•••
Aku menyimpan kembali uang dua puluh ribu tadi ke dalam saku celana, takut doi tersinggung lagi. Sumpah ya, aku gak tau dari mana Pak Restu punya pemikiran kayak gitu. Murah banget dong nyogok Pak Restu cuma dua puluh ribu? Harusnya dari kemarin aku nyogok si resturan pakai duit aja biar gampang kaburnya, tapi susah sih. Pesonanya itu gak bisa disogok pake duit. Menjerat otomatis.
"Enggak, pak. Suer." Aku bingung, mau diri atau duduk? Diri? Duduk? Yaudah diri deh ya, biar gampang kabur.
"Kamu gak usah mepet-mepet tembok gitu, Renata. Saya juga gak bakal aneh-aneh sama kamu, saya gak serendah itu." Dosen terbaper tahun ini jatuh kepada Restu Adinugraha. Selamat ya, pak. Nanti dapat sembako dari saya.
"Tolong pak, plis deh jangan lebay." Untung aja aku ngomong ini ke si Restu ibu gak pakai nada milik T2, lagu artis hits pada zamannya. Padahal aku cuma diri, bersandar ke tembok dekat papan tulis aja, gak se-lebay kata si resturan.
"Tadi maaf, saya ngelihat kamu di akademik tapi saya jalan terus, masuk ke ruangan lain." Si Restu ngomong sambil mainin tempat pensil kecil yang biasa dia bawa kalau lagi ngajar, isinya cuma dua spidol.
Gila lo, Re! Hafal sampai isinya!
"Eh, iya pak. Saya juga gak enak kalau negur bapak. Akademik tadi ramai banget." Tanganku mencari-cari barang yang bisa dipegang, ini dosen apa banget. Dia gak nyapa, dia yang minta maaf. Kocak.
"Saya juga minta maaf. Karena gak kabarin ke PJ kelas kamu secara langsung kalau saya berhalangan selama dua pekan untuk mata kuliah kemarin, tapi mengabarinya melalui PJ kelas lain." Sekarang saya nih pak yang mau minta izin, mau izin buat mikir keras.
Gini loh, terserah bapak dong mau ngabarinnya gimana, yang penting nih kalau bapak gak masuk tapi kabar tuh sampai ke kita. Kita happy, kita bahagia. Yeay!
Kecuali fans-nya si Restu ibu tuh yang pada sedih gagal lihat makhluk Tuhan paling dahsyat di kampus. Lala lala ye ye ye.Aku meraih penghapus papan tulis yang ada di meja dosen, tangan udah basah karena keringat dingin. Panik.
Udah lama gak ketemu terus 'disekap', disekap sama aura dominannya si restu ibu. Gimana gak keringat dingin?! Cuma ada suara berisik di luar sama suara AC yang dinginnya amit-amit di dalam kelas. Aku sok sibuk aja menghapus pelan-pelan tulisan yang ada di papan tulis sambil dengerin si restu, mau ngomong apa aja sampai berbusa juga terserah. Yang pasti sebelum si restu ngomong sampai berbusa, aku udah tenggelam gara-gara keringat dingin."Renata!" Merdu banget sih itu suara. Tapi kok GGN, ganteng-ganteng ngagetin.
"I-iya, pak."
"Kamu dengar kan saya ngomong apa?"
"Dengar, pak. Bapak minta maaf kan karena gak masuk pekan kemarin?" Aku mencoba mencerna selagi ditatap sama tampang songong bin ngocol tapi cakepnya Pak Restu.
"Kamu baru dengar sampai situ? Saya udah ngomong panjang lebar, kamu baru dengar sampai situ?" Lah, lah? Dia frustasi. Tangannya Pak Restu mengacak rambutnya sendiri, kesel ya pak? Sama saya juga. Saya kan mau pulang. Eh, dihadang sama situ.
"Saya dengarnya itu aja, pak. Iya dimaafin, mahasiswa-mahasiswa bapak juga happy-happy aja dua pekan yang lalu kok." Aku menjelaskan fakta yang sebenarnya keadaan kelas pada mata kuliah beliau dari dua pekan yang lalu, gak boleh loh bohong. Dosa. Tapi, tampang Pak Restu tetap aja gak berubah, frustasi campur kesal. Jujur aja salah, ya?
"Saya sudah gak ngebahas itu, Renata." Kursi dosen yang ada di belakang meja, didorong maju oleh Pak Restu. Dia melangkah mendekat ke arah aku berdiri. Bawaan yang ia bawa diletakkan di atas meja, termasuk tempat pensil yang dimainkannya dari tadi. "Kamu PJ untuk mata kuliah saya di kelas ini kan?" Matanya yang bisa tembus ke tengkorak belakang mulai beraksi. Bolong lagi deh ini kepala.
"Seratus buat, bapak. Hehehe." Lucu dikit lah biar gak tegang-tegang banget.
"Kamu bener gak dengar tadi setelahnya saya ngomong apa?" Si resturan kembali mengulang pertanyaan yang sama.
"Hantu budeg tadi mampir kali, pak. Jadi saya mendadak gak dengar gitu kayaknya. Hehehe." Bercanda dikit lah biar gak horor-horor amat. "Ulangi aja, pak. Kalo gak keberatan. Hehehe"
"Kamu tau kenapa saya gak hubungi kamu selaku PJ matkul saya?" Aku diam, ya gak tau lah. Emangnya Renata adalah adik Roy 'Karma', yang bisa mengendus-endus. "Saya takut, saya akan pulang duluan sebelum urusan saya selesai kalau kemarin saya kontak kamu." lanjut Pak Restu.
Proses mengolah data di otak mengalami hambatan. "Hah? Maksudnya gimana, pak?"
"Saya takut khilaf, kalau saya hubungi kamu kemarin." ulangnya lagi.
Proses mengolah data di otak selesai.
"Aduh. Maaf ya, Pak. Saya yang takut khilaf. Saya pamit pulang ya, ini uang buat bayar hutang kartu KRL yang lalu." Aku buru-buru merogoh uang dua puluh ribuan yang ada di saku celana dan meletakkannya di atas meja. Bahaya kalo Pak Restu sudah masuk mode kayak gini. "Pamit ya, pak. Permisi. Duluan" Aku berjalan memutar memilih kabur lewat depan meja dosen, karena si resturan berdirinya di belakang meja dosen dekat papan tulis.
Cklek.
Kabur pun aku membuka pintu kelas dan menutupnya lagi perlahan-lahan, takut menambah murka singa yang aumannya tadi dipotong, maksudnya itu si Restu ibu yang tadi lagi ngomong.Maaf, pak. Maaf, saya kabur. Aku misuh-misuh sambil berjalan ke arah lift.
•••
HEEEELLLLOOOW!!
MAKASIH YANG UDAH MAU VOTE SAMA KOMEN + SABAR NUNGGUIN UPDATE-NYA!! MAKASIH JUGA UDAH BACA!!LOP YU GAISS
KAMU SEDANG MEMBACA
IMPOSSIBLE
RomanceBuat mahasiswa, ketemu dosen yang baik, cakep dan gak pelit nilai itu anugerah. Gimana kalo kamu ketemu dosen yang baiknya dikit, gak pelit nilainya agak banyak dikit, tapi cakep bin julidnya banyak? Terus ditambah modusnya alus? Minat? ••• A story...