Malam di kampung Wiratama udah rame banget. Tamu undangan udah pada dateng, warga juga udah kumpul. Pendopo sawo diubah jadi indah banget.
Ada lampu-lampu warna-warni yang dipasang di ujung bambu, kayak model obor tapi itu lampu. Obor-oboran itu berjejer sepanjang jalan dari tempat among tamu sampe tempat duduk, bentuk jalan masuk gitu.
Di panggung sendiri hiasannya gak kalah. Panggung dihias pake caping, centong, dan bambu. Iya, konsepnya emang bambu-bambuan sih.
Di belakang panggung, Ahsan sibuk nata door prize. Dia naroh door prize sesuai susunan yang tadi dibikin Kris. Rencananya door prize mau dibagi dalam tiga sesi soalnya.
Baru sibuk sama door prize dia gak sadar kalo ada cewe cantik nyamperin dia. "Ahsan!" sapa si cewe. Ahsan langsung noleh, kaget.
"Eh kak Manis, hai."
Ahsan kagok, soalnya sekarang kak Manis keliatan manis banget pakai kebaya. Jariknya dibuat pendek, jadi cuma sampai lutut. Terus rambut panjangnya digerai, pakai jepit di sisi kanan buat penghias. Make up-nya tipis tapi justru itu bikin si kakak tambah manis.
Duh, Ahsan makin memantapkan hati aja buat berhenti berharap sama kak Ijal.
"Yang, elah kucari ternyata disini sama Ahsan." Tiba-tiba aja Ijal dateng.
Tolong siapapun bawa Ahsan pergi dari sini:")
Dia belum siap jadi nyamuk lagi. Apalagi liat kemesraan Manis sama Ijal.
"Kenapa nyariin aku, kangen?" Manis ketawa. Manis banget. Ahsan pengen nangis aja.
"Iya kangen. Apalagi sama pipimu." Ijal mainin pipinya Manis.
Kan Ahsan jadi pengen juga:")
"Heleh malah pacaran. Jal, dicariin Adi noh!"
Terima kasih pada Yoga yang datang sebagai penyelamat. Nanti kalo Ahsan ada uang dia mau traktir Yoga.
"Eh haha oke deh, nih hp kamu. Aku ke tempat Adi dulu." Ijal ngusap pipinya Manis sebelum pergi.
Yoga di sana liatin si Ahsan, matanya micing. "San, mending lo sama Yasa di depan sana. Bantuin konsum."
"Eh terus door prize nya kak?"
"Biar gue yang urus." Yoga dorong Ahsan, akhirnya si Ahsan pergi dari sana setelah jelasin tentang mekanisme door prize ke Yoga.
Pas Ahsan udah pergi, Yoga natap Manis kesel.
"Seneng lo?"
"Iya hahaha."
...
"Kak, nanti kita jadi tampil?" Nakul deketin Kris yang berdiri di samping sound.
Kris yang ngatur acara, jadi dia stand by di deket sound dengan hp di tangan sama kertas rundown acara. Dia noleh ke Nakul, "Jadi, kamu udah siap kan?" tanyanya.
Nakul ngangguk. Iya, jadi panitia inti nanti mau tampil juga. Akustikan dong. Tadinya ide Kris itu ditolak karna gak ada waktu buat latihan. Tapi Kris agak keras kepala. Lagian mereka kan cuma duduk, terus nyanyi sambil diiringi gitar sama Kris dan Yoga.
Yang kayak gitu kan sering banget mereka lakuin, gak perlu latihan segala.
"Kak, itu kak Ahsan kenapa?" tanya Nakul pas liat muka Ahsan yang kusut habis keluar dari belakang panggung.
"Gatau, eh acara udah mau dimulai. Aku kerja dulu ya dek."
"Okay kak, semangat!"
Yah Kris gemes pengen nge-sun pipi merahnya Nakul.
...
Acara berjalan meriah dan syukur gak ada kendala berarti. Bapak-bapak yang tadinya protes tentang susunan acara, udah ikhlas tampil akhir sebelum gs. Semua aman terkendali. Termasuk performnya pengurus inti.
Iya, mereka jadi perform dan syukurnya gak ada kesalahan apapun selama perform. Pokoknya semua amanlah.
Mbak Nela juga udah keluar, menghibur para pemuda sama bapak-bapak yang kurang belaian. Depan panggung udah kayak tempat konser boyband Korea aja.
Wicak udah berniat gabung sama yang lain, joged di atas panggung sama mbak Nela. Tapi liat muka kusut Yaya akhirnya gak jadi.
"Kenapa sih ay? Jelek banget mukanya."
"Gak."
Wicak langsung mikir, dia bikin salah apa lagi sama pacarnya? Tapi setelah mikir lama, dia ngerasa gak bikin salah apapun.
"Ay, aku bikin salah ya?" Akhirnya dia tanya.
Tapi Yaya diem aja, malah mukanya makin ditekuk. Yah main tebak-tebakan lagi deh. Wicak gak suka deh.
"Bilang dong ay ada apa, kalo kamu diem aja gimana aku bisa tahu."
"Pikir aja sendiri."
Tu kan!
Baru juga Wicak mau ngomong eh udah ada yang nyamperin mereka. Cewe, dua. Wicak tau mereka dari kampung sebelah.
"Haloo Wicak, makin ganteng aja."
"Iya nih, jadi ingin memiliki."
"Eh Maya sama Anggun. Apakabar?"
Kadang Wicak bisa sebego itu untuk menangkap aura mencekam dari pacarnya. Beda sama dua cewe yang langsung senyum canggung dan undur diri dengan alasan pengen cari jajan. Ya kali ditatap sedatar itu sama Yaya, siapa yang gak takut?
"Gitu ya."
"Hmm gimana ay?"
"LO TU KAPAN SIH GAK KERDUS?!"
Habislah si Wicak diacak Yaya:")
...
tbc
ide sejenak menghilang dan motivasi menulis berkelana namun tak sepertinya tersesat
KAMU SEDANG MEMBACA
Karang Taruna; The Boyz
Fanfiction[complete] kalau the boyz jadi anak karang taruna.... local!au, non-baku, bxb cover by @kevhwall