COnfused

2.2K 109 0
                                    

Banyu menarik jaket yang gue pakai saat ini. Otomatis bikin gue sedikit oleng. Mana gue tadi jalannya gak santai. Eh main tarik pula.
"Ya Allah,, yuyu.. untung badan elo siap. Coba kalo gak?? Bae suzy bisa nyunsep diatas aspal."
Cengiran banyu yang sok ganteng,eh tapi ganteng sih. Njirr.. terpampang jelas dimukanya.

"Dicariin razel tuh.. gue ketemu dia di depan pagar masuk perumahan noh. Mau gue anterin kerumah elo. Takutnya gak ada. Ternyta elo malah asyik mandangin brondong di gazebo."
Gue menutup mulut banyu gunain telapak tangan. Mana disekitar gazebo lagi rame. Ada brondong lagi voly.
"Elu tuh ya.. gak mau lihat BOa seneng dikit."

"Ngayal mulu luh.. tuh ada mertua lu juga di depan. Cepetan napa. Gak dijadiin menantu. Baru tau rasa lo."
Yuyu narik sudut baju yang gue kenakan untuk beranjak dari sini.

"Gue udah selesai."
Langkah tegas itu tiba-tiba berhenti. Banyu mengedipkan matanya, dia bingung mau respon gimana.
"Selesai??? Kalian putus?? Kapan???"

"Waktu di depan kamar patih, setelah dia pamitan mau pulang ke kalian."
"Jadi please, jangan sebut-sebut dia lagi. Aku gak mau tau tentang dirinya secuilpun."
Gue balik badan, dan berlalu pergi dari sisi banyu.

"Eh, tunggu ren."
Kaki panjang banyu dengan cepat menjajarkan langkahnya denganku.
"Boleh aja sih, selesai sama bapaknya. Tapi jangan nyuekin anaknya. Mereka kan udah dekat banget sama elo. Saran sih."
Gue melengos. Pingin cepet-cepet pulang.

Hik kok rame sangat, ini mobil 2 siapa yang punya sih. Gak ada yang gue kenal sama sekali. Dan lebih tepatnya ada orang asing bersama kedua orang tuaku. Dan sisi kanan-kirinya terdapat seserahan kayak buat lamaran.
"Eh, reni udah pulang. Masuk yu.."
Mama gue ngajakin yuyu masuk rumah sekaligus. Memperkenalkan siapa cowok ini di depan gue dan yuyu.
Jawaban dari ibuk, buat gue hening. Kok bisa-bisanya anaknya dilamar sama orang asing kok mereka iyain sih.

"Ini tuh, ayahnya teman dekat ayahmu saat masih SD. Ren. Jadi apasalah jika. Nak Bagus ingin lebih dekat tau malah melamar reni sekalian."
Jderrr... ucapan ibu itu yang gue yakinin adalah mamanya cowok ini. Anu, bikin gue deg deg ser..

"Anakmu gemesin ya, kalo lagi bingung gitu. Jadi pingin cepet jadiin mantu."
Dan elo tau enggak? Cowok yang dikate BAGUS. Just diem bae. Ini anak kagak ada suaranya sama sekali. Gelo mungkin kali ya harus datang ke acara kayak gini.
"Gimana Gus.. cantik gak reni nya??"
Gur mesem doang mas. Yeeelah..

Yuyu nyenggol lengan gue, bingung diantara tanda tanya besar meliputi otaknya saat ini. Gue yakin itu.
"Oh iya,ini banyu .. dulu di SMKxxxx pasti kenal ya??"
Yuyu langsung melihat kearah bagus. Seperti membandingkan dengan sesorang mungkin. Dan nyatanya..

"Yeh, elu toh cat???"
"Gue pikir siapa?? Banyak berubah sih. Gue jadi rada gak ingat."
Dan terpampang senyuman menghiasi wajah dingin bagus. Setelah yuyu mengenali dirinya.
"Dunia sempit banget. Jadi sekarang ini gue, lagi dirumahnya cewek yang dulu gue tau biasanya jalan sama elo ya."
Dia mengacungkan tangannya untuk ku, ngajak salim jawane.
Gue juga membalasnya.

"Kenalin gue, Catur Bagus. Sering ketemu kok kita. Tapi gak sedekat kamu sama banyu."
Astagfiruloh, cobaan apa lagi ya Allah. Ini gak lamaran toh? Gue masih pingin kerja atuh kang mas.

"FYI sih. Kedatangan saya kesini hanya pingin namu lohh bu.. bukan mau jodohin bagus sama reni. Reninya syok ya?? Heheh maaf ya nak."
Gue menganggukan kepala tanda setuju aja. Dan you know wat??

"Mama..."
Edun pisan euy.. razel darimana datangnya. Udah berdiri aja didepan pintu dan itu muka kenapa juga? Jangan bilang bentar lagi lu ngeluarin ranjau air.
Nah kan mukanya udah merah.
Hmmm.. junior sandaris udah nangis mewek, menghambur kepelukan gue.
Setidaknya disini yang gak shock tuh gak terlalu banyak. kan gue ada yang bantuin jelasin.

"Ini siapa lohh bu? Kok panggil mama?? Reninya udah nikah toh??"
Ngawur.. nih anak. Bapaknya tuh mantan bakal calon suami. Yang gak kesampean buk. Hmmmm

"Ini anaknya temennya rian bu. Biasa main kesini. Udah deket sama reni. Karna mamanya udah cerai sama ayahnya. Jadi temen-temen ayahnya yang perempuan dipanggil mama sama razel."
Mama please deh, itu bukan jawaban masuk akal.

"Bukan gitu.. mama reni mamaku..mamaku cuma satu. Yaaa mama reni."
Etdah, kemanjaan razel dan sikap tegasnya berbaur jadi satu. Kayak yang dihadapan gue nih sandaris. Tuh kan gue jadi kangen sama bapaknya.

"Kamu anaknya om siregar ya??"
Bagus menarik tubuh kecil razel untuk berhadapan dengan dirinya.
Si kecil menganggukan kepalanya.

"Denger ya adek manis. Cukup manggil perempuan ini dengan sebutan mama. Karna dia dan aku. Akan menikah."
Uwat????? Lu yakin bro. Omong kayak gitu. Ketemu juga barusan. Omong begono ke gue????

"Gak boleh.. papaku sayang sama mama."
Razel menarik tangan gue untuk keluar rumah. Dan gue meminta izin untuk mengikuti dia. Eh.. bagus juga ikut keluar.

"Razel, mau kemana??? Kamu kesini sama siapa?? Ayahmu mana? Mama anterin ya.

Dan, oalah... ada dia disana sama calon istrinya. Lagi sibuk nyari someone. Dan gue yakini itu pasti razel. Please bang, jangan muncul di depan gue lagi. Mungkin dengan adanya bagus disamping. Bisa di buatin alat bikin dia gak muncul lagi.
Gue melepaskan pegangan razel, agar bisa menggandeng tangan bagus. Seolah paham, bagus merangkul gue mendekat kearahnya.
"Balik tuh, ayah kamu nyariin dek razel."
Razel yang bingung, karna gue ngelapsin genggaman tangannya dan sedikit mendorong kearah sandaris.

"Ma.. mama..."
Yah razel ngacir lagi ke arah gue. Ini nak satu. Apa emang udah mentok hatinya buat gue sih. Bagus menangkap tubuh kecil razel dan menurunkannya di depan sandaris.

"Anaknya nyasar ke rumah calon istri saya mas, kasih tau sekalian jangan manggil mama ke reni ya."
"Gue cemburu sih."
Ada perubahan jelas di wajah sandaris. Tatkala bagus mengucapkan calon istri. Dan dia hanya mesem doang. Udah gini doang ya?? Udah?? Emang kamu sukanya yang brondong toh ternyata. Okay fix gue setujuin pilihan kamu.

" Mas catur ya??"
Ini cewek, udah punya sandaris. Ngapain nanyak gitu ke suami gue. Ehh

Bagus melihat kearah gue. Dan balik lagi ke cewek itu. Gue mendekati bagus. Dan menelunsupkan tangan gue kedalam jaket yang dia gunakan. Dan sedikit Drama nyender di pundaknya.
"Iya..kenapa emang?"

"Enggak sih, cuma mau mastiin..ini mas catur senior gue yang di SMK itu bukan??"
Sandaris diem bae. Udah males mungkin ya.

"Iya.. mungkin."
"Hmm.. kita permisi dulu ya.lagi ada acara lamaran sih. Terus tiba-tiba adek kecil ini masuk kerumah.. gak taunya anakmu toh dek??"
Mata itu sudah merah, dia emang bakat buat meredam emosi. Yang mungkin bentar lagi bakalan bludak. Kalo gue gak cepet-cepet pergi dari sini.
"Saya masuk dulu ya.. razel see you next time."
Gue memberikan senyum terbaik milikku kepadanya. Dan kita beranjak pergi dari sisi mereka.

Udah cukup jauh, untuk catur mengeluarkan uneg-unegnya.
"Gue sukses bikin itu cowok cemburu deh. Gila.. hebat banget ngeredamnya."
Jo bahas iku, gue lagi gak konek. Butuh selonjoran..

"Mantan ya???"
"Masih sayang gitu kayaknya."
"Gue sih sebenernya kenal ma ceweknya. Satu kampus lohh.. tapi males bilang kenal."
Bagus berhenti didepan gue. Dia memperhatikan keadaan gue. Yang mungkin bentar lagi bakalan ada air yang tumpah dipelupuk mata gue.
"Nangis ya nangis aja."
"Entar kalo janurnya udah melengkung. Ndak boleh ngarepin dia lagi."
Bukannya mau nangis. Gue malah ketawa sama tingkat kepedeaannya.

"Makasih lohh..sama bantuannya. Dia emang mantan gue sih. Dan cewek itu calon istrinya.. semoga razel sama rachel bahagia memiliki Ibu baru."

"Kamu udah cukup hebat. Dan semoga aja. Kita berjodoh.. Aamiin."
"Sekarang mungkin disini, belom ada nama gue. Tapi perasaan orang lain bisa berubah seiring waktu. Jadi mari belajar membangun perasaan itu bersamaku."
Kang mas gue kan jadi terharu dengernya.

"Kamu ceritanya beneran ngelamar aku?? Berdiri di depan pagar rumah gue?? Gak asyik ihh."
Bagus menarik tangan gue masuk kedalam rumah. Dan mengeluarkan ultimatum yang cukup membuat banyu tersedak siiplah.

"Mama, saya melamar Reni. Untuk menjadi istri dan ibu anak-anakku kelak."
"Kita kan belajar menata hati bersama untuk menuju ke acara saklar.. yaitu pernikahan."
Dan senyum merekah dari kedua pihak keluarga. Kecuali banyu. Dia masih syok mendengar ucapan bagus. Dan tanpa bantahan yang keluar dari mulut gue.

Nikahin aku Om!!! [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang