Six : Unexpected Promise

1.9K 169 1
                                    


"When we have something to crave for, we have to be brave to take steps further." - Imi

*****

"Jadi, kenapa kamu tiba-tiba mau ke Kanada?" tanya mama sinis di depan gue.

Sekarang, gue lagi kumpul sama keluarga. Ceritanya sih gue lagi disidang ini.

Mulai dari mama, papa, bang Brian sama Lilian, terus Rania sama Damian yang tadinya mau honeymoon tapi nggak jadi pun ada di sini.

Gue duduk di tengah-tengah. Mereka ngelilingin gue kayak sesajen.

"Vania.. dapet kerjaan di sana, Ma," jawab gue nunduk.

"Do you really have to leave? There's a lot of jobs in Jakarta, Van. Or, we could go back to your mama's hometown. Bandung's really potential." kata papa dingin.

Gue tau, dia lagi nahan emosi.

Gue emang keterlaluan. Emang. Gue nyadar.

Tapi gue lelah hidup kayak gini.

Kata-kata bang Brian kemaren emang udah buka pikiran gue jadi lebih luas, tapi.. gue udah mutusin buat tetep pergi. Dan itu nggak bisa diganggu gugat lagi.

Lagian kalo gue di sini pun, gue secara langsung udah jadi pengangguran karena surat pengunduran gue di acc tadi pagi. Awalnya sih kantor nanya ini itu, tapi.. bodoamat dah.

Gaji dari mereka tidak se-aduhay gaji yang ntar gue dapet di Kanada. Itu pun kalau gue beneran goal kerja di sana.

Hftt.. nggak apa-apa lah. Seenggaknya gue dah nyoba.

"Kenapa kamu tiba-tiba mau ke Kanada sih? Apa.. ini karena mama yang selalu promo---"

"Ehh.. bukan! Bukan itu.. Kan Vania udah bilang sama mama kalau Vania dapet kerjaan di sana.." Gue buru-buru motong ucapan mama karena gue nggak mau bikin dia ngerasa bersalah.

Gue nggak tega.

Gue sayang mama.

"Tapi kenapa kamu baru bilang sekarang? Pas kamu bakal pergi minggu depan!?" mama mulai ninggiin suaranya.

Gue tau mama kecewa.

Papa, bang Brian sama Rania juga pasti kecewa karena gue ninggalin mereka tiba-tiba begini.

"Sebenernya.. Vania udah lama hunting job di luar negeri, Ma.. Vania pengen dapet gaji yang lebih besar biar Vania bisa cepet buka cafe kayak cita-cita Vania dari kecil dulu.." kata gue meyakinkan.

Mama, maaf Vania bohong.

Kalo yang buka cafe itu sih beneran, tapi.. yang bagian hunting jobnya sama dapet kerjaannya itu loh... gue bohong. Cv aja baru gue kirim lewat e-mail. Belom interview.

Semuanya diem.

"Kalau kamu mau buka cafe, kamu bisa kan minta bantu mama sama papa. Kalau kamu mau gaji yang lebih besar, kamu bisa kerja aja bantuin bang Brian di perusahaan papa. Kenapa sih kamu keras kepala banget?"

"Mama.. aku maunya ngewujudin impian aku pake usaha aku sendiri. Bukan back up dari papa atau yang lainnya. Selama ini mama, papa, bang Brian sama Rania udah cukup banget bikin aku hidup bahagia dan serba berkecukupan. Aku makasih banget sama kalian semua. Tapi.. sekarang Vania udah besar, Ma.. Vania harus belajar mandiri.. Kan, mama juga bilang kalau Vania harus pinter ngurus rumah.. Nah, kalau sekarang rumahnya diurusin sama si bibi mulu, kapan Vania belajarnya?

"Mama juga maunya aku belajar masak, tapi.. gimana aku mau belajar masak kalau sekarang aku dimasakin mulu sama mama dan bibi?

"Mama juga bilang kan kalau mama mau liat aku nikah... Mungkin, kali aja jodohnya Vania bukan di Indonesia, tapi di luar negeri sana. Kayak mama sama papa dulu yang ketemu pertama kali di London, kan? Bisa aja Vania juga kayak gitu.."

DA BOSSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang