Tidak seperti hari-hari biasanya yang selalu dijemput sama abang-abangnya tercinta, trio bocil kali ini pulang sendiri naik kendaraan umum berwarna ijo bernama angkot. Cuma sampe pertigaan, habis itu mereka lanjut jalan kaki sampe kostan. Sepanjang jalan, Jungwon sama Riki harus tebelin telinga mereka karena Sunoo yang nggak berhenti ngedumel sejak mereka turun dari angkot.
"Kenapa kita gak diturunin sekalian sampe depan kostan, sih?!" Sunoo sibuk ngehalang mukanya dari matahari yang hari ini gak tau kenapa teriknya kebangetan, terus lanjut ngomel-ngomel. "Panas banget, jir! Sampe kostan gue harus maskeran ini, item muka gue!"
"Diem deh, No. Daritadi nyerocos mulu lo nggak capek apa? Jalan bentaran doang gak bakal bikin lo jadi gosong!" Kata Jungwon yang udah gedeg sama mulut Sunoo. Mana cuacanya panas begini, tadi di angkot juga mereka desek-desekan ditambah Sunoo bawel apa gak pusing jadi Jungwon.
Sementara Riki yang jalan di tengah antara dua cowok manis itu lebih milih diem, walaupun sebenernya juga mulutnya gatel pengen sambat tapi nanti malah dia yang kena sambit sama Jungwon. Jungwon kalau udah ngamuk serem.
Akhirnya mereka bertiga sampe di kostan. Riki ngangkat salah satu pot tanamannya Jake yang sengaja dipajang di halaman kostan buat ngambil kunci. Soobin biasanya nyimpen kunci kostan disitu kalau semua penghuni pergi keluar.
"Laper, nih." Kata Riki waktu mereka baru selangkah masuk ke dalem kostan yang sepi. Abang-abang mereka belum pada pulang dari urusannya masing-masing.
"Ganti baju dulu, baru makan. Kayaknya sarapan tadi pagi masih ada deh." Sesuai instruksi Sunoo, trio bocil langsung mencar ke kamarnya masing-masing.
Riki yang duluan selesai ganti seragamnya jadi kaos oblong sama celana pendek ngacir ke meja makan. Gak lama disusul Sunoo sama Jungwon. Cacing-cacing peliharaan mereka udah pada demo massal di dalem perut.
"Gak ada makanan, kampret." Riki misuh liat meja makan yang gak ada makanannya. Yakali mereka nyemilin saos sama kecap.
"Perasaan tadi pagi Bang Taehyun masak banyak."
Kayaknya si Jungwon ini lupa kalau penghuni kostan Pelangi perut karet semua. Mau sebanyak apapun makanannya, kalau udah di tangan mereka ya ludes.
"Terus gimana dong?" Riki yang udah lemes nyenderin kepalanya ke atas meja. Udah gak ada tenaga lagi dia.
Sunoo ngebuka kulkas dan ngecek isinya. Dia emang gak bisa masak, tapi kalau cuma goreng telor doang dia juga bisa. "Gue gorengin telor, ya? Mau nggak?"
Jungwon sama Riki ngangguk setuju, udah laper berat mereka. Sunoo ngambil tiga butir telor dari dalem kulkas, siapin peralatan masak gak lupa minyak goreng. Tapi waktu cowok manis itu nyalain kompor, apinya gak muncul-muncul dan malah kecium bau gas.
"Yah, gasnya habis."
Jungwon sama Riki yang denger itu bangun nyamperin Sunoo. Jungwon ngecek gasnya dan beneran habis, kayaknya Taehyun lupa ganti tadi pagi. Sebenernya ada gas cadangan, Yeonjun sengaja beli karena mereka sering banget kehabisan gas mendadak kayak begini.
Masalahnya, gak ada dari mereka yang bisa pasang gas. Yeonjun, Taehyun, sama Jay doang yang bisa pasang karena mereka sering masak dan kebetulan merangkap jadi koki kostan juga.
"Gue gak bisa pasang gas."
"Apalagi gue, anjir."
"Gue aja yang pasang sini."
Sunoo sama Jungwon auto melotot ke arah si Riki yang udah ancang-ancang mau copot gas dari regulatornya. "JANGAN!!"
Plak!
Sunoo nabok tangan Riki. "Lo jangan macem-macem ya, bangsat! Nanti kostan kita meledak gimana?!"
"Kagak bakal elah, percaya sama gue."
"Musyrik percaya sama lo."
"Emang lo udah pernah pasang gas, Rik?"
Riki ngangguk ngejawab pertanyaan dari Jungwon. "Gue sering pasang gas dirumah. Bisa kok gue."
Jungwon sebenernya ragu. Bukannya apa, pasang gas kan lumayan bahaya, takutnya nanti meledak gimana. Tapi mereka udah laper banget daritadi. Mau makan doang ada aja cobaannya, heran Jungwon. "Yaudah hati-hati ya, Rik."
"Oke. Santuy."
"Won!" Sunoo mau protes, dia gak percaya si Riki. Tapi tangannya keburu ditarik sama Jungwon buat sembunyi dibalik tembok yang jadi pembatas antara dapur sama ruang tengah.
Disisi lain Riki lagi fokus ngeganti gas yang kosong sama gas cadangan. Tapi waktu dia selesai pasang regulatornya, gasnya malah bunyi bikin dia panik, biasanya kalau Riki pasang gas gak pernah bunyi. "Anjir ini gasnya bunyi!!"
Sunoo dan Jungwon langsung ikutan panik, apalagi bau gasnya yang udah menyebar dan sampe kecium ke ruang tengah.
"Anjir kata gue juga apa!!" Sunoo kelabakan mondar-mandir gak jelas. Suasana chaos seketika.
"Cabut lagi aja, Riki!" Teriak Jungwon yang udah narik lagi tangan Sunoo buat sembunyi, kali ini di samping tangga.
"Takut meledak!" Si Riki malah lari ikutan sembunyi sama si kembar kostan. Dia juga panik sama bingung mau ngapain, sementara gas masih bunyi dan baunya makin kemana-mana.
Ditengah kepanikan trio bocil, kedengeran suara motor dari luar. Jungwon yang hafal suara motor siapa langsung lari keluar ninggalin Sunoo sama Riki yang tambah panik karena ditingggalin dan nyusul Jungwon keluar.
"BANG JAY!!!! TOLOOONNGGG!!!!"
Jay yang lagi parkirin motornya di garasi kostan kaget waktu Jungwon teriak-teriak sambil lari-lari nyamperin dia terus yang lebih muda tarik-tarik tangan dia rusuh.
"Astaga, dek! Kenapa sih?! Bentar anjir ini belum distandar!"
"Bang, gasnya mau meledak!"
Jay ngerenyit bingung. "Hah?"
"Tadi kita ngeganti gas soalnya habis tapi malah bunyi!"
"Anjing!" Jay baru konek. Dia langsung lari kedalem disusul trio bocil dan tambah kaget nyium bau gas. Cowok itu ke dapur, dia lempar ranselnya sembarang dan cepet-cepet buka jendela di dapur terus benerin gasnya sampe gak bunyi dan gak ngeluarin bau lagi.
Seketika trio bocil ngehela napas lega. Gak jadi meledak kostan mereka. Jungwon ngambil tas ransel Jay yang tergeletak di lantai, dia taro di kursi.
"Siapa yang pasang gasnya?"
"Gue, Bang."
Jay ngehela napas. "Lain kali yang bener ya, Rik. Lo nggak bener masang regulatornya, terus jendelanya buka biar gasnya keluar dan gak mendep di ruangan."
"Iya, Bang. Gue panik tadi, biasanya kan gue kalau pasang gas bener-bener aja, gak pernah bunyi."
"Sialan, jantungan gue. Ada-ada aja lo pada."
Trio bocil malah cengengesan doang.
Jay ngeliat ada telor di deket kompor terus dia ngelirik meja makan. "Lo pada laper?" Tanyanya yang jelas-jelas dapet anggukkan dari trio bocil.
"Gue masakin, deh. Tapi gue mandi dulu, ya."
"Oke, Abang!!"
Jay senyum, ngusap lembut kepala Jungwon sebelum ngambil tas ranselnya terus beranjak dari dapur buat mandi dan habis itu masakin trio bocil, kebetulan dia juga laper. Jay ngejitak kepala Riki waktu ngelewatin yang lebih muda dan cepet-cepet lari sambil ketawa sebelum Riki ngebales dia.
"Si anjing giliran sama Jungwon aja lembut kayak pantat bayi, sama gue malah minta di anjingin!"
axellezenn, 27-04-2023
To Be Continue
KAMU SEDANG MEMBACA
Teman Serumah [TXT & Enhypen]
FanficJangan tertipu sama covernya yang dark. Ini cuma cerita sederhana tentang indekos yang diberi nama Pelangi, alasannya jelas karena penghuninya kaum pelangi semua. Warning! Boys love, bxb, lokal, fluff, comedy, 17+, freaky, non baku, bahasa kasar. So...