Kala dan Alana sekarang dalam perjalanan menuju rumah Alana di Jakarta.
Begitu Alana bilang soal Papanya, Kala dengan kekuatan bulan langsung menyambar jaket, dompet, beserta kunci mobil.
Enggak pakai pikir panjang, pokoknya Kala harus anter Alana ketemu Papanya buat yang terakhir.
Sepanjang perjalanan, Alana enggak ada berhenti nangis sambil menggumam kata maaf. Saat itu juga Kala enggak berhenti buat nenangin Alana.
Kala enggak ngerti sih rasanya di posisi Alana kayak apa, tapi Kala cuma berharap, kalau kalimat-kalimat penenenang yang dia kasih bisa bikin Alana lebih baik.
At least buat sekarang.
Kala Juga udah ngehubungin Juno. Anaknya kaget banget begitu denger kabar itu. Katanya, dia bakal nyusul langsung, dan nitip biar Kala anterin Lana duluan.
Setelah kurang lebih empat jam, akhirnya mereka berdua sampai di kediaman Alana.
Tangis Alana makin pecah waktu liat ada bendera kuning di pagar rumahnya.
Begitu mobil berhenti, anaknya langsung beringsut keluar dan masuk ke dalam rumah.
Kala tarik napas dulu terus baru ikutan turun. Enggak lupa nyemprot parfum.
Kan belom mandi sore...
Meskipun enggak bau, tapi Kala enggak pede aja gitu.
Pemandangan yang Kala liat pertama kali saat masuk rumah adalah Alana yang lagi pelukan sama Lele. Serius sedih banget Kala liatnya.
Di sampingnya, ada wanita paruh baya yang kalo Kala liat nih, kayanya mamanya Alana.
Karena enggak mau ganggu, Kala milih buat duduk diantara orang-orang yang lagi ngelayat. Ikut berdoa buat almarhum Papanya Alana.
"Kak Arion..." panggil Leo.
Kala noleh terus jalan nyamperin Leo. "Kirim do'a yang banyak buat Papa, Le. Nangis boleh, tapi jangan keterusan, ya?" Kala nepuk-nepuk kepalanya Leo.
Leo cuma ngangguk-ngangguk aja, sambil masih sesegukan.
Nengok samping, taunya Alana lagi pelukan sama Mamanya.
Hmmm, Kala jadi makin sedih.
"Makasih udah anter teteh kesini Kak, ketemu Papa..." kata Leo abis itu malah nangis lagi. Padahal sebelumnya udah mendingan.
Kala ngehela napas pelan. Tangannya terulur buat ngerangkul pundak Leo.
Dirangkul doang enggak ngomong apa-apa lagi. Mau bilang, "Sabar ya, Le." rasanya bullshit banget.
Karena ya, mana bisa sabar liat orang tersayangnya pergi kayak gitu.
Sayup-sayup Kala bisa denger kalo mamanya Alana nanya, kesini sama Juno? Junonya mana. Terus dijawab sama Alana, sama temen mam. Itu yang lagi sama Lele. Gitu.
"Nak Kala..."
Kala ngelepasin rangkulannya ke Leo, dan jalan menghampiri mamanya Lana. Senyum dan enggak lupa cium tangan juga guna memberi kesan baik.
"Tante... turut berduka cita ya. Semoga amal ibadah Om diterima di sisi Tuhan." kata Kala.
Sang mama, yang diketahui bernama Jovanya itu tersenyum sendu. "Aamiin... katanya Kala yang anter Lana ke sini ya?"
Kala ngangguk. "Iya, Tante. Kebetulan saya satu kost sama Juno, dan tadi Junonya lagi pergi. Jadinya Kala yang anter Lana, tapi Juno juga lagi on the way kok, Tan."
"Makasih banyak ya, Kala. Maaf juga jadi ngerepotin jauh-jauh anter Lana kesini. Kala asli Bandung?" tanya bu Jovanya.
"Sama-sama Tante. Enggak ngerepotin sama sekali kok. Kalo Kala, rumahnya di Jakarta Tan, itu daerah PIK." jawab Kala sesopan mungkin.
KAMU SEDANG MEMBACA
"The Ethereal" Arion ✅
FanfictionDulu, Arion pikir membahagiakan semua orang adalah tanggung jawabnya. Tapi kalo dipikir, capek juga ya beb. Akhirnya, bermodal sedikit nekat dan dukungan orang-orang terdekat, Arion memutuskan mencari kebahagiaan untuk dirinya sendiri. Caranya giman...