Masih di masa depan...
.
.
.
.
.Waktu balik ke ruang keluarga setelah ngambil jaket Memi yang ketinggalan dikamar, Rika bisa ngeliat Manaka lagi ngasih wejangan yang kesekian kalinya. Anaknya mah iya-iya aja yang penting cepet selesai lah ngomongnya.
"Pi aku cuma pergi beberapa hari?! Jangan kaya aku perginya lama banget." Sahut Memi. "Minggu juga udah di rumah lagi."
"Ya tapikan —"
Suara klakson mobil jemputan pun kedengeran dan otomatis ucapan Manaka itu gak selesai. Memi buru-buru kedepan setelah pamit ke Manaka sekaligus Rika tentunya.
"Sepi deh." Celetuk Manaka pelan.
"Memi cuma pergi 2 hari buat ldks osis di sekolahnya loh, bukan pergi merantau keluar kota buat kuliah."
Manaka ngelirik Rika seolah dapet pencerahan, "Nanti aku mau nyuruh Memi buat kuliah yang deket-deket aja ah. Gak rela kalo ngijinin dia pergi jauh-jauh."
"Dih?"
"Gapapa. Kita dapet Memi aja cepet banget, gak mau kalo ngelepasnya juga cepet."
Rika ketawa pasalnya Manaka emang suka berubah melow kalo berhubungan sama Memi yang pelan-pelan dewasa. Jadi overprotektiv ke anak semata wayangnya itu. Apalagi sekarang Memi udah mulai mandiri juga.
Dirumah yang biasanya rame sama celetukan Manaka yang di timpalin Memi itu lamat-lamat hampir enggak lagi kedengeran. Memi kadang nganggap candaan Manaka angin lalu, sikapnya lebih kalem. Enggak lagi ngegas kalo Manaka mulai onar, enggak lagi ngelawan dan milih buat ngalah.
Manaka kaya ada perasaan enggak rela anaknya udah mulai gede, segala cara dilakuin buat narik perhatian Memi. Anaknya itu jadi sekalem Rika sekarang, gak banyak tingkah.
Rika juga sih sebenernya enggak rela anak gadisnya mulai tumbuh dewasa maunya kecil aja terus, tapi gak mungkin lah Memi bocah selamanya.
"Sumpah nih sepi banget kaya di kuburan." Baru 5 menit di tinggal anaknya udah ngeluh aja Manaka mah.
Rika enggak ambil pusing, karena emang jadi sepi banget kesannya. Rumah mereka gak gede amat, pas lah buat 3 orang tapi pas salah satu penghuninya pergi entah kenapa kerasa banget sekarang, beda sama dulu-dulu meskipun Rika dirumah seharian sendiri.
Semenjak Risa kuliah diluar kota, lalu sekarang udah punya rumah dan keluarga sendiri setelah nikah sama Neru, emang Rika ngerasa rumah lebih luas. Padahal mah gada yang berubah.
"Sini deh yang." Panggil Manaka, mengalihkan perhatian Rika dari merenung di dapur sambil minum.
"Apa?"
"Dulu Memi segede ini masih aku tungguin sampe kelas selesai waktu baru masuk tk sekarang udah pergi buat ldks jadi anggota osis sma aja."
Rika ngeliatnya random banget karena Manaka sekarang lagi pegang album foto Memi dan nunjukin potret Manaka sendiri sama anaknya itu di depan bangunan sekolah tk. Rika yang fotoin, lucunya Manaka senyum sementara Memi muram. Seinget Rika waktu itu Memi belum rela masuk sekolah setelah liburan panjang, sementara Manaka seneng karena anaknya itu lucu banget pake seragam.
"Aku masih gak percaya Memi udah gede." Manaka makin melow karena ngeliat album foto anaknya itu, akhirnya malah nular ke Rika. Jadinya flashback deh, perjuangan mereka sampai ke tahap sekarang tuh enggak mudah.
Dulu, dulu banget mereka emang terlalu cepet punya Memi alias enggak di rencanain. Kuliah Manaka maupun Rika hampir berantakan.
Waktu tau Rika hamil, Manaka gak ngerti harus gimana. Rika apalagi, takut dan marah sama diri sendiri. Gak bohong juga keduanya sempet enggak mau tanggung jawab, tapi setelah dapet pencerahan karena mikir keras sampe keduanya berentem hebat saling nyalahin akhirnya mau gak mau diputuskan harus ngambil resiko apapun, karena hadirnya Memi ini ya karena kelakuan mereka juga.