;sensitif

1.9K 281 5
                                    

Acara udah selesai, warga udah pada pulang, dan tinggallah para anak karang taruna yang bergelimpang di sekitar panggung. Pada tepar semua.

Tadi mereka habis beres-beres. Mulai dari ngembaliin kursi, sampe nyapu halaman pendopo. Terus mereka juga mreteli dekorasi panggung. Jadi sekarang panggung kosong melompong dari dekorasi tapi dipenuhi para manusia penuh keringat.

Maman adalah satu-satunya orang yang gak tepar, asyik camilin kacang rebus di pinggir panggung. Baru asyik buka kulit kacang eh tiba-tiba ada yang nabok bahunya bikin isi kacangnya jatoh.

"Eh anjir kacang gue!"

"Apa lo?! Udah disapu masih aja nyampah!"

Langsung kicep si Maman. Ya kali yang barusan ngomon kan si Yoga, mana berani ngelawan. 

"Ampun kak, nanti gue sapu lagi deh."

"Ya emang harusnya gitu." Yoga langsung pergi ninggalin Maman buat nyamperin Adi yang duduk dengan Ahsan yang baring di paha dia.

Begitu sampe di samping Adi, si Yoga langsung duduk. "Buru suruh anak-anak kumpul buat evaluasi." 

Adi yang udah merem langsung melek. Dia lirik males ke Yoga. Sedang si Ahsan juga ikutan dongak buat liat interaksi ketua sama wakilnya itu.

"Ntaran ajalah, capek."

"Gue juga capek, makanya cepet evaluasi biar kita bisa balik!"

Yoga itu udah merindukan kasur, mana badannya rasanya mau remuk aja karna bantuin anak perkap angkat-angkat tadi. 

Bukannya cepet bangun, Adi malah balik merem lagi. Jelaslah Adi kesel banget. Dia langsung nabok tangan Adi kenceng banget sampe beberapa orang melirik ke arah mereka.

Ahsan meringis, anjir sakit itu pasti. 

"Sakit, goblok!"

"Ya makannya cepetan! Gue capek pengen pulang!" Yoga langsung meledak. Sekarang gak cuma beberapa orang yang memperhatikan mereka. Semua sekarang lagi liatin si Yoga yang mukul Adi lagi.

"Iya iya ini gue bangun, berhenti goblok sakit!" Ya wajar kalo Adi teriak gitu, Yoga brutal banget.

"Kak Yoga, udah ya, kasian kak Adi itu." Ahsan udah berniat buat halangin Yoga biar gak mukul Adi lagi, tapi dia kaget pas liat mukanya Yoga. "Kak, kok nangis?"

Semua orang yang tadinya ketawa karna liat Adi dipukuli langsung diem pas denger pertanyaannya Ahsan. Ya gimana, Yoga nangis?

"Lo nangis?" Adi ikutan tanya.

Yoga nunduk, nyembunyiin mukanya yang basah. Adi langsung natap anak buahnya, kasih isyarat buat pada pergi dari sana. Ya langsung nurutlah semua orang, daripada dislantap sama Adi.

Setelah semua orang pergi, Adi langsung nangkup wajah Yoga. "Yogananta, tatap mata gue." Suara Adi tajem bener.

Yoga yang tadinya merem langsung buka matanya dan dia tambah mewek pas liat Adi natap dia dalem. Tambah mewek lagi pas Adi hapus air mata dia.

"Kenapa nangis hmm?"

"Gue tu capek." Yoga ngomong sambil nangis, kan lucu banget. Adi jadi pengen ketawa, tapi gak tega.

"Oke, maaf. Sekarang berhenti nangis, kita evaluasi terus pulang."

"Gitu kek dari tadi! Kesel gue sama lo!"

"Utututu lutunya kak Yoga, sini cubit dulu sini pipinya."

"Mati aja sana lo, Samudra Adi!"

...

Ahsan ngungsi ke belakang panggung sama Maman yang masih sibuk sama kacang rebusnya. Diminta dikit aja gak boleh. Pelit emang.

"Tumbenan itu kak Yoga nangis," ucap Ahsan. 

Dia ngelirik Maman yang gak merhatiin, sibuk sama kacang. Kan kesel!

"Man! Hakim Lukman yang paling ganteng se Wiratama."

"Iye Ahsan Raif yang baperan, gimana?"

Sialan emang si Maman itu.

"Untung sepupu gue." Ahsan ngelus dada.

"Kenapa sih?" Sekarang Maman udah gak fokus sama kacang dong, kan udah abis.

"Itu kak Yoga, tumben nangis."

"Biasa, San. Kalo lagi capek pasti sensitif. Kek elo, gak capek aja sensitif gimana capek. Gausa sok kuat, gue tau lo ngampet nangis dari tadi."

Omongan Maman langsung bikin Ahsan kicep. Dia emang deket sama Maman, walau dia baru pindah ke Wiratama beberapa tahun yang lalu. Dulu mereka sering main bareng dan sekolah pun di tempat yang sama dari teka.

Wajar aja sih kalo Maman tau seluk beluk Ahsan, begitu juga sebaliknya.

"Siapa yang mau nangis coba!" Ahsan ngelak. Padahal matanya udah merah.

Maman decak, dia narik Ahsan buat dipeluk. "Udah nangis sana! Gausa sok kuat kan gue bilang."

Dan pecah sudah. Ahsan nangis kejer. Semua beban yang dia rasain sedari sore langsung meluap. 

Dia emang nahan dari sore tadi, habis ketemu Ijal sama Manis. Terus masalah door prize yang berantakan. Sampe ke sebelum acara selesai yang dia harus kesandung sampe kuku jari kelingking kakinya berdarah.

Dia capek bolak-balik, ditanyain ini itu, disalahin ini itu. Padalah dia gak tau apa-apa. Dia juga capek liat Ijal deket-deket sama Manis. Dia capek baper sama Ijal.

"Dasar cengeng!"

"Biarin hueeee!" 

Makin kejer deh si Ahsan.

...

"Kak."

"Ya, Nakul. Kenapa?"

Kris ngusap lembut kepala Nakul. Mereka sekarang baru ada di depan pendopo. Duduk jejer dengan Nakul yang nyadari kepalanya di pundak Kris.

"Kenapa ya anak kecil takut liat aku?" tanya Nakul sedih. Hari ini dia udah bikin dua anak orang nangis. Padahal dia gak nakut-nakutin. Malah dia mau kasih permen.

"Mereka takut kalah imut dari kamu, Nakul."

"Ha? Masa sih kak?" Nakul balik badan liatin Kris yang senyum geli. "Aku kan gak imut kak."

Ya kalo yang kayak lo gak imut terus yang imut kek gimana? batin Kris gemas.

"Kamu tu imut dek, udah gausah sedih kalo ada anak kecil yang takut sama kamu. Mereka cuma iri."

"Beneran kak?" Nakul miringin kepalanya, imut banget astaga! 

"Iya sayang, beneran."

Muka Nakul langsung merah.

Kris mah ngegas mulu, nembak engga:")

...

"Ay, udah ya jangan ngambek lagi. Maaf deh."

Wicak sedang dalam masa membujuk ibu negara biar gak ngambek lagi. Ya karna emang sebenernya Yaya itu cemburuan banget. Diperparah sama si Wicak yang emang punya banyak kenalan.

"Aku beliin es krim deh."

"Gue bukan Ahsan atau Nakul ya." 

Langsung ditolak.

"Bunga deh."

"Bunga bank baru mau."

Tu kan! Yaya mah duit mulu yang dipikirin:")

"Iya, aku kasih bunga bank untuk kehidupan masa depan kita kelak."

Plak!

Tangan Yaya langsung mampir ke kepala Wicak. "Biar rada pinter dikit. Udah ah, tu Adi udah manggil buat evaluasi."

Wicak mah sabar. Wicak mah kuat. Wicak mah rapopo.

...

tbc



Karang Taruna; The BoyzTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang