Bagian 6 - Part 4

1K 64 9
                                    

Darwis dan Piri baru tiba di rumah sakit lagi pada tengah malam. Sepanjang perjalanan ia tidak lagi berbicara dengan Piri, begitupun dengan Piri yang sudah membaca bahwa pikiran Darwis sedang tidak baik malam itu.

Setelah memarkirkan motornya, Darwis dan Piri kembali ke ruangan tempat Reza dirawat. Keadaannya masih sama seperti saat ia ditinggalkan tadi. Kesehatannya belum membaik meski sudah satu minggu lamanya Reza dalam kondisi seperti itu.

Keduanya duduk di ruangan itu dalam diam yang lama. Piri hanya memandangi Darwis yang selalu duduk di samping ranjang Reza. Kalau bukan karena keberadaannya disana, mungkin Darwis tidak akan mau makan dan tidak akan mau keluar. Apalagi setelah ibunya meninggal beberapa hari lalu, Darwis benar benar kehilangan arahnya untuk hidup. Satu satunya harapan Darwis adalah melihat Reza sembuh.

Piri dan Darwis berkenalan sudah cukup lama, keduanya adalah teman saat Darwis masih bekerja sebagai buruh bangunan di desa lain. Karena merasa cocok, Darwis kemudian mengajak Piri untuk menggarap sawah dengannya dengan pembagian bagi hasil.

"...Dar, cubo pikia pikiaan baliak, bantulah kawan paja tadi tu dari Surau kampuang.." (Dar, coba pikir pikir lagi, bantulah teman anak tadi itu dari Surau di desamu) ujar Piri.

"...ndak urusan aden gai tu doh Piri.." (bukan urusanku itu Piri) jawab Darwis.

"..iyo bukan urusan ang manyalamaikannyo, tapi urusan ang maagiah tau paja tu. Inyo ndak ka tau a nan bisa nyo karajoan kalau ang aniang.." (Iya memang bukan urusanmu buat nyelamatkan temannya itu. Tapi urusanmu adalah memberi tau dia. Dia gaakan bisa melakukan apapun kalau kamu diam saja..) jelas Piri.

"..tu kalau lah tau nyo, a nan ka dikarajoannyo gakti ang?? Lah elok nyo pai. Iduik tanang jo keluarganyo, lah jadih tu. Jan dek carito dari den beko nyo babaliak ka Surau tu baliak!" (terus kalau dia sudah tau, memangnya apa yang akan dia lakukan menurutmu?? Dia sudah bagus pergi. Sekarang dia sudah bisa hidup tenang dengan keluarganya, sudah. Jangan karena saya nanti cerita ke dia, yang ada dia malah kembali ke surau itu!) jelas Darwis tegas.

"..Aden ndak tau baa kalau ang, tapi kok aden, kok aden ko si Niko tadi, waang tu paja nan masih di Surau tu kini, rancak den mati basamo ang, pado maninggaan ang surang tu den lalok lamak lamak di rumah" (..saya gatau kalau kamu gimana. Tapi kalau kamu tanya saya, seandainya saya jadi Niko tadi, dan kamu jadi anak yang di Surau itu, lebih baik saya mati bersama kamu daripada ninggalin kamu sendirian sementara saya enak enak tidur di rumah..) jelas Piri.

"..." Darwis terdiam.

"Aden tau paja tu ka manolong, tapi nyo ndak tau a masalah sabananyo surau tu Dar.. kalau kicek ang lah bahagia paja tu di rumah, Irih talingo den, malam ko ndak ka lalok gai paja tu di rumahnyo dek mamikiaan ko doh!" (Saya tau anak itu ingin sekali menolong temanya, tapi dia tidak tau masalah sebenarnya Surau itu Dar.. kalau katamu dia sudah bahagia dirumah, potong kuping saya, dia bahkan gaakan tidur malam ini karena memikirkan temannya yang masih di Surau!)

"....." Darwis masih tidak berkata apa apa.

"..Aden ado disiko, mangawanan ang, manjago ang, dek aden tau a nan bisa den bantu untuak ang Dar. Wak bakawan dan itu guno kawan. Kok aden nan tau sejarah Surau tu, indak manunggu ditanyo, lah den kicekan langsuang mah!" (saya disini, temani kamu, ngejaga kamu, karena saya tau apa yang saya bisa bantu untukmu Dar. Kita teman dan itu guna teman. Kalau saya yang tau sejarah Surau itu, tanpa dia tanya, saya akan langsung jelaskan sama dia) Piri semakin berapi api.

"..kok ang tau, siap ang kicekan tu ka urang lain, anak ang maningga, amuah ang?.." (Kalau kamu tau, setelah kamu menyebutkan itu ke orang lain lalu anakmu meninggal, kira kira kamu mau?..) ujar Darwis.

SURAUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang