Gak terasa udah tanggal 27 aja. Artinya rangkaian acara untuk memperingati Sumpah Pemuda punya Wiratama udah dimulai. Habis jumatan anak perkap udah pada sibuk. Maklum, mereka emang kerjanya kalo udah acara dimulai.
Ijal udah sibuk ngatur anak buahnya buat nata meja yang bakal dipake bazar. Lumayan banyak yang mau ikut, sekitar dua puluh lima. Itu udah bantu banget buat masalah keuangan.
Makanya sekarang anak perkap dibantu anak keamanan ribet banget. Ambil meja kursi dari gudang RW terus dibawa ke tempat acara. Lumayan jauh juga sih, dan bikin capek. Tapi mereka gak ngeluh, toh konsum udah siap menanti.
"Eh eh bisa tolong bantuin gue gak?"
"Apaan, Man?"
"Ambil konsum di rumah gue."
"Siap!"
Delapan enam lah kalo soal konsum.
Habis nata meja kursi sesuai sama urutan yang udah dikasih sama Wicak, Ijal leyeh-leyeh di bawah pohon sawo sambil ngebul. Kebiasaan emang, gak bisa lepas dari rokok.
Nanta nyusul gak lama kemudian. Udah berniat ngambil satu puntung di kotak punya Ijal tapi ditahan. "Gue gak mau kena amuk Yaya."
"Alah bang, gak ada kak Yaya ini."
"Gak, bentar lagi dia mau kesini. Gue gak mau tangan gue patah."
"Halah bang."
Namanya juga bocah ya, dilarang malah tambah jadi. Tetep aja Nanta ambil rokok punya Ijal terus disulut. Peduli amat mau dipatahin tangannya sama Yaya, gak bakal tega juga orang satu itu.
Baru juga asyik lenyeh-lenyeh, Ijal tiba-tiba lari. Nanta ngikutin arah larinya Ijal dan dia ikutan lari. "Bang awas!" Telat.
Kakinya Ijal udah kejatuhan kursi yang tadi dibawa sama anak-anak perkap.
"Heh gimana sih?! Udah tau kelebihan muatan masih aja dibawa! Kalo bang Ijal gak dateng kaki kalian yang kena!"
Langsunglah para anak perkap dan sebagian anak keamanan kena damprat Nanta. Dia emang masih bocah, tapi mana peduli sama sopan santun kalo udah kayak gini.
"Udahlah, Nan. Bantuin gue benerin ni kaki aja, sakit btw."
Beda sama Ijal yang males ribut-ributan. Dia udah tau kalo kursi-kursi itu bakal jatuh. Diliat sekilas aja udah tau, makanya dia langsung lari buat nahan eh tapi ternyata gak keburu. Akhirnya cuma bisa dorong salah satu anak buahnya biar gak ketimpa kursi dan merelakan kakinya biru sekarang.
"Lanjutin lagi aja kerjanya, gue sama Nanta ijin bentar."
"Iya kak, maaf."
"Santai aja."
Terus Ijal narik lengan Nanta buat ke rumah Adi yang paling deket dari sana. Nanta tadinya gak mau tapi liat kakinya Ijal yang mengenaskan, akhirnya dia nurut.
"Lo terlalu baik bang."
"Lo terlalu gampang emosi Nan."
...
"Kakak gak bantuin anak perkap?"
Ahsan yang baru asyik sama coklat jagonya natap Adi yang sibuk ngutak-atik komputer. Sekarang emang Ahsan baru di rumah Adi. Tadi sih ada Yoga sama Yasa, tapi baru pergi beli jajan.
"Biar dihandle Ijal aja, gue mau benerin komputer gue dulu biar besok bisa dipake pas pensi."
"Pake punya aku aja kali pak."
Kebiasaan, Ahsan itu suka manggil Adi dengan sebutan bapak. Bapak ketua.
"Punya lo kan gak bisa dicolok led dek."
"Oh iya lupa."
Terus mereka kembali ke kegiatan masing-masing. Baru juga beberapa saat tenang, udah ada suara ribut aja di pintu masuk.
"Eh, kak Ijal kenapa?"
Reflek Ahsan bangun dari acara duduk-duduk santainya. Dia deketin Nanta yang mapah Ijal. Mukanya panik gitu pas liat kakinya Ijal yang tidak dalam kondisi bagus.
"Ketiban kursi," jawab Ijal singkat. Masih sempet senyum dia tu.
"Kok bisa?"
"Berisik, bantuin dudukin jangan cuma ngomong."
Ahsan akhirnya sadar, dia bantuin Ijal duduk terus lari ke kamarnya Adi. "Kak Adi, p3k kakak dimana?" teriaknya.
"Di laci biasa, dek."
Gak berapa lama Ahsan udah balik bawa p3k. Dia langsung gece bersihin luka di kaki Ijal. Iya, jadi selain biru kakinya Ijal juga merah gaes:")
"Kok bisa?" Adi tanya ke Nanta. Langsung aja dijawab pake emosi, bilang anak-anak gak becus, dll. "Yaudah ntr gue bilang biar lebih hati-hati. Lo balik aja sana, tolong dihandle ya."
"Yodah gue balik."
Adi duduk di samping Ijal. Dia merhatiin Ahsan yang masih sibuk balut lukanya Ijal. Anak pmr sih, jadi ya udah ahli.
"Udah kak."
"Makasih ya dek."
"Kok bisa sih kak? Kakak pasti gak hati-hati deh!"
"Alay lo dek."
"Iiihh kak Adi!"
Ijal ketawa, lucu aja liat muka keselnya Ahsan. "Ahsan, Ahsan. Lo kok lucu banget sih?"
Jahat emang Ijal tu bikin Ahsan dugun-dugun lagi:")
...
tbc
gimana ini, saya jadi baper beneran sama mas ijal:")
KAMU SEDANG MEMBACA
Karang Taruna; The Boyz
Fanfiction[complete] kalau the boyz jadi anak karang taruna.... local!au, non-baku, bxb cover by @kevhwall