Ruang Perpustakaan

656 99 2
                                    

Kelas pertama untuk anak tahun kelima bagi Ravenclaw dan Hufflepuff adalah Ramuan dengan Prof. Frank. Mereka hari ini belajar membuat Shrinking Potion atau cairan Penyusut. Bahannya adalah potongan akar daisy, shrivelfig yang sudah dikuliti, potongan ulat bulu, satu limpa tikus, dan jus lintah. Efeknya adalah untuk menyusutkan si peminum. Jika terlalu banyak memasukkan limpa tikus atau jus lintah maka akan membuat ramuannya berubah warna menjadi oranye yang mana seharusnya berwarna hijau terang; membuat ramuannya gagal serta menjadikan ramuan ini menjadi beracun.

Wendy menjadi murid pertama yang berhasil membuat ramuan ini dikelas sehingga Ravenclaw mendapatkan 15 poin. Selesai kelas berakhir, Wendy menghabiskan waktu istirahatnya di ruang perpustakaan. Dia telah menyantap sandwich isi daging dan jus jambu untuk makan siangnya. Saat ini Wendy sedang menulis surat untuk orangtuanya yang akan dikirim lewat burung hantu Hogwarts.

"Hello mom and dad, aku baru saja selesai kelas ramuan, kelas pertamaku di tahun ajaran ini. Prof Frank mengajarkan kami cara membuat cairan Penyusut. Itu adalah Ramuan yang sangat sulit karena ukuran bahan-bahannya yang benar-benar harus tepat atau akan membuat Ramuan itu menjadi racun. Glad, aku berhasil dalam sekali percobaan dan mendapatkan 15 poin untuk asramaku. Saat ini sedang istirahat dan aku berada di perpustakaan. Sepertinya tahun ini aku akan lebih sering ke perpustakaan untuk mempersiapkan ujian OWL.

Aku yakin kalian sudah tau bahwa Hogwarts mengadakan latihan Turnamen Triwizard untuk angkatanku. Dad pasti sudah mendengar kabar ini dari sahabatnya di Kementrian. Tapi apakah aku boleh mendaftar menjadi peserta? Aku benar-benar ingin mencobanya.... Yaa walaupun masih banyak kandidat Ravenclaw yang lebih hebat dariku setidaknya aku ingin memasukan namaku kedalam Goblet of fire agar tidak penasaran.

Alasan kedua ku menulis surat ini adalah karena ingin meminta dikirimkan gaun pesta dansa. Semalam, aku menghabiskan waktuku mendesign gaun yang kuinginkan. Mom, kau hanya perlu mengirimkan gaun, sepatu dan aksesorisnya saja. Untuk riasan wajah temanku yang seorang muggleborn akan membantuku berias. Mereka akan membantuku "make-up". Make-up itu adalah sebutan para muggle ketika mendandani wajahnya. Mereka memiliki berbagai alat seperti eyeshadow, blush on, foundation dan banyak lagi. Dad bisa bertanya kepada temannya yang bekerja di Departemen Hubungan Muggle tentang apa itu make-up, karena make-up benar-benar terkenal di dunia para muggle. Tenang saja, peralatan itu akan diperiksa dulu oleh kantor pengawasan Hogwarts karena merupakan barang muggle sehingga aman untuk digunakan olehku.

Sepertinya ini saja yang ingin aku sampaikan, jaga kesehatan dan istirahat yang cukup. Aku mencintai kalian, mom and dad.

-your one and only, Wendy."

Seperti biasa, wendy selalu menulis suratnya dengan sangat panjang dan sedetail mungkin. Dia juga selalu bercerita tentang kehidupan bersekolah nya karena dia tau, ibunya mungkin merasa rindu padanya. Setelah menulis surat itu wendy pun membaca buku tentang Transfigurasi, mata pelajaran favoritnya. Apalagi setelah istirahat ini, jadwal kelas Wendy adalah Transfigurasi.

Transfigurasi adalah cabang ilmu sihir di mana sang penyihir belajar untuk mengubah benda atau objek menjadi sesuatu yang lain. Cabang ilmu sihir ini sangat rumit namun juga sangat berguna. Transfigurasi tak lepas dari mantra dan ayunan tongkat, karena perapalan mantra yang salah akan membuat objek yang di rubah tidak akan berubah dengan sempurna bahkan kemungkinan rusak. Semakin rumit benda yang di rubah semakin rumit pula penerapannya, apalagi jika benda yang ubah adalah makhluk bernyawa karena dalam transfigurasi ketika sang penyihir merubah benda atau makhluk hidup, ia bukan hanya mengubah tampilannya, namun ia juga mengubah susunan, molekul bahkan mencapai tingkat atom.

Transformation Spell (Mantra Pengubah Bentuk) adalah mantra yang dipelajari di setiap tingkatan kelas di Sekolah Sihir Hogwarts. Tahun pertama siswa mempelajari hal-hal yang sederhana, seperti mengubah benda mati ke bentuk benda mati lainnya. Tahun selanjutnya siswa mengubah makhluk hidup menjadi benda mati. Tahun selanjutnya siswa mengubah benda mati menjadi makhluk hidup. Di tingkat lebih atas mengubah makhluk hidup menjadi bentuk makhluk hidup lainnya.

Mantra ini digolongkan menjadi 4 tingkat:

1. Inanimate to Inanimate Transfiguration (Transfigurasi Objek Tak Bernyawa Menjadi Objek Tak Bernyawa).
2. Animate to Inanimate Transfiguration (Transfigurasi Objek Bernyawa Menjadi Objek Tak Bernyawa).
3. Switching Inanimate to Animate Transfiguration (Transfigurasi Objek Tak Bernyawa Menjadi Objek Bernyawa).
4. Animate to Animate Transfiguration (Transfigurasi Objek Bernyawa Menjadi Objek Bernyawa Lainnya).

Kelas nanti, mereka akan mulai mempraktekan tingkatan ketiga yaitu mengubah objek tidak bernyawa menjadi objek bernyawa. Baru setelah itu ke tingkat keempat yaitu mengubah objek bernyawa menjadi objek bernyawa lainnya. Ditahun keenam nanti, para siswa baru mempelajari Conjuring Spell atau Mantra Pengadaan.

Secara garis besar mantra pengadaan ini menciptakan suatu benda dari udara kosong, di mana benda-benda yang diciptakan berbentuk nyata (bukan seperti Mantra Patronus) bahkan benda-benda yang diciptakan hidup atau bernyawa. Mantra ini sebenarnya bukanlah menciptakan, tapi kinerja mantra ini lebih tepatnya memindahkan satu benda dari satu tempat ke tempat lainnya melalui dimensi lain dengan menggunakan sihir. Benda-benda yang diciptakan merupakan benda-benda yang sudah ada dan berada di suatu tempat lalu dipindahkan menggunakan suatu mantra sehingga berada di depan kita. Dalam penerapannya, Mantra Pengadaan membutuhkan konsentras atau pikiran yang tak tanggung-tanggung. Mantra Pengadaan juga membutuhkan tujuan dan tekat.

Semakin tinggi,mata pelajaran Hogwarts semakin sulit. Wendy benar-benar belajar sangat keras untuk mempersiapkan ujian OWL yang akan dilaksanakan pada akhir ajaran tahun kelima.

Ajaran Tahun Kelima [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang