"Salsa sabar ya nak, dia nemang suka begitu"
"Iya tante nggak apa apa"
"Kamu ngapain sih dari dulu manggil tante, kan mama udah bilang dulu waktu nando pertama kali kesini mama bilang kamu panggil mama aja"
"Ehh iya mama lupa hehe"
"Maafin nando ya sayang, mama tau nanti dia akan menyesal belakangannya"
"Udahlah ma nggak apa apa, manda kan juga punya penyakit, salsa ngewajarin kok"
"Kamu hebat nak, nando gak salah pilih milih kamu. Mama berharap kamu calon mantu mama"
"Jodoh ada ditangan Tuhan ma, kita tinggal melakukan apa yang udah Tuhan atur"
"Iya nak, maafin nando sekali lagi ya" mengelus elus rambut salsa.
"Mama kan nggak salah ngapain minta maaf mama"
"Sebagai perwakilan aja nak"
"Nggak usah ma, mama nggak salah, nando juga nggak salah, jadi jangan minta maaf ke salsa" lalu memanyunkan bibirnya kedepan.
"Udah jangan dimanyun manyunin sayang, salsa mau dengerin cerita mama? tentang...amanda dan nando dulu" tanyanya ragu
"Boleh tante, banyak juga yang salsa nggak tau tentabg amanda dan nando apalagi penyakit amanda"
"Jadi gini, dulu waktu nando kelas 3 SD, dia kedatangan murid baru kelas 1 SD namanya amanda. Dan ternyata rumah kita dekat alias tetangga kita sendiri. Nando sering bermain bersama manda sampai lupa waktu, lupa makan, lupa pulang kalau nggak mama cariin. Mereka meresmikan menjalin hubungan persahabatan waktu itu. Saat nando mulai mencintai amanda sepenuh hati waktu memasuki SMA kelas 1, dan disekolah yang berbeda amanda kelas 2 SMP, nando sempat menyatakan perasaannya. Jawabannya yahh, ditolak karena manda nggak mau ngehancurin persahabatan mereka. Tak lama nandi mengungkapkan perasaannya, ternyata amanda sudah jadian dengan kakak kelasnya yang kelas 3 SMP. Nando hanya bisa pasrah ketika amanda curhat tentang pacarnya itu. Dna nando mendapatkan kabar salsa dengan pacarnya resmi putus. Waktu itupun nando juga mendapatkan kabar bahwa amanda pindah Ke singapura selama 2 tahun. Nando di hubungi keluarga manda kalau manda terkena penyakit jantung lemah tingkat akut sehingga diharuskan berobat ke singapura supaya tidak terjadi apa apa karena orang tua amanda khawatir dengannya.
2 tahun berlalu, nando sudah belajar melupakan nya sampai akhirnya nando setengah melupakan cinta pertamanya. Dia datang kembali ke sini dan menyatakan cintanya pada nando. Licik sekali. Sebenatnya, mama sudah tau kalau amanda itu sudah sembuh dari dulu karena mama melacaknya. Amanda hanya disuruh orang tuanya berpura pura supaya bisa mendapatkan nando sekaligus harta kita."
"Amanda? seperti itu ma? benarkah?" tanya salsa.
"Iya sayang, maka dari itu kalau manda tiba tiba merasa pusing atau tiba tiba pingsan, coba aja kamu siram pake air putih, pasti langsung bangun dan marah marah"
"Mama tau dari mana?"
"Mama waktu itu nyuruh orang buat seperti itu, karena manda ingin dimanja nando waktu itu. Dan hasilnya jiga dia marah marah" lika ketawa terbahak bahak.
"Lalu, mama punya bukti apa kalau amanda bohong soal penyakitnya?"
"Mau tau?" salsa hanya mengangguk kecil. Seketika lika sudah mendapat jawaban dari salsa lika meninggalkan salsa sebentar.
Datang datang membawa laptop yang sudah tebuka.
"Mama punya video nya, manda ngomong sendiri waktu menyuruh dokter bohongan memeriksanya. Tak lain dokter bohongan itu suruhan mama"
KAMU SEDANG MEMBACA
SALSA
Fiksi RemajaBagaimana rasanya melihat orang yang kita sayang lebih menomor satukan sahabatnya? Perempuan lagi. Sakit ngga sih? Yapasti sakit lah, bukan fisik tapi hayati. Jika kalian diposisi Salsa saat ini, apa yang kalian lalukan? Bertahan? Meninggalkan? Atau...