Cerita Kelas Sebelah

615 99 3
                                    

Ketika sedang asyiknya membaca buku Transfigurasi oleh Gerrard Gamp. Tiba-tiba NamJoon datang bersama dengan Yeri.

"Kau tidak makan?" sapa Yeri.

"Sudah, sandwich daging dan jus jambu." Jawab Wendy.

"Kelas Transfigurasi tadi benar-benar susah. Bahkan Prof Maya memberikan kami tugas paper yang sangat banyak. Inilah mengapa aku ke perpustakaan untuk menyicil pekerjaan," cerita Namjoon.

"Memangnya tadi kalian belajar tentang apa saja?" Tanya wendy.

"Transformation Spell tingkat ketiga, Switching Inanimate to Animate Transfiguration atau Transfigurasi Objek Tak Bernyawa Menjadi Objek Bernyawa. Itu benar-benar jauh lebih sulit dari yang aku kira. Aku baru berhasil saat percobaan kelima." Jawab namjoon.

Mendengar jawaban NamJoon, Wendy membuka lembaran mengenai materi itu.

Hukum Gamp Tentang Transfigurasi Elemental dalam poin 1 berbunyi “Benda Hidup. Benda dapat dihidupkan, membawa kehidupan pada objek tak bernyawa, tetapi mantra pada objek tersebut akan menghilang dalam jangka waktu tertentu”. Berlandaskan hukum tersebut bisa dipastikan bahwa transfigurasi yang dilakukan bukanlah menciptakan kehidupan, tetapi hanya merubah satu objek menjadi imitasi makhluk hidup di mana imitasi tersebut bersifat tidak permanen. Penyihir tidak bisa melepaskan arah tongkat sihir ke objek yang dimantrai, apabila sedikit bergeser benda itu akan menjadi mati kembali. Yang menggerakan benda mati tersebut adalah sihir itu sendiri, bukan kehidupan. Jika sihir yang ditanamkan hilang atau berkurang maka benda itu akan mati. Sehingga Inanimate to Animate Transfiguration adalah dimana kita membuat suatu benda mati 'terlihat' hidup. Kita tidak memberikan kehidupan atau nyawa pada benda mati itu. Hanya membagi sihir kita ke benda itu agar bisa bergerak.

NamJoon bercerita, "Prakteknya benar-benar sangat rumit. Bahkan ada kekacauan di kelas tadi karena Max salah mengucap mantra. Prof Maya mengajarkan kami mantra Piertotum Locomotor untuk merubah patung menjadi hidup. Itu adalah salah satu mantera yang digunakan saat perang di Hogwarts tahun 1998."

"Max si muggleborn dari Gryffindor itu kan? Memangnya dia melakukan apa hingga membuat kekacauan dikelas?" Tanya wendy.

Yeri yang sedang mengerjakan tugas papernya menjawab wendy, "Karena Max tolol, dia malah menyebut Pigtotum Locomotor dan mengubah patung itu menjadi mirip babi. Semua orang tertawa dan kelas menjadi berisik. Prof Maya marah dan mengurangi 10 poin dari Gryffindor. Max sekarang menjadi bulan-bulanannya Genk Cowok Slytherin. Bahkan Suga menyebutnya Si Babi dari Gryffindor."

Wendy pun tertawa mendengar cerita Yeri. Gryffindor dan Slytherin memang menjadi asrama yang saling mengejek satu sama lain. Setiap hari, pasti ada saja yang terjadi diantara mereka.

"Kau kenapa berada disini? Apa kelas Ramuan memberikan tugas paper juga?" Tanya Yeri kepada Wendy.

"Tidak. Tadi kami hanya membuat Ramuan Penyusut. Kau harus benar-benar tepat dalam menghitung jumlah bahan-bahannya atau Ramuan itu akan menjadi racun. Tujuan aku kesini untuk belajar, menyicil untuk OWL." Jawab Wendy.

Tes OWL memiliki kepanjangan Ordinary Wizarding Level, ujian ini diperuntukkan bagi siswa Hogwarts kelas 5. Materi yang diujikan terdiri dari 9 mata pelajaran yaitu, pertahanan terhadap ilmu hitam, ramuan, herbologi, mantra, sejarah sihir, pemeliharaan satwa gaib, ramalan, astronomi dan transfigurasi.

Sementara NEWT merupakan singkatan dari Nastily Exhausting Wizarding Test, diperuntukkan bagi siswa Hogwarts kelas 6 dan 7. Mata pelajaran NEWT tergantung dari nilai OWL, jika nilai OWL mereka tidak memenuhi nilai minimal yang ditentukan pengajar maka mereka tidak bisa mengambil pelajaran tersebut untuk NEWT mereka. Penentuan materi NEWT kadang didiskusikan bersama guru pembimbing.

Sistem penilaian OWL dan NEWT sama, yaitu,

Nilai Kelulusan :

O (Outstanding) - Istimewa
E (Exceed Expectations) - Diluar Dugaan
A (Acceptable) - Cukup

Nilai Ketidaklulusan :

P (Poor) - Parah
D (Dreadful) - Mengerikan
T (Troll)

Hasil ujian NEWT sendiri menjadi syarat untuk mendaftar bekerja setelah lulus dari sekolah. Ada beberapa pekerjaan yang mewajibkan mata pelajaran tertentu untuk mendapatkan nilai kelulusan yang tinggi seperti jika ingin menjadi Auror, maka nilai pertahanan terhadap ilmu hitam dan transfigurasi nya harus outstanding.

"Heol, boro-boro OWL. Otakku sekarang sedang penuh dengan Goblet of fire yang akan dimulai nanti malam. Hampir seluruh anak kelas lima Gryffindor akan memasukan namanya nanti malam. Kau tau, mayoritas dari kami lebih banyak yang bertindak sebelum berfikir. Yaa termasuk aku." Jujur Yeri.

Terlalu asyik belajar, Wendy hampir lupa mengenai Goblet of Fire nanti malam. Semua siswa dari kelas satu hingga ketujuh pasti akan datang untuk melihat siapa saja anak kelas lima yang mendaftarkan diri untuk menjadi peserta.

Sebentar lagi bel penanda istirahat telah berakhir akan berbunyi. Wendy harus segera pergi ke tempat burung hantu milik Hogwarts untuk mengirimkan suratnya kepada orangtuanya.

Ajaran Tahun Kelima [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang