;hari H

1.8K 303 24
                                    

Dari pagi semua orang udah sibuk. Entah itu anak perkap, konsum, bahkan sekretaris yang seharusnya gak kerja di hari H aja sibuk banget. 

Di sinilah Ahsan sama Yasa, dikerubungi anak-anak, bapak-bapak, ibu-ibu yang mau ikut pensi. Iya, jadi pensinya yang ngisi nanti para warga. Mulai dari anak-anak sampai yang sudah sepuh gak mau kalah buat tampil.

"Jadi nanti kita tampil jam berapa kak? Jangan malem-malem ya?"

Itu anak kecil yang kemarin nangis waktu liat Nakul, dia narik-narik lengan bajunya Yasa. Gemes banget sih ya pengen nyubit, tapi ntr nangis lagi kan repot.

"Iya, kalian tampil jam setengah delapan, gak malem kan?"

"Oke kak."

"Nah, ini jadwanya dibawa ya. Kalian ada di sini." Yasa nunjuk nama grup si anak. Bocah itu angukin kepala terus pergi.

"Wah kok kita dibelakang? Keburu ngantuk ini mah."

Sementara Yasa lanjut nanganin anak-anak lain, ada Ahsan yang sibuk sama para bapak-ibu yang gak mau kalah. Bapak-bapak maunya jam tampilnya sebelum ibu-ibu, sedangkan ibu-ibu sebaliknya. Pusing Ahsan tu.

"Bapak, gak bisa. Ini sama kak Kris udah diatur kalo ibu-ibu dulu."

"Ya gak adil dong! Nanti kita gak bisa ikut goyang sama mbak Nela kalo kita tampil terakhir."

Oh jadi ini alesannya. Iya sih, gs nya kan tampil paling akhir. Tapi kan bapak-bapak itu tetep bisa goyang walaupun tampil sebelum gs.

"Ya kan bapak masih bisa goyang habis tampil."

"Ya kan habis tampil kita harus bersihin make up dulu."

"Ya gak usah bersihin make up bapak, makin ganteng kan kalo pake make up. Nanti siapa tau mbak Nela kepincut."

"Oh jadi gitu ya pak, nanti malem tidur di luar!"

Nah lho!

Ahsan gak mau ikutan ah kalo yang kayak gini. Dia rasanya mau nyerah aja. Tugas ini kan harusnya dikerjain anak kesenian sama humas. Kenapa jadi sekretarsinya yang repot?

Ya jelas karena mereka sebenernya kekurangan orang. Orangnya banyak, tapi yang mau kerja dikit:")

"Bapak ibu..."

"Saya bukan ibumu!"

Eh buset! Pms apa gimana ini si ibu?

"Iya nyonya, maaf. Jadi susunan acaranya gak bisa diubah ya. Maaf banget sebelumnya, tapi kita udah menyesuaikan penampilan dengan waktu dan usia. Nah, saya permisi."

Ahsan langsung pergi dari sana. Dia masa bodoh sama protesan para bapak-ibu itu. Dia sekilas ngelirik Yasa yang masih asyik ngobrol sama seorang bocah mungil menggemaskan. Kayaknya si Yasa menikmati pekerjaan dadakannya.

Sekarang Ahsan udah ada di angkringan gak jauh dari pendopo sawo. Jadi emang pendopo sawo dari pagi udah ramai. Buat yang nata tenda, kursi, dll. Terus ada gladi bersih juga. Jadi ya gitu, rame.

"Es chocholatos bu."

"Ditunggu sebentar ya mas Ahsan."

Sembari nunggu, Ahsan mainan hp. Gc wiratama ribut sih, isinya kebanyakan si Yaya, Ijal, sama Nur. Si Yaya yang sibuk ngasih komando, Ijal yang minta bantuan, dan Nur yang sibuk menawarkan bantuan.

Sibuk sama hpnya sampe Ahsan gak sadar kalo udah ada yang duduk di sampingnya. "Serius amat."

"Eh!"

Untung hp nya gak jatoh. Baru dibeliin ayah masa udah rusak.

Ternyata itu Ijal. Ahsan udah mau senyum aja, tapi batal pas liat di belakang Ijal ada cewe cantik berambut panjang. Cewe itu senyum ke arah dia, ya udah dia ikutan senyum. Ntar dikira gak sopan.

"Kak Ijal sama siapa?" tanyanya basa basi. Iyalah! Walau belum pernah ketemu langsung, Ahsan tau siapa cewe yang dibawa kakaknya itu.

"Pacar gue. Kenalin, Manis ini Ahsan dan Ahsan ini Manis." Ijal jawab sambil senyum manis.

Manis ya hmmm iya sih mbaknya manis banget. Ahsan mah apa atuh.

"Halo kak Manis, aku Ahsan." 

"Halo Ahsan, kamu manis juga ya."

Si mbaknya ketawa, dan manis banget. Ya ampun pantesan namanya Manis. Udahlah, udah. Ahsan kalah telak:")

"Makasih kak, kakak lebih manis." Ini Ahsan ngomong dari lubuk hati yang paling dalam kok. Bukan sekedar pencitraan.

Terus si mbaknya ketawa lagi. Dia duduk di samping Ijal yang udah sibuk sama gorengan. Tangan si embak dengan santainya ngusap keringat Ijal yang emang banyak banget. Maklum anak perkap pasti sibuk banget.

"Kamu mau pesen apa, yang?"

"Kulin aja deh, samain sama kamu."

Tolong dong, ada Ahsan lho di situ. Kan dia jadi pengen dipanggil sayang juga.

"Bu kulin dua."

"Iya mas."

Ahsan pengen pergi aja rasanya. Habis sekarang dia harus liat Ijal senyum ke si manis pake acara ngusap-usap kepala segala.

"Bu ini dibungkus aja ya."

Akhirnya Ahsan tidak kuat juga.

"Kak aku duluan ya, dicari Yasa nih."

Tanpa nunggu balasan dari dua orang itu, Ahsan langsung pergi gitu aja.

...

Hari udah sore, tandanya pensi tinggal bentar lagi. Pensi dimulai jam 7 dan sekarang udah jam 5. Persiapan udah selesai, untungnya gak ada kendala apapun. Sekarang anak karang taruna lagi kumpul di depan pendopo, duduk di tanah melingkar dengan Ahsan di tengah.

Kenapa bukan Adi selaku ketua? Jawabannya udah jelas kalo Adi emang gak bisa diandelin dalam forum kek gini.

"Sebelumnya makasih untuk kalian semua yang udah kerja keras buat persiapan pensi. Langsung aja ya, aku tau kalian udah pada capek. Sekarang kita boleh pulang, mandi, dandan yang cakep buat pensi ntar. Anak karang taruna gak boleh kucel ya."

Ahsan senyum lebar abis ngomong. Terus dia lanjut.

"Kumpul lagi jam 6 ya, jangan telat. Oh iya nanti minta tolong ada yang mampir rumahku ya, ambil doorprise. Nah boleh bubar ya."

Setelah itu semua bubar. Dan seperti biasa, pengurus inti masih bertahan di tempat.

"Ada yang belum beres?" Adi tanya. 

"Dari perkap sih udah, sound juga udah beres. Tinggal eksekusi aja ntr malem." Ijal sebagai koor si perkap ngomong.

"Gs udah siap sih, ntr tinggal minta konsum siapin apa yang gue minta kemarin ya." Dilanjut sama Kris.

"Oke, konsum juga udah beres. Ntar minta orang buat bantu nata konsum ya. Eh yang among tamu jadinya siapa?" Maman tanya. Soalnya kan mereka manggil sesepuh, katanya gak sopan kalo gak ada yang menyambut gitu.

"Anak humas udah gue tugasin dua orang kok, cukup kan?" tanya Wicak. Soalnya emang itu tugas dia kemarin.

"Cukup, mc gimana?" Balik lagi ke Adi, dia liatin Ijal.

"Beres, Manis siap kok."

Denger itu Ahsan langsung ngerti, ah, jadi tadi kak Manis dateng buat jadi mc acara?

"Okedeh, Jal. Semua udah beres ya kayaknya. Sekarang balik trus siap siap ya kalian. Bubar!"

Komando dari Adi langsung dipatuhi. Nur, Maman, sama Nanta udah langsung pergi. Wicak sama Yaya juga. Yasa beresin barangnya sebelum ikutan pergi. Kris juga pulang bareng Nakul. Tinggal Adi, Ahsan, Ijal sama Yoga aja.

"Pulang sana dek!" Adi nyenggol lengan Ahsan. "Ngelamun aja!"

"Eh ya, kak. Aku pulang duluan ya." Ahsan pamit. Dia udah balik badan, mau pulang. Tapi matanya liat si Manis nyamperin Ijal. Dan Ijal langsung senyum ke arah manis.

Kok rasanya ada sesek seseknya gitu ya?

...

tbc

saya memutuskan untuk tetap menggunakan nama yang sudah saya buat dari awal, semoga masih bisa diterima ya:))

Karang Taruna; The BoyzTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang