Chapter 19 : Tangkap Maling

1.3K 158 13
                                    

Enam orang penghuni lantai dua kumpul di dalem kamar Yeonjun sama Jay. Mikirin rencana buat nangkep maling yang sekarang lagi berkeliaran di kostan mereka. Entah udah berapa banyak barang mereka yang diambil sama si maling.

"Apa kita biarin aja malingnya keluar sendiri?" Tanya Jake setelah sekian menit mereka diem-dieman. Jake yakin, gak ada satu pun dari mereka yang mikir. Orang otaknya pas-pasan semua, mana konek disuruh mikir jam segini.

"Raib semua dong nanti barang-barang kita, Kak. Masa ada maling kitanya pasrah aja." Sahut Sunoo yang masih agak kesel gara-gara dibangunin padahal lagi enak-enak mimpi. Lagian ganggu orang tidur aja malingnya, gak bisa nanti aja apa waktu siangan dikit.

"Tapi kita kan gak tau malingnya bawa senjata apa nggak. Daripada kita kenapa-kenapa."

"Kayaknya malingnya gak bawa senjata. Kalau pun bawa pasti udah kayak di film-film, pintu kamar kita di dobrak terus kitanya di iket sambil diancem, terus maling lainnya ngambil barang-barang kita." Kata Beomgyu sambil rebahan di kasur Yeonjun sambil ngelonin Sunoo.

Emang cuma mereka doang ada maling masih bisa santai.

"Lo kebanyakan nonton drama," Cibir Heeseung ke sahabatnya itu, Beomgyu ngebales pake muka ngejek. Heeseung ngedengus sambil ngasih jari tengah ke Beomgyu, dia ngeliat ke arah Jay yang lagi kontekan sama penghuni lantai bawah. "Jay, malingnya masih dibawah?"

Jay ngangguk tanpa ngalihin pandangannya dari layar ponsel. Dia lagi sibuk nanyain keadaannya Jungwon. Bukan apa-apa, Jay takut si Jungwon kenapa-kenapa doang.

Padahal Jungwon bukan siapa-siapa Jay.

Taehyun dibawah sana ngedecak kesel. Lama-lama di block juga nih nomornya si Jay. Bawel nanyain Jungwon mulu padahal udah dikasih tau cowok manis itu aman sejahtera sentosa.

"Kata Taehyun malingnya lagi dikamar Sunghoon sama Riki." Jay ngedongak. Dia akhirnya berhenti nanyain Jungwon setelah dikirim pap muka manisnya sama Taehyun.

"Diambil dong barang-barangnya Bang Sunghoon?" Tanya Sunoo sambil bangun dikit dari posisi rebahannya.

"Iya lah."

"Kasian." Sunoo ngegumam. Habis itu balik lagi rebahan sambil meluk Beomgyu. Lama-lama dia tidur lagi ini, kepalanya di puk-puk mulu sama Beomgyu, Sunoo kan jadi ngantuk.

Yeonjun diem doang daritadi. Antara merenung karena si maling bisa masuk gara-gara dia lupa kunci pintu belakang, sama mikir gimana cara nangkep malingnya.

Jake ngehela napasnya, nyenderin kepalanya di bahu Heeseung. Waktu matanya mau merem, Jake gak sengaja ngelirik pojok kamar dimana ada sapu--yang dibawa sama Beomgyu sebagai bentuk pertahanan diri, jaga-jaga ada maling yang nyerang di jalan katanya. Padahal kamar Beomgyu-Sunoo sama Yeonjun-Jay hadep-hadepan.

Jake langsung duduk tegak. Heeseung ngelirik pacarnya, dia tau Jake lagi kepikiran sesuatu. Nanya dong dia. "Kenapa?"

Jake nyengir waktu semua orang dikamar itu ngeliatin dia. "Gue ada rencana."











Yeonjun pelan-pelan nurunin tangga sambil genggam erat sapu. Dibelakangnya disusul Jay yang langsung ngacir ke dapur dan gak lama balik lagi bawa teflon. Dua cowok itu tatap-tatapan terus ngangguk bersamaan.

"Abang-abang, hati-hati.." Bisik Sunoo dari atas tangga yang dibales ancungan jempol dari Yeonjun.

"Aduh, gue yang deg-degan." Kata Jake sambil ngeremes tangan Heeseung.

Yeonjun sama Jay jalan ke kamar Sunghoon sama Riki, ngintip dikit ke dalem dan ngeliat dua orang maling lagi masuk-masukin barang hasil curian mereka ke karung besar yang mereka bawa dan pas banget posisi mereka lagi ngebelakangin pintu.

"Satu...Dua...Tiga!!"

Yeonjun sama Jay masuk barengan ke dalem kamar setelah Yeonjun ngasih aba-aba. Yeonjun pukul kepala maling yang lebih tinggi pake gagang sapu bikin maling itu pingsan seketika.

Yeonjun nganga. Dia gak ekspek pukulannya bikin si abang maling K.O. "Anying langsung pingsan.."

Tung!

Jay juga mukul kepala maling satunya pake teflon yang dia bawa. Cowok itu ngedengus, si maling juga pingsan kayak temennya. Emang si Jay pukulnya nggak main-main.

"Cih! Dasar manusia-manusia lemah!"

"Udah kayaknya, ayo turun." Heeseung turun duluan paling depan disusul tiga uke dibelakangnya.

Tapi tiba-tiba mereka dibuat kaget waktu ada satu maling lagi keluar dari kamar mandi bawah. Mereka buru-buru balik naik lagi sebelum maling itu nyadar sama kehadiran mereka.

"Anjing ada lagi?!"

Mereka semua panik. Dikira cuma ada dua maling tau-taunya tiga. Mana tadi Heeseung sempet ngeliat maling itu simpen belati di saku belakangnya.

"Kok muncul dari kamar mandi, anjir?!"

"Malingnya habis berak. Mencret."

Jake lari ke kamarnya ngambil sesuatu terus dengan berani turun ke lantai bawah.

"Jake!!"

Heeseung, Beomgyu, dan Sunoo tambah panik dan mau gak mau nyusul Jake ke bawah.

Jake ngeliat maling itu di ruang tengah, ngebelakangin dia. Jake lari sambil bentangin selimut dia yang dia ambil di kamarnya tadi. Sebelum maling itu noleh, Jake lebih dulu ngebungkus si maling pake selimutnya.

Heeseung sama Sunoo gercep ikut ngebantuin karena maling itu ngeberontak. Beomgyu lari ke arah dapur dan balik lagi bawa panci yang langsung dia pukul sekuat tenaga ke kepala si maling sampe pingsan dan pancinya penyok.

Mampus, diamuk Yeonjun nanti si Beomgyu.

Yeonjun sama Jay yang keluar dari kamar Sunghoon-Riki sambil nyeret dua orang maling lainnya kaget.

"Buset ada tiga?"

"Sunoo ambil tali cepet!"

Sunoo ngacir buat ambil tali sesuai perintah Yeonjun di halaman belakang. Gak lama dia dateng bawa tali tambang bekas bikin jemuran. Yeonjun sama Heeseung ngiket ketiga maling yang pingsan itu.











Pagi-pagi banget kontrakan Pelangi rame dan heboh sama warga sekitar. Setelah berhasil ngebuat lumpuh si abang-abang maling subuh tadi, Soobin langsung lapor ke RT setempat.

Maling-maling itu dibawa ke kantor polisi dan sebagian dari mereka berduabelas harus ikut sebagai saksi. Akhirnya Jungwon yang pergi--karena dia yang pertama kali ngeliat si maling, ditemenin sama Taehyun, Heeseung, dan Soobin.

Penghuni sisanya ngeberesin kostan yang berantakan setelah kerumunan warga bubar. Padahal ini hari Rabu, tapi mereka semua kompak dan sepakat buat izin sekolah sama kuliah.

Alibi doang shock kostan kemalingan padahal emang pada males aja.

"Astaga sayangku cintaku, untung kamu gak jadi dibawa pergi!" Sunghoon nangis bombay sambil melukin laptopnya yang sempet jadi barang curian, untungnya terselamatkan. Sebagian hidup Sunghoon ada disitu semua soalnya, kalau ilang ya mampus sudah. Died.

"Lebay lo!" Jay bombastic side eye ke si Sunghoon tapi cowok itu gak peduli. Biarkan Sunghoon melepas rindu dengan kesayangannya. Belahan jiwanya.

"Ini yang diambil cuma televisi, PS, laptop, sama hp doang kan? Yang lain ada barangnya yang ilang gak?" Tanya Yeonjun setelah memastikan satu-satu barang yang sempet dicuri. "Kunci-kunci?"

"Aman semua, Bang."

"Pintu sama jendela gak ada yang rusak?" Tanya Yeonjun sekali lagi.

Sekali lagi Kamal ngejawab. "Gak ada, Bang."

"Yaudah kalau gitu. Pada mandi deh lo pada, habis itu sarapan."

Satu-persatu kembali ke kamar masing-masing dan pada rebutan kamar mandi. Sementara Yeonjun nyiapin sarapan, seharusnya jadwal Taehyun hari ini tapi dia kan lagi ke kantor polisi. Kostan udah rapih, bersih, dan kinclong seperti semula.

Jam sembilan, Soobin, Heeseung, Taehyun, sama Jungwon baru pulang ke kostan.





axellezenn, 17-06-2023
To Be Continue

Teman Serumah [TXT & Enhypen]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang