;;jualan

1.1K 192 8
                                    

/setting cerita di bulan Ramadhan/

...

hari ini anak karang taruna wiratama sedang disibukan sama kegiatan jaga warung dadakan. iya, jadi mereka ini sedang mengisi kegiatan di bulan puasa dengan hal-hal yang -semoga- positif. yaitu, jualan.

ini adalah ide yoga, dia berpikir wiratama harus punya kegiatan pas puasa. karena puasa bukan berarti gak melakukan apapun. jadilah ide ini.

"ini yang lain pada kemana?" tanya yoga yang masih lecek dengan celana pendek dan kaos kucelnya. ya gimana dia habis bikin minuman yang dijadiin maskot warung mereka. 

coconut cream.

dan harusnya sekarang maman sama nanta udah datang buat gantiin dia jaga. tapi malah yang dateng cuma wicak sama yaya. dua orang itu baru selesai bantuin nata barang dagangan titipan dari ibu-ibu kampung.

"chat aja di grup, ga. biasalah mereka suka ngaret."

yoga cuma hela napas denger kalimatnya yaya yang emang bener. ya dia udah tau sih kalo jadinya bakal kayak gini. gak gampang buat bikin semua orang ikut kerja. pasti ada aja yang cuma numpang nama.

"yodahlah, jagain dulu bentar. gue mau mandi."

"weh gue gak tau apa-apa, kalo ada yang beli gimana?" wicak yang tadinya mainan hp langsung berdiri. ya takutlah, dia gak tau harganya ntar kalo sampe salah bisa kena damprat pacarnya.

"heleh ada gue juga," yaya nampol kepala wicak:")

"ya gausah dipukul juga kali ay, sakit ini."

"terserah kalian aja, data ada di buku itu. gue duluan. jangan pacaran."

dan yoga langsung pergi dari warung yang ada di pinggir jalan depan kampung. di sana emang banyak yang jualan buat buka puasa. apalagi ini puasa pertama, pastilah banyak yang jualan.

setelah ditinggal yoga, yaya sama wicak cuma diem-dieman. yaya sibuk nata dagangan dan wicak balik lagi main ml. gak berapa lama maman sama nanta dateng. jatah hari ini emang mereka berdua yang jaga. 

terus kenapa ada wicak sama yaya? 

ya cuma bosen aja di rumah, makanya nongkrong di warung.

"kok sepi?"

"mau rame ya bakar aja warungnya, man."

"gue nanya baik-baik elah, nan."

yaya ngelirik males dua orang itu. kalo udah dijadiin satu emang gak pernah bisa anteng. gak ada adem-ademnya sama sekali kecuali masalah bully orang.

"berisik ah lu pada, nih catetan harganya. diinget-inget biar kalo ada yang beli gak salah jual." 

"dengerin nyai ngomong." wicak ngomong sambil asyik mainin layar hp.

"siap nyai!" maman sama nanta kompak kasih hormat ke yaya. yang dikasih hormat? siap-siap nampol.

"nyai nyai cocotmu!"

"eit batal lho ntar puasanya." maman nunjuk nunjuk yaya dengan muka ngeselinnya.

denger itu yaya langsung diem. berusaha biar gak meledak. dia masih inget kalo belum buka. ntar habis magrib liat aja jadinya si maman sama nanta kek gimana.

"yodah gue mau pulang aja, jaga yang bener!"

habis ngomong gitu si yaya langsung pergi dari sana. wicak yang sadar kesayangannya pergi udah berniat nyusul, tapi ditahan sama duo curut.

"eit bang mau kemana?" maman tanya.

"nyusul pacar gue lah!"

"gak bisa gitu, bantuin kita jaga dong."

"bener tu kata nanta bang, bantuin kita jaga."

"tapi kan hari ini bukan jatah gue, ogah!"

"ayolah bang, tega nih abang ninggalin maman sama si piyik satu ini berdua? ntar yang ada warungnya roboh karna kita gelut."

"yang ada jajanan titipan ibu ibu dimakan semua sama si maman."

"eh jaga tu mulut, fitnah aja." maman jelas gak terima dong sama omongan nanta yang bagi dia menyudutkan. emang sejak kapan dia main comot yang bukan haknya?

liat itu wicak langsung hela napas capek. kalo dia tinggal, warung bakal kacau balau kayaknya. ini siapa juga yang kemarin bikin nanta sama maman satu jadwal?

"yaudah gue ikutan jaga..."

"nah gitu dong bang!"

pada akhirnya wicak gak jadi nyusulin yaya. mungkin memang dia gak boleh nyusul, biar gak zina.

...

"wih rame!"

adi yang sengaja ngecek warung wiratama kaget waktu tau kalo ternyata warungnya serame itu. iya serame itu sampe nanta sama maman yang jaga pun gak keliatan, ketutup sama pembeli. sekarang jam lima, waktu dimana banyak banget yang cari makanan buat buka. 

karena terlalu rame dan dia juga gak mungkin bisa menerobos para pembeli itu, akhirnya adi memutuskan buat duduk di samping meja. di sana udah digelarin tiker buat kalau ada yang mau buka di tempat.

heleh gaya bener ini warung.

cuma medel lapak kaki lima aja pake ada tempat buat makan di tempat.

bilang aja cuma buat nongkrong anak kartar.

kayak si adi sekarang.

sambil nunggu para pembeli itu pergi, dia mainan gitar. iya tadi dia datengnya bawa gitar soalnya. gak berapa lama keadaan mulai sepi. pembeli mulai pergi karena udah selesai beli.

"woi kak adi enak bener gitarannya," sindir nanta yang sadar kalo ketua mereka udah anteng nyanyi-nyanyi gak jelas.

"eh udah sepi, wah dagangannya udah ludes aja." dan dengan santainya si adi ngomong kayak gitu sambil naruh gitarnya. "padahal tadi gue mau ngicip minuman buatan yoga. eh udah habis ternyata."

"halah kak, sok banget. punya duit emang buat beli?" tanya nanta sinis. 

"ketua kan dapet sample gratis."

"kampret." itu wicak yang sekarang udah baringan di tiker. dia kan niatnya bantuin tapi kok bisa secapek ini:")

"lah sejak kapan ada wicak di sini? dia kan gak jaga."

"sejak ni warung belum buka, udah gue mau istirahat bentar."

terus si wicak langsung merem. 

adi cuma ketawa liatnya. dia balik lagi natap si nanta sama maman yang sekarang sibuk ngitung duit sama nyatet jumlah dagangan yang kejual. tadi udah diwanti-wanti yaya soalnya.

"yoga mana?"

"gatau, tadi katanya mau mandi tapi gak balik-balik. tidur kali." maman yang masih lelah jawab pake nada kesel.

"napa lo cari gue? kangen?" eh tiba-tiba aja yoga udah dateng.

"eh iya kangen hahaha."

"sarap! gimana dagangannya? wih laris manis." yoga mengabaikan adi, bung!

"gue mah sabar."

...

Karang Taruna; The BoyzTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang