Radika's pov

448 46 4
                                    

Samara itu cewek galak.

Itu dulu, waktu pertama kalinya gue melihat doi. Garis wajahnya benar-benar mendeskripsikan cetakan muka mode senggol-bacok. Tapi sekarang juga sama aja, sih. Kalau nggak galak, bukan Samara namanya.

Sebetulnya, dari awal gue nggak berusaha untuk bisa berteman dekat dengan Sam. Pertama, gara-gara dia kelihatan galak, di mana gue pikir lebih baik gue nggak perlu kenal lebih dekat dengan cewek satu itu. Istilahnya, main aman aja. Alasan kedua, kayaknya ini orang juga kelihatan agak jaga jarak sama gue, padahal gue sendiri juga nggak tahu kenapa. Jadi, daripada sok kenal, mending nggak usah merasa sok dekat dari awal.

Tapi, berawal dari Melia, anehnya gue bahkan bisa jadi dekat banget sama Sam. Iya, mereka berteman dari kelas sepuluh, dan waktu kenaikan kelas sebelas, mereka duduk berduaan. Mungkin karena gue keseringan isengin Melia, Sam juga jadi kena batunya. Sering juga jadi penengah kalau gue sama Melia lagi ribut.

Dari masa pendekatan itu; ini benar-benar pendekatan antar teman ya, bukan pendekatan ke gebetan, gue ngerasain kalau Sam ini agak beda dari cewek-cewek yang ada di kelas. Istilahnya mungkin ... berkarisma?

Walau para perempuan di sekolah mengenakan rok panjang, tapi kalau gue lihat dia tuh aura machonya kayak keluar gitu. Gue sendiri heran kenapa orang ini bisa klop banget sama Melia yang jelas-jelas secara karakter aja udah beda banget.

Yang paling bikin gue kaget, tiba-tiba Sam ikut tampil demo ekstrakulikuler di tengah-tengah lapangan sambil main gitar akustik. Gue sebenarnya tahu kalau dia ikut ekskul musik, cuma gue nggak tahu kalau ternyata dia bisa main gitar.

Gitar, woy. Gitar?!

Duh. Gue aja bahkan kalau masalah musik udah nyerah. Buta nada kali gue mah.

Tapi itu cewek satu ... gila. Gue nggak akan heran kalau mungkin banyak cowok di sini yang kagum sama dia.

Pada saat itu untuk pertama kalinya gue lihat Sam tersenyum lebar. Dan gue rada syok pas baru sadar kalau ternyata Sam punya lesung pipi, dua!

Dan mungkin juga, untuk pertama kalinya, gue suka sama Sam. Dibalik wajahnya yang galak, ternyata dia manis juga.

[***]

Cewek kalau lagi jatuh cinta itu kelihatan banget. Entah mata gue yang terlalu peka atau gimana, gue tahu kalau Melia suka sama gue. Tapi respons gue? Gue akui memang brengsek sih. Gue diam aja, pura-pura nggak tahu kalau dia suka sama gue.

Walaupun gue tahu kalau Melia suka sama gue, bukan berarti gue harus jaga jarak sama dia, 'kan? Brengsek ya? Atau malah aneh? Padahal gue sadar, mungkin kelakuan gue waktu itu bisa ngebuat Melia jadi salah paham.

Jadi, untuk sedikit menyingkirkan potensi salah paham tersebut pada Melia, gue juga berusaha untuk bersikap yang sama ke teman-teman cewek di kelas ini, terutama ke Sam juga. Eh ... tapi gue malah keterusan dan timbul perasaan excited kalau gue lagi ngobrol sama dia. Dari ngomongin tentang PR, kemudian sampai ke tahap ngobrolin hal yang nggak jelas. Padahal, dari awal, gue nggak pernah punya niat buat jadi teman dekatnya.

Tapi, tentu aja, cowok itu lebih handal dalam menyembunyikan perasaan. Gue berusaha bersikap netral ke Sam dan juga Melia.

Akan tetapi, walaupun gue berusaha untuk bersikap sama pada dua perempuan tersebut, tapi ini kenapa kesannya mereka berdua selir gue ya? Entah kenapa gue merasa kalau Sam agak kasih jarak ke gue, apalagi kalau kondisinya cuma lagi berduaan. Beda banget kalau tiba-tiba ada Melia yang ikut dalam konversasi.

Yang gue paham sih kayaknya Sam lagi mencoba untuk menjaga perasaannya Melia? Takut-takut kalau kedekatan gue sama dia justru dinilai buruk sama Melia dan itu bisa ngerusak pertemanan mereka berdua.

Ribet ya sahabatan antara cewek itu?

Tapi gue nggak terlalu peduli. Toh mungkin ini cuma perasaan kagum gue doang, nggak lebih.

Tapi kenyataannya gue malah makin ngerasa gelisah sendiri. Gue yakin kalau Sam bukan lagi jaga jarak, tapi dia memang sengaja ngejauh. Walau di kelas dia masih nyapa, masih ikut ketawa kalau gue lagi bercanda sama Melia, tapi Sam udah jarang balas chat gue.

Sebelumnya, gue mau kasih tahu. Walau di sekolah kita berdua nggak terlihat sedekat kayak gue sama Melia--kebetulan gue sama Melia memang udah temenan dari kelas sepuluh dan berkat satu ekskul juga, gue sama Sam lebih dekat via chat. Yang lebih privasi dan nggak kelihatan oranglah intinya.

Gue ngerasa kalau Sam memang lagi ngejauh pas gue berusaha untuk ngajak ngobrol; berduaan. Kalau ada orang ketiga, dia baru mau diajak ngomong. Itu pun balasnya juga cuma sekenanya aja.

Dan gue baru sadar di saat itu ada rumor kedekatan gue dengan salah satu cewek di kelas. Sebut ajalah namanya Mawar. Entah siapa yang nyebarin gosip, tapi gue dengar-dengar bahkan ada yang bilang kalau gue suka sama Mawar. Tapi sebenarnya mah ... ya ampun memang guenya aja yang brengsek karena memperlakukan cewek-cewek di kelas ini dengan sikap yang sama, dan kebetulan mungkin Mawar ini jadi baper sendiri.

Sejak saat itu, Sam jadi kayak orang yang sibuk. Jarang online, kalau di-chat pun balasnya juga lama. Sampai gue sempat dengar kalau Sam dekat lagi sama mantannya. Gini-gini grup cowok juga bisa jadi lambe turah

Gue ngerasa ... oh, mungkin memang gara-gara itu dia jadi ngejauh dari gue, bukan karena rumor gue sama Jihan yang tersebar.

Sejak tahu itu, gue juga ikutan jaga jarak? Ya enggaklah! Hahahaha. Tapi gue berusaha bersikap biasa aja, kayak nggak tahu apa-apa, masih ngajak bercanda Sam juga, yang untungnya makin lama dia balik lagi kayak Sam yang dulu, yang mau balas kerecehan gue saat kita berdua lagi nge-chat.

Rumor gue sama Mawar pun luruh gitu aja, karena ya jelas dong gue emang nggak suka sama Mawar, ngapain juga gue ngajak pacaran cewek itu? Jadi, gosip itu langsung luluh lantah melihat gue yang bahkan berusaha untuk tidak bersikap seperti biasanya pada Mawar. Ke Mawar doang lho, ya, nggak ke yang lain, apalagi ke Sam.

Lagian, kayaknya Sam juga nggak ada balikan tuh sama mantannya? Buktinya, dia udah balas chat gue kayak biasanya, mau gue ajak ngobrol walau cuma berdua. Intinya, kayak biasanya. Berarti, antara dia dan mantannya itu nggak ada perkembangan, 'kan?

[***]

UNEXPECTED [✔]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang