🌾

61 11 0
                                    

Yunho telah mengemudi selama berjam-jam.

Perjalanan dari Inggris ke Skotlandia bukanlah perjalanan yang singkat, tetapi setiap mil yang dilaluinya membawanya semakin dekat kepada sahabatnya selama dua belas tahun, Kang Yeosang. Mereka telah tak terpisahkan sejak kecil, namun kehidupan membawa mereka ke jalur yang berbeda. Yunho pindah ke Inggris untuk bekerja, sementara Yeosang tetap di Skotlandia untuk melanjutkan studinya.

Meskipun jarak memisahkan mereka, ikatan mereka tetap kuat. Mereka tetap berhubungan melalui panggilan telepon dan pesan, tetapi tidak ada yang bisa menggantikan kehadiran fisik seorang sahabat. Jadi, ketika Yunho memiliki waktu luang yang langka dari pekerjaannya, dia memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk bertemu kembali dengan Yeosang.

Lanskap berubah saat Yunho melewati perbatasan, perbukitan Skotlandia yang bergelombang menyambutnya dengan rasa keakraban dan kehangatan. Dia teringat saat-saat mereka menjelajahi tanah-tanah ini bersama, tertawa dan membuat kenangan. Sebuah senyum muncul di wajahnya saat ia mengenang masa lalu.

Akhirnya, dia tiba di kota kecil tempat Yeosang tinggal. Saat itu sudah sore, matahari memancarkan cahaya emas di jalan-jalan yang tenang dan rumah-rumah batu. Yunho memarkir mobilnya di depan sebuah rumah kecil yang nyaman dengan taman penuh bunga yang sedang mekar. Dia menarik napas dalam-dalam, merasakan campuran kegembiraan dan gugup. Sudah terlalu lama.

Dia berjalan ke depan pintu dan mengetuk. Detik-detik terasa seperti berjam-jam hingga pintu terbuka, memperlihatkan Yeosang. Dia tampak hampir sama, dengan mata hangat dan senyum lembut, tetapi ada kematangan dalam dirinya sekarang.

"Yunho!" seru Yeosang, matanya bersinar penuh kebahagiaan. Dia menarik Yunho ke dalam pelukan erat, dan untuk sesaat, mereka berdua tidak berkata apa-apa. Pelukan itu sudah mengatakan segalanya.

"Yeosang, sangat senang melihatmu," kata Yunho, suaranya penuh emosi saat mereka akhirnya melepaskan pelukan.

"Kau juga, Yunho. Masuklah, masuk," Yeosang menjawab, melangkah ke samping untuk membiarkan Yunho masuk.

Bagian dalam rumah itu nyaman dan mengundang, dengan perapian yang menyala di ruang tamu dan aroma roti yang baru dipanggang memenuhi udara. Mereka duduk di sofa yang nyaman, dan untuk sesaat, mereka hanya saling memandang, menikmati kehadiran sahabat yang lama hilang.

"Kau terlihat baik, Yeosang," kata Yunho, tersenyum hangat.

"Kau juga, Yunho. Rasanya seperti sudah lama sekali sejak terakhir kita bertemu secara langsung," jawab Yeosang, suaranya mengandung nostalgia.

"Memang. Tapi kau tahu, meskipun dengan semua waktu dan jarak, rasanya seperti tidak ada yang berubah di antara kita," kata Yunho dengan penuh pemikiran.

Yeosang mengangguk. "Itu adalah persahabatan sejati, Yunho. Apa pun yang terjadi, kita selalu menemukan jalan kembali satu sama lain."

Mereka menghabiskan beberapa jam berikutnya saling bertukar cerita, berbagi tawa. Yunho menceritakan petualangannya di Inggris, orang-orang yang ditemuinya, dan tempat-tempat yang dikunjunginya. Yeosang berbagi pengalamannya di Skotlandia, studi yang membuatnya sibuk, dan hobi baru yang ditekuninya.

Saat sore berganti menjadi malam, mereka pindah ke dapur, di mana Yeosang telah menyiapkan makan malam yang lezat. Mereka duduk di meja, menikmati hidangan dan kebersamaan satu sama lain. Percakapan mengalir dengan mudah, seperti biasa.

"Ingat waktu kita tersesat di hutan dan akhirnya berkemah di bawah bintang-bintang?" tanya Yeosang, dengan pandangan nakal di matanya.

Yunho tertawa. "Bagaimana mungkin aku lupa? Itu salah satu malam terbaik dalam hidupku. Kita hanya punya selimut dan satu sama lain, tapi itu sempurna."

Yeosang tersenyum. "Ya, memang. Kita harus melakukan hal seperti itu lagi suatu saat."

"Pasti. Mungkin akhir pekan ini, jika kau punya waktu?" saran Yunho.

Wajah Yeosang berseri-seri. "Aku akan senang sekali. Mari kita lakukan."

Setelah makan malam, mereka kembali ke ruang tamu, duduk di dekat perapian, berbicara hingga larut malam. Percakapan menjadi lebih dalam, menyentuh harapan dan impian mereka, ketakutan dan keraguan mereka. Itu adalah jenis percakapan yang hanya bisa dimiliki oleh sahabat sejati, percakapan yang membuatmu merasa dipahami dan didukung.

Saat api mulai padam dan malam semakin dingin, Yeosang memandang Yunho dengan ekspresi serius. "Yunho, ada sesuatu yang ingin aku katakan."

Jantung Yunho berdebar. "Apa itu, Yeosang?"

Yeosang menarik napas dalam-dalam. "Beberapa tahun terakhir ini, aku menyadari betapa pentingnya dirimu bagiku. Lebih dari sekedar sahabat. Aku... Aku pikir aku mencintaimu."

Yunho terdiam sejenak, memproses kata-kata Yeosang. Kemudian dia meraih, menggenggam tangan Yeosang. "Yeosang, aku merasakan hal yang sama. Aku tidak tahu bagaimana mengatakannya, tapi aku sudah mencintaimu sejak lama."

Mata Yeosang dipenuhi air mata kebahagiaan dan kelegaan. "Benarkah?"

"Benar," Yunho mengonfirmasi, menggenggam tangan Yeosang lebih erat. "Aku sangat senang kita akhirnya mengatakannya."

Mereka duduk di sana, saling menggenggam tangan dan saling menatap, merasakan beban kata-kata yang tak terucap menghilang dari bahu mereka. Perjalanan panjang, tahun-tahun perpisahan, semuanya mengarah pada momen ini. Dan itu sempurna.

Saat mereka mendekat untuk ciuman yang lembut, Yunho menyadari bahwa perjalanan ini sepadan dengan setiap mil, setiap momen kerinduan. Karena itu membawanya kembali ke Yeosang, tempat ia merasa paling baik.

Dalam kehangatan cahaya api, dengan suara kayu yang retak dan bisikan lembut hati mereka, Yunho dan Yeosang tahu bahwa mereka akhirnya pulang.

Dan tidak ada yang bisa mengubah itu.

Ethereal Episode • All × YeosangTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang