Pengumuman dari Kepala Sekolah

663 107 2
                                    

Setelah acara seleksi topi asrama bagi anak-anak kelas satu selesai, kepala sekolah Hogwarts pun memberikan sambutan pidato awal tahun ajaran baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Prof. Lee Soo Man pertama-tama menyambut kedatangan anak-anak kelas satu, mengingatkan mereka bahwa asrama mereka adalah keluarga mereka saat di sini dan melarang keras pergi ke hutan terlarang. Setelah itu baru Prof. Lee Soo Man mengabarkan berita penting mengenai acara Latihan Turnamen Triwizard yang direspon heboh oleh para siswa.

Beberapa ada yang merasa bingung karena tidak mengerti atau bahkan mengetahui mengenai turnamen ini, mayoritas para muggleborn. Beberapa anak terlihat menceritakan panjang lebar mengenai turnamen ini kepada temannya yang muggleborn, kisah-kisah yang didengar dari orangtuanya ataupun dari berita dan buku yang mereka baca, bahkan ada yang dilebih-lebihkan. Beberapa anak juga ada yang mengumpat karena hanya anak kelas lima yang diijinkan mendaftar, mayoritas mereka adalah anak-anak kelas enam dan kelas tujuh.

Aturan main dan pendaftaran dari latihan turnamen ini sama seperti yang sebelumnya. Bedanya, piala goblet of fire akan dijaga 24 jam penuh oleh staff Hogwarts agar tidak ada yang bisa mendaftarkan namanya selain anak kelas lima. Peserta yang terpilih untuk mengikuti turnamen ini juga akan diberikan pengecualian beberapa mata pelajaran dan tugas-tugas. Dan untuk pemenangnya akan diberikan hadiah 500 galleon (setengah dari total hadiah Turnamen Triwizard yang asli)  dan poin untuk asrama sebanyak 500 poin. Ini bisa mengindikasikan bahwa pemenang dari latihan turnamen akan membawakan piala asrama tahunan hogwarts.

Mulai besok malam, para siswa bisa menaruh namanya di piala goblet of fire yang terletak di ruang hall utama sekolah. Pendaftaran nama diadakan selama 3 hari saja karena sekolah ingin pertandingan ini dilaksanakan oleh anak murid yang benar-benar yakin terhadap dirinya sendiri.

Quidditch tetap akan dilaksanakan juga seperti biasanya, beberapa pemain Quidditch bahkan mulai mengajak anak-anak kelas satu untuk ikut audisi yang akan dilaksanakan pada minggu kedua ajaran sekolah. Memang sangat jarang sekali anak kelas satu yang menjadi pemain Quidditch, namun beberapa anak yang tumbuh dari keluarga penyihir sudah mengerti cara menggunakan dan terbiasa dengan sapu, dan beberapa keturunan muggle ada yang memang memiliki bakat alami sehingga langsung lancar walaupun baru masuk kelas sapu satu kali.

Tugas utama dari seorang prefek adalah mengayomi anak-anak kelas satu, apalagi para muggleborn yang masih merasa asing dengan dunia sihir.

Makan malam kali ini sangat nikmat, tepat ketika Prof. Lee Soo Man menjentikkan jarinya, daging bulgogi, ramyeon yang kuahnya sangat menyegarkan, jjangmyeon yang sausnya menggugah selera, kimbap dengan isi yang berbeda-beda, dan juga makanan pendamping seperti kimchi dan sup rumput laut langsung tersedia didepan mata. Tidak lupa dessert seperti patbingsoo, hotteok yang isiannya langsung lumer dimulut dan juga gwapyeon yang punya tekstur yang sama dengan jelly yang terbuat dari buah atau jus segar dengan tambahan madu.

Tentu saja makanan-makanan itu tidak muncul begitu saja, para peri rumah Hogwarts telah memasaknya terlebih dahulu di dapur sekolah. Para siswa pun memakannya dengan sangat lahap karena perjalanan kereta yang jauh ditambah pidato kepala sekolah yang cukup lama membuat perut mereka sangat lapar.

Selesai makan malam, para siswa langsung ke asramanya masing-masing karena waktu sudah malam. Tugas prefek adalah mengantar para siswa kelas satu untuk pergi ke asrama mereka masing-masing. Sedangkan siswa kelas dua hingga ketujuh dapat langsung pergi ke asrama mereka masing-masing.

Asrama Gryffindor berada di menara tertinggi Hogwarts. Dan pintu masuknya ada di lantai ketujuh menara yang terletak di sebelah timur kastil. Asrama Gryffindor dijaga oleh potret Nyonya Gemuk atau The Fat Lady, dengan kata kunci asrama yang paling sering berubah diantara asrama lainnya. Biasanya selalu diganti setiap minggu.

Asrama dan common room milik murid Hufflepuff berada pada koridor yang sama dengan dapur Hogwarts. Cara mengaksesnya hanya perlu menuruni satu lantai dari Aula Besar Hogwarts. Asrama Hufflepuff merupakan asrama yang paling nyaman dan terang dengan suasana yang bersahabat.

Sementara asrama Ravenclaw terletak di menara kastil bagian barat. Untuk bisa masuk ke dalam common room Ravenclaw, para siswa harus mampu menjawab teka-teki yang dilontarkan oleh potret penjaga asrama.

Sedangkan asrama Slytherin berada jauh di ruang bawah tanah Hogwarts yang gelap dan dingin, dan common room asrama ini berada di dekat Danau Hitam atau The Black Lake di selatan kastil, tempat Turnamen Triwizard dilaksanakan.

Anak-anak pun langsung beristirahat di common room mereka masing-masing untuk mempersiapkan kelas pertama di tahun ajaran besok pagi. Seperti biasa, asrama Gryffindor akan satu kelas dengan anak-anak asrama Slytherin. Dan anak-anak Ravenclaw akan satu kelas dengan anak-anak asrama Hufflepuff.

Ajaran Tahun Kelima [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang