gw bukan mencoba menjadi lebih baik. Gw hanya mau memulai awal baru.
Ada masa depan Ayah, Jo, Joan dan 4 adek gw (dari pernikahan alm Mama dan suaminya). Yap sekarang gw menanggung 4 adek gw, 3 perempuan dan 1 laki laki. 3 perempuan pertama adalah anak sambung alm Mama, berarti hasil pernikahan dari suami alm Mama dan alm istrinya. Yap ibu mereka sudah meninggal.
Dan 1 laki laki bontot adalah hasil pernikahan alm Mama dan suaminya. Entah sedarah atau bukan, tetap saja mereka saudara ku. Yang pertama Annisa, yang ke 2 Azizah, yang ke 3 AL Lail dan si bontot Ahnaf. 2 perempuan pertama usianya di atasku, dan 2 terakhir di bawahku.
Suami mama rantau ke luar negeri setelah meninggal nya alm Mama. Karena ada masalah finansial di keluarga besar mereka.
Hidup gw sekarang untuk ke 4 adek gw. Masa depan mereka masih bersih.
Gw ga mau kasih luka lagi ke orang orang sekitar gw.
Lagipula pak Leo sepertinya juga sama kek gw, sedang mencari perasaan nya sendiri.
.
.
.
“Perempuan jangan kamu jadikan uji coba dek, apalagi sampai action kissing misal seperti ke saya”
Jleb!!!!
Hati gw rasa di hantam batu besar.
Pak Leo memulai obrolan.
“Yang melahirkan kita perempuan, mantapkan dirimu dulu sebelum kamu menjalin hubungan dengan perempuan” lanjut pak Leo lagi
Gw ga nengok ke pak Leo. Tapi gw memahami maksudnya.
Pak Leo bener.
“Yang kamu pertimbangkan harusnya bukan keluarga mu, tapi dirimu sendiri. Ketika kamu bisa memikirkan masa depan Ayahmu, Jo, Joan, sakit hati alm Mama, dan keluarga besarmu, tapi kamu lupa bahwa yang akan bersama mu satu sosok baru, kalau pilihan mu perempuan, berarti kamu melupakan perasaan sosok baru ini hanya untuk menambal luka orang banyak”
Pak Leo jeda ucapan nya....
“Pasangan itu yang akan hidup sekasur dengan kita, bicara dari A sampai Z. Bahkan kadangkala kita harus bisa membaca pikiran dan gerakan tanpa huruf A sampai Z, banyak hal tersirat yang gak bisa di liat dengan mata. 24 jam berpikir bersama, menemani suka duka, bukan hanya soal hidup bersama seperti ‘manusia berpasangan pada umumnya’ .” Pak Leo noleh ke gw
Gw tetep fokus ke jalanan.
“Perasaan pasangan harus didahulukan dari semua perasaan orang lain sekalipun orang tua, meski kadang kala pasangan juga harus ngalah ke mertua” lanjut pak Leo lagi
Pak Leo inget ga ya? Umur gw baru 18 taun. Bahasanya berat banget.
“Hmmm.... pak?”
Pak Leo ga nyaut tapi noleh nunggu kalimat selanjutnya.
“Kecuali kalau kamu jatuh cinta” pak Leo lanjutin lagi.
“Ke??” Tanya gw ke pak Leo
“Perempuan” jawab pak Leo.
“Dulu pak Leo cerita ke exwife sebelum menikah tentang pernah punya masa lalu dengan laki laki, gimana?” Gw udah ngorek privasi pak Leo dalam banget.
“Saya ga cerita, dia kawan kantor saya jadi tau bagaimana sifat dan keseharian saya” jelas pak Leo
“Dulu sekantor tiap pulang langsung ke bar, hampir tiap hari” lanjut pak Leo sambil ketawa kecil.
“Pulang jam 4 trus sarapan di mantraman, gitu terus rutinitas satu kantor, ke konser music bareng, nongkrong bareng, circle nya ya itu itu aja” pak Leo keliatan banget Happy dari raut wajahnya.
“Ambil kiri, trus parkir masuk, kita makan dulu dek” suruh pak Leo tiba tiba aja,
“Bisa ngrokok ga pak?”
“Boleh, booking yang gazebo aja” pak Leo juga ngambil rokoknya dan dompet.
Kita reservasi dulu, pak Leo ke toilet dan gw langsung ke gazebo trus ngrokok.
Nyender dan selonjoran. Udah lama juga ga nyetir jauh gini. Lumayan pegel nih kaki. Pak Leo dateng bawa 2 botol pocari dingin.
“Nih minum” udah di buka tutup botolnya sama pak Leo
“Pak, nanti ingetin isi bensin, tinggal 2 strip hlo”
“Iya” gitu doang jawabnya.
“Kamu ngrokok keknya lebih kenceng dari saya” lanjut pak Leo lagi
“Ga juga pak, kadang juga berhari hari ga ngrokok” gegara lu aja gw kliatan ngorok mulu, berat pikiran gw kalo udah sama lu pak!!!
Pak Leo ikut ngrokok juga, sibuk kita sama rokok dan pikiran masing masing.
“Makasih mas” kata gw dan pak Leo barengan ke 3 waiters yang dateng anter orderan kita.
Gw ke wastafel buat cuci tangan, trus makan bareng pak Leo.
.
.
.
.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kisah Tak Sempurna (End)
RandomHanya tentang aku dan abang. Yang setiap hari belajar cara memahami satu sama lain. Berusaha menurunkan ego masing masing. Dan bersikap sedikit lebih baik dari hari kemarin untuk satu sama lain. Bukan cerita yang indah setiap harinya. Kisah yang jau...